SHARE

Tiga tahun setelah update terakhirnya, Microsoft meluncurkan versi aplikasi Office terbaru dan sekaligus terbaik daripada seri-seri sebelumnya yaitu Microsoft Office 2016 baik untuk PC maupun untuk Mac. Berbeda dengan pendahulunya Office 2016 kini memiliki fungsi untuk sharing dan berkolaborasi.

office-2016-lebih-baik-dari-google-docs

Fasilitas yang meski menarik, tidak bisa dikatakan inovatif karena Google Docs telah terlebih dahulu mengimplementasikan fungsi vital yang memungkinkan para penggunanya membuat, mengubah dan memperbarui sebuah dokumen secara bersamaan diwaktu yang sama.

Tambahan fungsi lain yang sudah diproyeksikan sejak rilisnya Office 2013 ialah integrasi mesin pencari Microsoft, Bing ke dalam Office 2016. Juga aplikasi pesan instan Skype. Kedua tambahan fitur ini untungnya bekerja dengan sempurna saat Office 2016 dicoba.

Kini para pengguna bisa lebih efisien dalam bekerja. Misalnya saja menyusun laporan kerja dengan referensi yang didapatkan oleh Bing sambil melakukan video-calling tanpa harus membuka aplikasi lain selain Microsoft Word 2016.

Trik mengkombinasikan ini diterapkan oleh Microsoft setelah dalam beberapa tahun terakhir terancam dengan kondangnya alternatif yang lebih murah, bahkan gratis seperti Open Office dan aplikasi mobile yang banyak bertebaran di pasar android. Dengan tiga fungsi pekerjaan yang dijadikan satu, Microsoft seakan kembali ke jalur pemenang aplikasi virtual untuk kegiatan perkantoran ini.

Nah setelah kedudukan Office 2016 ini sejajar dengan eksistensi Google Docs dengan segala kelebihannya, ada baiknya untuk dijelajahi beberapa hal yang membuat Office 2016 lebih baik dari Google Docs.

Bing ialah Additional Feature yang Penting

Microsoft menyematkan Smart Lookup dalam Office 2016, sebuah tool yang merupakan representasi dari mesin pencari Bing. Dengan hanya melakukan klik kanan sebuah kata yang tertulis pada Microsoft Word dan memilih Smart Lookup, maka pencarian otomatis akan dilakukan dan menghasilkan definisi atau makna yang sedang dicari berikut referensi lainnya, termasuk dari Wikipedia tanpa harus meninggalkan layar kerja Microsoft Word.

microsoft-office-2016-lebih-baik-google-docs (1)

Bagaimana dengan Google Docs? Google Docs juga memiliki fasilitas seperti ini namun masih kurang presisi dibandingkan hasil yang diberikan oleh Office 2016.

Mencari Tools dengan Lebih Mudah

Selama menggunakan Office yang terdahulu, mungkin sebagian pengguna akan merasa kesulitan untuk mencari tools atau alat untuk memvisualisasikan keinginannya dalam sebuah dokumen. Misalnya mengganti warna border dalam sebuah table atau mengatur indent otomatis untuk sebuah paragraf.

Hal ini juga telah dipertimbangkan oleh Microsoft dan berbuah dengan fasilitas unik yang diimplementasikan secara baik dalam Microsoft Office 2016 dengan pertanyaan sederhana “Tell me what you want to do.”

microsoft-office-2016-lebih-baik-google-docs (2)

Pertanyaan ini sebenarnya merupakan menu kolom yang berada di atas berjajar dengan menu lainnya di semua aplikasi Microsoft Office, Word, Excel juga PowerPoint ditandai dengan simbol lampu.

Untuk menggunakannya cukup ketikkan yang ingin dilakukan terhadap dokumen yang sedang dikerjakan maka akan muncul secara otomatis serangkaian tools untuk membantu memecahkan masalah. Tambahan fungsi ini sebenarnya fitur sederhana yang sudah dibutuhkan sejak rilisan Office terdahulu, namun hanya bisa dinikmati dan digunakan dengan beredarnya Microsoft Office 2016.

Provider Chat yang Terintegrasi: Skype

Tidak ada yang memungkiri jika Skype ialah penggusur dominasi Yahoo Messenger dengan tampilan yang sederhana, tatap muka yang jelas dan mudah digunakan untuk semua kalangan. Berbeda dengan Yahoo Messenger yang bloated dengan segala fitur yang tidak dibutuhkan dalam perpesanan instan.

microsoft-office-2016-lebih-baik-google-docs

Dengan munculnya Skype, yang kini bertajuk Skype for Business, bekerja dengan sistem kolaborasi antar kolega jauh lebih mudah dan cepat. Menu Share akan muncul di masing-masing aplikasi seperti Word, Excel dan PowerPoint untuk memberi informasi akan siapa-siapa yang memiliki akses terhadap suatu shared file.

Dan dengan mengarahkan mouse ke menu tersebut, akan muncul menu yang berfungsi sebagai media chat dan bahkan video call tanpa harus terlebih dulu membuka aplikasi Skype standar. Perlu diketahui, fitur ini hanya berfungsi jika aplikasi Skype telah terpasang dalam sebuah komputer.

Pick up Where You Left Off

Satu lagi keunikan dari segala fitur baru Office 2016. Pick up Where You Left Off membuat pengguna mengakses dokumennya lebih cepat. Kegunaan fitur ini hampir mirip dengan bookmark atau pembatas buku yang memungkinkan pengguna untuk kembali ke bagian terakhir dokumen setelah suatu aplikasi Office ditutup.

Misalnya seorang penulis berhenti mengerjakan dokumennya di paragraf 46 di halaman 13 dalam Microsoft Word dan menutup dokumennya. Maka jika ia kembali membuka dokumen yang sama, satu menu berbentuk pita akan muncul memberitahu bagian mana yang terakhir dikerjakan. Dengan demikian tidak diperlukan untuk men-scroll halaman dan mencarinya terlebih dahulu.

Rangkaian Tools yang Komplit dan Kinerja Offline

Ini yang paling membedakan Microsoft Office dengan Google Docs. Microsoft Office merupakan raksasa kumpulan aplikasi perkantoran yang sedemikian kompleks dan lengkap dengan berbagai fitur dan teknologi memudahkan pekerjaan dan tidak semua orang awam menguasainya.

Kinerja Office semakin meningkat tiap perilisan terbarunya. Dan memang diperuntukkan untuk pembuatan dokumen yang lebih detil daripada Google Docs. Misalnya saja fitur-fitur unik seperti Mail Merge yang belum dimiliki oleh Google Docs, dan kapabilitas tinggi dalam penggunaan offline.

Keduanya, Microsoft Office dan Google Docs merupakan dua raksasa yang berbeda, satu merupakan pemain lama dengan banyak pengalaman, yang lain ialah inovator dengan aksesibilitas tinggi. Dengan persaingan seperti ini level ekspektasi dikembalikan terhadap pengguna masing-masing.

Bagi mereka yang membutuhkan kesederhanaan dan aksesibilitas tinggi dengan koneksi internet, Google Docs bisa menjadi pilihan utama. Namun bagi mereka yang membutuhkan kinerja kuat sebuah aplikasi yang bisa diandalkan dalam berbagai faktor, jelas Microsoft Office 2016 lebih baik dari Google Docs.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here