close
Fotografi

Saat ini dunia fotografi nampaknya semakin berkembang pesat. Terutama setelah kemunculan beragam jenis kamera di pasaran, sebut saja kamera digital, kamera SLR, kamera DSLR, kamera pocket, hingga action cam. Ditambah lagi dengan istilah “selfie” dan aktivitas olahraga ekstrim yang diabadikan semakin ngetrend. Semua orang bisa menciptakan hasil foto yang baik karena teknologi, tak terkecuali anak kecil.

Fotografi

 

Biasanya, banyak orang yang sering menggunakan smartphone untuk mengambil gambar, daripada repot-repot harus menggunakan kamera yang cukup berat seperti DSLR. Namun taukah Anda jika sebenarnya kamera yang ada di smartphone dapat menghasilkan foto dengan kualitas baik bak fotografi profesional? Kamera smartphone memang dapat menghasilkan foto yang berkualitas tinggi jika penggunaannya dimaksimalkan. Berikut merupakan trik fotografi profesional dengan kamera smartphone yang dapat dipraktekkan.

1. Pahami seluk beluk fitur-fitur yang ada di kamera smartphone

Fotografi

Sebelum menggunakan kamera smartphone untuk memotret, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu seluk beluk yang ada pada kamera tersebut, seperti fitur-fiturnya. Anda bisa mencoba-coba beragam fitur seperti brightness, contrast, resolution, flash, shooting mode, timer, effect, dan lainnya. Biasanya kamera yang disematkan pada smartphone low-end maupun mid-end telah memiliki fitur yang cukup untuk memenuhi kebutuhan fotografi orang awam. Setelah mengetahui dan mencoba, biasakan penggunaan fitur-fitur tersebut saat memotret.

2. Menggunakan komposisi Rule of Thirds

Fotografi

Saat memotret, Anda memang tidak bisa selalu menempatkan si objek foto di tengah frame. Mengatasi hal ini, Anda tetap bisa menghasilkan foto secara natural dengan menggunakan komposisi Rule of Thirds. Komposisi ini berguna untuk memecah frame menjadi tiga bagian sama rata secara vertikal maupun horizontal. Biasanya beberapa kamera smartphone akan memberikan pengaturan yang dapat menempatkan garis-garis tersebut. Sehingga pengguna akan semakin mudah melihat komposisi terbaik ketika mengambil gambar.

3. Memenuhi viewfinder 

Fotografi

Masalah lain yang sering terjadi saat memotret ialah jauhnya obejek dari lokasi pemotretan. Sehingga hasil akhirnya biasanya hanya akan mendapatkan secuil objek yang masih kalah dari latarnya. Alternatif yang biasanya digunakan ialah dengan menggunakan fitur zoom. Sayangnya fitur ini membuat kualitas gambar menjadi berkurang. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mendekat dan memenuhi viewfinder atau layar smartphone dengan objek foto yang dituju tersebut.

4. Mendapatkan pencahayaan terbaik

Fotografi

Untuk mendapatkan pencahayaan yang lebih baik, banyak orang memanfaatkan fitur flash pada kamera. Padahal fitur ini sebenarnya membuat warna foto menjadi kurang baik. Agar bisa mendapatkan pencahayaan terbaik, Anda bisa melakukan cara-cara yang alami. Jika berada di dalam ruangan, manfaatkan cahaya buatan atau cahaya kecil secara natural yang dapat merefleksikan hasil foto. Sebagai tambahan, pemandangan indah yang tertangkap mata telanjang memang agak sulit ditangkap dengan kamera smartphone. Sehingga Anda bisa menggunakan objek manusia agar bisa membuat foto yang lebih memorable.

5. Jaga lensa kamera dan gunakan aplikasi

Fotografi

Anda juga perlu memerhatikan lensa kamera smartphone milik Anda. Bisa jadi ada debu atau kotoran yang menempel, sehingga akan mengganggu hasil foto nantinya. Rutin lah membersihkan lensa kamera jika Anda ingin mendapatkan foto yang selalu jernih. Selain itu, Anda juga memanfaatkan casing smartphone agar lensa selalu dalam kondisi yang bersih.

Setelah mendapatkan hasil foto yang baik, Anda bisa mengeditnya dengan beragam aplikasi editing foto untuk memaksimalkan hasil foto. Saat ini banyak sekali aplikasi editing foto di smartphone yang cukup mumpuni digunakan. Anda juga bisa mengedit foto menggunakan Photoshop di PC atau laptop.

Tags : FotografiFotografi Profesionalkamerakamera smartphonesmartphone

Leave a Response