SHARE

Selain masalah spesifikasi yang mumpuni, setiap orang pasti selalu mendambakan bisa memiliki komputer yang awet dan tidak cepat rusak. Hal ini memang cukup berpengaruh terhadap produktivitas yang dilakukan oleh pengguna. Namun selama ini apakah Anda telah memperlakukan komputer Anda dengan sebaik mungkin dan selayaknya? Jangan-jangan Anda tidak sadar bahwa selama ini Anda melakukan hal-hal yang dapat membuat komputer cepat rusak?

merusak komputer

Berikut ini merupakan 5 hal yang dapat membuat komputer menjadi cepat rusak. Jika beberapa hal ini sering dilakukan atau diabaikan, kira-kira komputer hanya bisa bertahan selama 1 tahun saja.

Debu menumpuk

Seiring berjalannya waktu, kipas pada komputer pasti akan dipenuhi oleh debu yang akan mengganggu. Debu-debu tersebut biasanya berasal dari kotoran-kotoran dari luar yang masuk ke dalam komponen pada komputer. Tentu saja debu yang menumpuk ini dapat menurunkan performa komputer karena suhu dari hardware yang menjadi tidak terkendali dan kemungkinan besar meningkat.

Kabel yang rusak atau longgar

Hal ini juga sering menjadi penyebab rusaknya komputer. Kabel yang longgar atau bahkan rusak dapat mengancam keselamatan dari seluruh komponen PC. Mengapa demikian? Hal ini dapat membuka celah yang besar terhadap masuknya air, sehingga konsleting mungkin saja bisa terjadi.

Gangguan karena software

Software yang bermasalah juga dapat merusak komputer, terutama adanya virus. Software atau virus yang bermasalah dapat memakan resource yang besar serta mengaktifkan prosesor secara keras. Sehingga hardware dapat menjadi lebih mudah panas dan daya tahannya menjadi turun.

Listrik yang mati

Listrik yang mati secara mendadak juga dapat membunuh perangkat keras secara perlahan-lahan. Kerusakan awal yang didapati ialah pada hardware, salah satunya harddisk. Kemungkinan data bisa hilang, kemudian komponen juga rusak.

Komponen hardware rusak

Jika PC milik Anda pernah jatuh, maka besar kemungkinan bisa rusak karena komponen hardwarendi dalamnya yang terkena guncangan cukup besar. Beberapa komponen hardware yang mudah rusak adalah Harddisk dan DVD ROM.

Kelima hal di atas tadi dapat merusak komputer Anda dengan cepat. Sebaiknya Anda meghindari dan melakukan beberapa hal yang dapat mencegah hal tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here