close

Anda Pecinta Game? Ketahui 5 Teknologi Terbaru untuk Para Gamers Ini!

Kita bisa melihat bahwa seiring berjalannya waktu teknologi terus berkembang dengan baik, termasuk dalam masalah inovasi teknologi di industri game. Terlebih lagi permintaan para gamer di dunia bisa dibilang aneh-aneh, sehingga para pencipta teknologi ini harus bekerja ekstra supaya bisa memenuhi permintaan mereka. Nah, apabila Anda termasuk salah satu orang yang gemar mengikuti perkembangan game, tentu Anda harus melihat beberapa teknologi terbaru untuk para gamers berikut ini.

Tesla Gaming Suit

Teknologi yang satu ini merupakan haptic feedback system, dimana pengguna nantinya bisa merasakan apa yang ada di dalam game tersebut. Bahkan dilengkapi dengan sensor untuk mensimulasikan umpan balik yang ada pada game tersebut juga. Tesla Gaming Suit dilengkapi dengan 64 sensor yang terpasang pada kostum, sehingga pengguna dapat merasakan suhu maupun sengatan kecil jika Anda terkena pukulan maupun tembakan tepat dimana karakter dalam game juga terkena.

Microsoft HoloLens

Produk milik Microsoft ini merupakan sebuah perangkat canggih perpaduan antara teknologi VR dengan AR menjadi satu. Pengguna dapat merasa melihat hologram yang sebenarnya AR. Kemudian perangkat ini juga dilengkapi dengan sensor gerakan serta pemetaan ruang secara realtime yang akan menghadirkan konten visual ke dalam dunia nyata. Anda juga dapat berinteraksi dengan objek virtual yang dibuat namun tidak bisa dirasakan. Sebenarnya teknologi ini sudah lebih dahulu dipakai untuk bidang kesehatan maupun arsitektur, hingga akhirnya dibawa oleh Microsoft untuk dijual secara umum. Sedangkan untuk industri game sendiri, pengembangan perangkat ini masih sedikit karena teknologi yang dipakai masih baru dan mahal.

Virtuix Omni

Virtuix Omni menjadi sebuah perangkat tambahan yang digunakan oleh para pengguna VR secara khusus. Perangkat ini digunakan sebagai pengganti game controller pada saat sedang bermain game. Pengguna bisa mengurangi motion sickness yang terjadi saat sedang bermain FPS. Menggunakan perangkat ini sebenarnya cukup mudah. Anda hanya cukup berjalan pada arah yang diinginkan pada video games di sebuah treadmill 360 yang telah dilengkapi dengan sepatu khusus serta sensor untuk membaca gerakan kakimu yang melangkah.

The Void

The Void sebenarnya bukan merupakan sebuah perangkat, melainkan sebuah wahana yang dilengkapi dengan berbagai macam perangkat VR yang lengkap dan akan membawamu seperti masuk ke dalam game. Tidak hanya bisa menikmati secara visual, kamu juga bisa menyentuh dan merasakan di wahana ini. Saat bermain di wahana ini kamu akan dipasangkan dengan berbagai perangkat VR seperti PC gaming backpack, VR suit, dan juga perangkat VR yang telah dilengkapi berbagai macam sensor. Kamu akan dibawa ke dalam studio environment yang dibuat sedemikian rupa sama dengan apa yang ada di dalam game.

Steelseries Sentry Eyetracker

Dengan memakai perangkat yang satu ini, pengguna mampu membaca setiap gerakan pada mata. Sehingga pengguna pun dapat mengoperasikan PC hanya dengan gerakan mata saja. Sensor yang kuat pada perangkat ini bisa memudahkan para game streamer pada saat livestreaming. Perangkat ini didukung dengan teknologi tobii tech yang mengembangkan sensor eyetracking di bidang kesehatan.

Nah, itu tadi beberapa teknologi baru yang bisa digunakan oleh para gamers. Bagaimana, menarik kan? Namun yang perlu diingat bahwa teknologi-teknologi di atas belum bisa dirasakan dalam waktu dekat. Sehingga Anda harus bersabar terlebih dahulu untuk bisa mencoba.

Tags : gamegamergamersGamingteknologiteknologi terbaru

Leave a Response