SHARE

Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat segala aktivitas manusia semakin dipermudah. Salah satu teknologi yang sangat membantu manusia adalah aplikasi chatting. Kini kita tidak perlu mengeluarkan banyak pulsa untuk mengirimkan SMS. Hanya dengan koneksi internet saja, kita bisa mengirimkan pesan kepada siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebanyak-banyaknya. Sangat efisien dan hemat biaya.

Saat ini ada beragam aplikasi chatting yang muncul, sebut saja Line, BlackBerry Messenger (BBM), WhatsApp, Telegram, Snapchat, dan masih banyak lainnya. Tentu saja setiap aplikasi chatting memiliki kelebihannya sendiri. Misalnya saja Line, aplikasi chatting asal Jepang ini memiliki keunggulan dalam stiker yang lucu dan beragam. Apabila Anda suka mengirimkan video, Anda bisa menggunakan Snapchat yang memiliki beragam efek keren untuk video. Tapi jika Anda ingin menggunakan aplikasi chatting yang aware pada privasi, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi chatting yang terbukti aman berikut ini.

WhatsApp

WhatsApp memiliki fitur enkripsi end-to-end yang dapat mengamankan pesan masuk maupun terkirim. Tingkat enkripsi pada WhatsApp merupakan salah satu yang terkuat dibanding enkripsi lain yang ada pada instant messenger lainnya.

Telegram

Aplikasi yang mirip dengan WhatsApp, yaitu Telegram, juga memiliki keamanan yang cukup tinggi. Telegram memiliki fitur Secret Chat yang bisa mengenkripsi pesan-pesan, bahkan hanya bisa dibaca oleh si penerima saja. Ada juga  fitur self-destruct alias yang dapat menghapus pesan secara otomatis sesaat setelah dibaca. Nantinya pesan tersebut akan hilang selama-lamanya, bahkan tidak bisa dilacak lagi dengan cara apapun.

Facebook Messenger

Setelah WhatsApp dan Telegram, ada Facebook Messenger yang tidak kalah amannya. Aplikasi chatting ini memiliki fitur bernama Secret Conversation, namun saat ini masih tersedia secara terbatas. Pesan yang Anda kirim melalui Messenger akan diamankan dengan enkripsi end-to-end. Tak hanya itu saja, Anda juga dapat mengatur waktu sebuah pesan dapat dilihat, baik oleh pengirim maupun penerima.

Wickr Me

Wickr Me merupakan aplikasi chatting yang awalnya dipakai digunakan sebagai media berkirim pesan bagi para whistleblower agar pemerintah tidak dapat melihat pembicaraan tersebut. Bahan Wickr Me juga dikatakan hadir dengan enkripsi pesan kelas militer. Pesan akan diacak, sehingga tidak ada pihak lain yang dapat mengidentifikasi.

Signal

Aplikasi chatting selanjutnya adalah Signal. Signal memiliki sistem keamanan yang tinggi dengan adanya fitur enkripsi end-to-end pada pesan teks, suara, file, dan media lainnya. Hampir sama dengan WhatsApp, karena awalnya pengembang Signal merupakan sekelompok hacker yang membuat mengembangkan WhatsApp juga.

Itu tadi beberapa aplikasi chatting paling aman yang dapat digunakan. Namun fitur keamanan seperti ini akan menimbulkan pro dan kontra. Di satu sisi, fitur enkripsi memang memberikan privasi tersendiri kepada para pengguna, namun juga menyulitkan pemerintah dan pihak keamanan untuk megungkap apabila ada sebuah kasus tertentu. Data rekaman percakapan tidak bisa dibuka, bahkan oleh pihak pengembang aplikasinya sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here