close
Office Appliances ReviewsReviews

5 Software untuk Mengecek Performa Pada Baterai Laptop

baterai laptop

Baterai merupakan salah satu komponen penunjang pada laptop yang cukup penting. Baterai laptop berguna untuk memberikan daya pada laptop, sehingga laptop tidak perlu dicolokan ke listrik secara terus menerus. Apabila Anda sedang berada di luar rumah, Anda bisa menggunakan laptop tanpa colokan listrik. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui kondisi baterai laptop yang digunakan karena seiring berjalannya waktu kondisi baterai laptop akan terus memburuk sesuai dengan penggunaannya.

baterai laptop

Untuk mengetahui bagaimana kondisi baterai pada laptop Anda, sebaiknya gunakan beberapa aplikasi berikut ini untuk bisa menampilkan informasi yang akurat.

BatteryCare

BatteryCare adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan penggunaan baterai pada laptop. Aplikasi ini bisa memonitor siklus discharge baterai, sehingga dapat memberikan informasi umur baterai pada penggunanya. BatteryCare memiliki fitur yang cukup lengkap. Selain pemantauan siklus discharge, aplikasi ini juga bisa menampilkan seluruh informasi secara lengkap. Bahkan aplikasi ini juga dapat membaca temperatur  Hard Disk dan CPU ketika digunakan.

BatteryInfoView

Tidak berbeda jauh dengan aplikasi sebelumnya, BatteryInfoView juga merupakan aplikasi gratis sederhana yang memiliki fungsi serupa. Aplikasi ini dapat menampilkan informasi yang lengkap mengenai kondisi baterai laptop yang digunakan, seperti nama baterai, nama produsen, nomor seri, tanggal produksi, status daya, dan kapasitas baterai. Keunikan aplikasi ini adalah tampilan yang dimunculkan pada BatteryInfoView berupa mode battery log atau catatan penggunaan baterai. Sehingga kita bisa melihat dengan lebih detail berapa besaran daya yang dikeluarkan oleh baterai laptop.

BatteryMon

BatteryMon dapat memperlihatkan data yang akurat mengenai kondisi baterai pada laptop. Aplikasi ini juga menyediakan grafik dari penggunaan baterai serta tingkat discharge laptop. Aplikasi ini akan menampilkan informasi kondisi mengenai baterai dengan cara yang mudah dipahami serta real time dan akurat. Selain itu, aplikasi ini juga dapat memberikan informasi melalui beberapa cara yaitu melalui widget dan email, apabila data penggunaan telah melampaui batasnya.

BatteryBar

BatteryBar merupakan aplikasi serupa, namun lebih ringan dari yang lainnya. Memang dari segi tampilan tidak terlihat rumit dan lengkap apabila dibandingkan dengan aplikasi lainnya. BatteryBar terlihat jauh lebih simpel dengan menampilkan informasi baterai melalui toolbar. Apabila Anda menggunakan Windows, maka pada bagian toolbar akan ada indikator baterai yang menampilkan informasi kondisi daya. Namun sayangnya indikator tersebut tidak lengkap. Oleh karena itu, aplikasi ini dibuat untuk melengkapi informasi tersebut. Anda cukup mengarahkan kursor dan mengkliknya satu kali saja, hingga informasi mengenai baterai akan muncul dengan sendirinya.

Battery Logger

Aplikasi ini sangat berguna untuk mendeteksi dan melihat perilaku yang janggal dari baterai laptop. Dengan aplikasi ini, kita dapat melihat bagaimana penggunaan daya dari laptop yang digunakan. Selain itu, Battery Logger juga dapat menampilkan indikator yang menandakan bahwa baterai telah soak. Aplikasi ini akan memeriksa setiap aktivitas baterai laptop dan setiap kali terjadi ada kesalahan, maka aplikasi ini secara otomatis akan muncul dan membuat notifikasi berisi log error.

Beberapa aplikasi di atas bisa Anda gunakan untuk mengecek performa pada baterai laptop. Baterai laptop juga perlu mendapat perhatian lebih sama seperti komponen lainnya pada laptop.

Tags : baterai laptopsoftware
Cynthia Cecilia

The author Cynthia Cecilia

A writer and startup enthusiast

1 Comment

  1. Software-software di atas benar-benar membuat pengecekan kondisi baterai laptop jadi lebih mudah.

    Agar baterai laptop tetap awet dan performanya tetap bagus. Tidak ada salahnya juga melakukan kalibrasi baterai laptop secara rutin dengan benar.

    Kalibrasi baterai dapat membuat baterai menampilkan kapasitas baterai lebih akurat.

    Beberapa resiko munculnya kesalahan kecil pada baterai laptop juga bisa dicegah dengan kalibrasi.

Leave a Response