SHARE

Kita sering mendengar keluhan bahwa ada pengguna yang kehilangan koleksi foto-fotonya di smartphone. Alasan yang sering menjadi penyebab hal ini ialah kartu memori yang tiba-tiba rusak atau tidak sengaja ke reset ulang. Padahal foto-foto tersebut biasanya berisi berbagai memori dan kenangan yang begitu berharga serta mungkin tidak bisa kembali lagi.

cloud storage

Ada beberapa hal yang bisa menjadi solusi atas hal ini. Pertama, kamu bisa melakukan backup secara rutin ke laptop pribadi. Namun hal ini memang agak sedikit merepotkan. Ada cara lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan menyimpan seluruh foto tersebut di cloud storage. Apa itu cloud storage? Cloud storage merupakan sebuah layanan penyimpanan file secara online. Anda bisa menyimpan seluruh foto di cloud storage sebagai solusi mengatasi hal ini. Dengan menggunakan layanan ini, Anda bisa mengelola foto dari mana saja dan kapan saja, asal terhubung dengan internet dan akun yang sama. Lalu apa saja keuntungan menyimpan koleksi foto Anda di aplikasi jenis ini?

Kapasitas penyimpanan lebih besar dan bersifat permanen

Biasanya jika Anda menyimpan foto di flashdisk, laptop, atau harddisk, maka kapasitasnya akan sangat terbatas. Belum lagi berbagai peralatan tersebut juga mudah hilang dan terkena virus. Sedangkan jika menggunakan cloud storage akan lebih aman dan bebas dari risiko. Anda tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan data foto atau terkena virus. Kapasitas gratis pun diberikan cloud storage dengan ukuran yang cukup besar. Kalau Anda ingin memiliki kapasitas yang lebih besar lagi, Anda bisa membayar atau membuat email baru lagi.

Bisa diakses di mana dan kapan saja

Dengan menggunakan akses internet, Anda bisa mengelola seluruh file dari mana saja dan kapan saja. Bisa melalui berbagai perangkat juga, seperti smartphone dan laptop. Sehingga Anda tidak perlu repot membawa perangkat kerasnya, seperti harddisk, flashdisk, atau kartu memori yang ada risiko hilang. Anda juga bisa lebih mudah berbagi serta membuat file yang dapat diunduh oleh orang lain.

Banyaknya penyedia layanan cloud storage

Saat ini penyedia layanan cloud storage banyak disediakan oleh berbagai platform, mulai dari Google Drive, Dropbox, iCloud, Microsoft SkyDrive, dan masih banyak lainnya. Anda juga bisa memilih beragam pilihan, mulai dari kapasitas sedang yang gratis, besar, hingga unlimited. Sesuaikan pilihan Anda dengan kebutuhan serta fitur-fitur yang ditawarkan.

Privasi akan lebih terjaga

Dengan menyimpan seluruh koleksi foto Anda di cloud storage, maka privasinya akan lebih terjaga dan terjamin. Anda bisa mengakses serta mengelolanya secara penuh. Sedangkan jika menyimpan dengan perangkat keras, maka kemungkinan orang lain untuk membuka lebih besar. Dengan menggunakan cloud storage, ketika masuk perlu username dan password untuk login.

Foto tidak akan merugikan kuota

Anda bisa mencadangkan seluruh koleksi foto secara otomatis dan mengaturnya dengan memakai Wi-Fi atau data seluler. Anda juga dapat mengatur serta mengunggah dengan kualitas tinggi dengan ukuran lebih kecil atau ukuran asli (resolusi penuh). Selain itu, Anda juga akan mendapatkan notifikasi jika ada foto baru, sehingga tidak akan terlewat.

Itu tadi beberapa alasan mengapa sebaiknya Anda beralih ke cloud storage untuk menyimpan foto. Cloud storage memang telah mampu menjawab kebutuhan pengguna masa kini yang doyan selfie.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here