close

Android 5 Lollipop: Antarmuka yang halus dan lebih responsif

no thumb

Kemunculan Android 5 lollipop pada akhir tahun 2014 mampu melegakan pengguna ponsel berlambang monster hijau ini. Dengan kemunculan sistem operasi baru, harapan baru akan sistem yang lebih stabil dan antarmuka yang menawan pun juga tinggi. Sayangnya, ada ketakutan dari pihak Google jika sistem operasi terbaru ini tidak mampu memuaskan pelanggan mereka. Jarak launching antara sistem operasi Android 4.4 Kitkat dan Android 5 Lollipop yang tergolong dekat ini mengkhawatirkan pengguna jika perubahan yang ada tidaklah signifikan, Google menjawab kekhawatiran tersebut, dengan mengatakan bahwa tampilan dan fitur yang diberikan pun juga berkembang.android Lollipop
Dengan berkembangnya perangkat seperti Smartwatch, kehadiran Android 5 Lollipop mampu memberikan fitur sinkronisasi antar perangkat. Dengan begitu, anda bisa mengirim pesan hanya dengan melalui Smartwatch milik anda.

 

Overview

Salah satu yang mungkin dijadikan perdebatan tentang Android terbaru ini adalah waktu rilis yang dirasa tidak sesuai. Hal ini dikarenakan, jarak rilis antara Android 4.4 dengan Android 5.0 dirasa terlalu berdekatan. Dengan begitu Google dirasa memberikan stock sistem operasi untuk Android, mengapa? Karena untuk saat ini ponsel Android yang ada di pasaran menggunakan sistem operasi yang lama. Tidak seperti Apple atau Windows, yang selalu menggunakan sistem operasi versi terbaru mereka pada setiap device terbaru.

Terlepas dari semua pro kontra tersebut, Android 5 lollipop merupakan sistem operasi dengan tampilan yang lebih halus, cepat, cantik dan yang pasti lebih hemat baterai. Manajemen memori yang lebih baik, membuat Android mampu bekerja lebih cepat dan efisien.

Antar muka yang baru terlihat bersih dan simple, selain itu hampir semua platform di desain dengan lebih berkembang. Perkembangan ini membuat antar muka Android 5.0 terlihat lebih bagus dan mudah digunakan. Dengan antar muka yang lebih berkembang diharapkan sistem operasi terbaru ini mampu memberikan ciri khas tersendiri bagi Google, maklum karena hingga saat ini ikon-ikon yang ada pada Android cenderung global. Dengan ramainya pasar ponsel Android, wajar jika Google mulai mempertimbangkan segi antar muka yang mampu membuat nyaman para penggunanya.
Salah satu hal yang juga tak kalah pentingnya adalah Android 5.0 memiliki peralatan untuk membuat kinerja ponsel menjadi lebih cepat dan baiknya lagi peralatan atau fitur tersebut cukup mudah untuk digunakan/diaktifkan.

Android 5.0 berjalan pada arsitektur sistem operasi 64-bit, hal ini sepertinya terlihat mubadzir karena sampai saat ini rata-rata ponsel Android yang beredar di pasaran memiliki memori RAM sebesar 1 GB. Dengan memori tersebut, Android lollipop tidak akan berjalan dengan maksimal dan sepertinya akan terjadi penurunan performa di beberapa aplikasi. Tapi Google pasti telah mempertimbangkan sistem operasi ini atau memang berniat untuk menyaingi Apple yang juga mengeluarkan sistem operasi yang memiliki arsitektur 64-bit.

Jika melihat berbagai alasan diatas, kita pasti bertanya apakah platform ini bisa bekerja dengan baik? Anda mungkin juga akan bertanya-tanya dan jika anda belum menemukan jawabannya, kami akan membantu anda melihat Android 5 Lollipop dari berbagai sisi.

1. Interface

Ketika membahas sebuah sistem operasi, kita tidak bisa lepas dalam membahas antar muka yang ada pada sistem operasi tersebut. Dengan mengerti antar muka dalam sistem operasi tersebut, kita bisa mendapatkan penilaian mengenai kelayakan dan kemudahan menggunakan sistem operasi tersebut. Kami membaginya menjadi 3, yaitu, antar muka dari sistem, antar muka SMS dan antar muka panggilan

Interface sistem

Sangat susah menilai sistem operasi tanpa melihat interface (antar muka) dari sistemnya, dengan mengetahui antar muka yang ada, kita bisa mengetahui apa yang akan kita lakukan? Selain itu dengan tampilan atau interface kita bisa menentukan tingkat kenyamanan pengguna sistem operasi tersebut.

Sepertinya Google juga paham masalah tersebut. Google mendesain Android Lollipop dengan tampilan yang cukup menarik, dengan mengganti ikon menjadi ikon datar (flat ikon) dan menambahkan efek dimensional pada tampilannya. Efek tersebut tampil bukan karena bayangan pada ikon yang dihilangkan, melainkan Google menambahkan ikon datar yang cukup membuat perbedaan di bandingkan versi sebelumnya. Selain itu, sepertinya beberapa ikon terlihat terhubung dan pas antara satu dengan yang lainnya.

android Lollipop
Interface sistem Android Lollipop

Selain pada ikon, desain animasi pada bagian notifikasi widget juga di ubah, seperti contohnya, ketika anda menurukan ikon Settings, maka ikon tersebut memiliki aksi untuk bisa menggulung ke bawah. Selain itu, anda juga bisa menurukan widget notifikasi sesuai keinginan anda. Kini widget notifikasi tidak lagi harus sampai bawah. Dengan fitur ini anda bisa menurunkan widget notifikasi sesuai yang anda perlukan.

Dengan tampilan layout yang mirip seperti Android versi sebelum-sebelumnya, kami tidak berkata bahwa tampilan ini monoton dan hampir tidak ada perubahan yang cukup besar. Tapi Android 5.0 juga telah di poles dengan baik oleh Google. Sistem yang menjadi lebih mudah dan tampilan yang lebih berkembang menjadi salah satu keunggulan Android versi ini. Fitur ‘Sub Menu’ pada aplikasi menjadi salah satu contohnya. Dengan fitur ini semuanya lebih mudah diatur, anda bisa meletakan berbagai aplikasi menjadi satu sesuai kebutuhan anda.

Google juga beralih dari tombol yang sebelumnya ada pada perangkat, kini menjadi virtual. ikon home, back dan open apps kini terletak pada layar. Dengan desain ikon datar, tampilan tombol operasi terlihat lebih menarik dan cantik.
Notifikasi yang muncul kini lebih menonjol dari sebelumnya, sebagai contohnya, ketika kita menjalankan aplikasi lalu ada pemberitahuan dari aplikasi lain muncul, maka pemberitahuan bisa saja muncul dari bawah.

Jadi meskipun antar muka yang ada tidak banyak perubahan, namun Google telah menjadikan sistem operasi terbarunya menjadi lebih baik dan ramping. Android 5 Lollipop merupakan salah satu sistem operasi yang cukup atraktif.

Interface Panggilan

Setelah mengetahui interface (antar muka) dari sistem Android 5.0, kini beralih ke dalam antar muka ketika melakukan panggilan. Beberapa perubahan terjadi disini, seperti contohnya, Google menambahkan opsi melakukan panggilan pada aplikasi Hangouts, hal ini berarti anda mampu melakukan panggilan melalui aplikasi perpesanan dari Google, tentunya dengan fasilitas ini sistem menjadi lebih mudah bukan?
Salah satu perubahan yang cukup besar adalah ketika ada notifikasi (pemberitahuan) panggilan masuk, tidak akan menghentikan kegiatan anda, bahkan bermain game sekalipun tidak akan terhenti. Sebagai gantinya, anda akan mendapatkan layar notifikasi kecil dengan pilihan untuk bisa menerima atau menolak panggilan tersebut.

Interface SMS dan Keyboard

Aplikasi perpesanan atau SMS pada Android Lollipop kini beralih ke dalam aplikasi Google Hangout. Aplikasi ini bisa mengontrol seluruh kegiatan anda, mulai dari SMS, panggilan video dan berbagai kegiatan lainnya. Dengan fitur baru yang mampu melakukan panggilan keluar, Hangout bisa jadi aplikasi yang sangat bagus untuk pengguna Android saat ini.

android Lollipop
Interface Google Hangout Android Lollipop

Saat ini semua pabrikan smartphone sudah mulai menggunakan Google Hangout untuk dijadikan aplikasi perpesanan, kami menjamin ketika anda menggunakan aplikasi ini anda tidak akan ingin kembali menggunakan aplikasi perpesanan biasa. Aplikasi ini selain memiliki interface yang lebih bagus, juga tentunya lebih baru. Dengan begitu pengguna akan kembali merasa fresh. Didukung dengan fitur yang cukup kompleks, aplikasi ini merupakan rival terberat dari aplikasi yang memiliki fitur yang sama dari Apple, iMessage.

Keyboard dari Android 5 Lollipop juga mengalami perubahan. Terlihat lebih baru dan cukup nyaman untuk digunakan. Tampilannya juga sama baiknya, dalam keadaan portrait maupun landscape.

2. Notifikasi

Fitur pemberitahuan dan lockscreen mengalami beberapa perubahan juga, hal ini berarti kini lebih mudah untuk mendapatkan beberapa notifikasi yang ingin anda lihat, anda bisa mengatur sesuai kebutuhan anda.
Fitur pengunci layar (lockscreen) pun juga mengalami pembaharuan yang cukup impresif, kini dengan algoritma pseudo-fusion memberikan anda kenyamanan untuk memilih opsi pengunci layar (lockscreen) yang anda gunakan. Selain itu, anda juga bisa menambahkan fitur notifikasi ketika layar anda terkunci. Lockscreen kini juga terdiri dari beberapa jendela.

android Lollipop
Panel notifikasi Android Lollipop

Kini ketika anda menekan dua kali pada layar, anda bisa masuk ke dalam aplikasi yang telah anda tentukan (aplikasi tersebut bisa saja Wi-Fi, game atau aplikasi lainnya). Dengan melakukan aksi menggeser layar, akan membawa anda ke dalam jendela lockscreen lainnya. Semua fitur baru diatas merupakan bentuk dari sistem operasi Android yang kini menggabungkan fungsionalitas dan kemudahan.
Dengan tambahan beberapa fitur virtual pada lockscreen membuat Android 5.0 ini memliki kemampuan untuk berinteraksi dengan semua aplikasi. Lockscreen mampu menerima input berupa berbagai sentuhan, oleh karena ini sistem operasi Android terbaru bisa dibilang cukup interaktif dan menarik.

Fungsionalitas terbaru mungkin tidak akan mengejutkan pengguna, beberapa fitur seperti, mampu membalas email ketika layar terkunci atau notifikasi yang mampu di buka tanpa membuka kunci layar merupakan fitur yang tidak membuat pengguna terkejut, namun fitur kecil seperti ini bisa jadi fitur yang mampu membantu kegiatan anda dengan baik.

android Lollipop
Membalas pesan melalui panel notifikasi Android Lollipop

Pusat notifikasi yang beralih desain dari yang sebelumnya hanya kotak dari jalan pintas aplikasi, sekarang kini beralih. Ada beberapa bagian yang masih berupa kotak dan ada yang berupa daftar dari pemberitahuan yang masuk. Jadi pusat notifikasi kini dibagi menjadi dua.
Fitur terbaru lainnya adalah Google memberikan kewenangan pada produsen untuk mengatur cara penguncian smartphone milik mereka. Pengguna bisa dengan mudah melakukan tekan 2 kali atau cara lainnya untuk mengunci smartphone Android terbaru dengan mudah. Produsen seperti LG, Sony dan HTC telah menggunakan fitur ini untuk Android dengan sistem operasi terbaru.

3. Kamera

Aplikasi kamera yang ada pada sistem operasi terbaru Android 5.0 juga mengalami berbagai pembaharuan yang signifikan. Seperti pada Google Nexus 9, aplikasi kamera pada tablet ini sedikit berbeda. Nexus 9 yang dikenal memiliki kamera yang buruk mampu tampil baru. Dengan bantuan Lollipop, Nexus 9 menawarkan sebuah cara baru untuk bisa mengeksploitasi kegiatan memotret.

Jadi bisa dikatakan jika aplikasi kamera pada Android 5.0 ini berkembang, hasil yang diberikan pun juga tak kalah bagusnya, meskipun tidak dilengkapi dengan fitur baru yang bisa mencengangkan pengguna.

android Lollipop
Aplikasi kamera pada Android Lollipop

Fitur tambahan yang ada pada kamera adalah Photo Sphere, Panorama dan Lens Blur. Ketiga fitur tambahan ini melengkapi fitur standart foto dan video yang sebelumnya telah tersedia. Selain itu, anda juga diberikan opsi untuk bisa mengganti resolusi, kualitas dan lokasi data pada aplikasi kamera milik anda.

Alangkah baiknya jika ke depannya, fitur kamera pada ponsel Android ditambahi. Seperti penambahan fitur RAW support. Dengan perangkat keras yang memadai, fitur tersebut harusnya bisa di akomodasi dengan baik. Microsoft dengan lumia terbarunya juga telah hadir dengan fitur yang lebih lengkap dibandingkan milik Android.

4. Keamanan

Google telah menambahkan sekuritas pada Android lollipop dengan beberapa algoritma penguncian yang cukup menyulitkan orang yang bukan pengguna. Di tambah lagi, Google menambahkan beberapa fitur baru untuk algoritma lamanya.

Salah satu fitur penguncian yang paling di kenal adalah Trusted Face, fitur ini merupakan ganti dari fitur Face Unlock. Tentu saja dengan fitur yang lebih berguna, cepat dan memiliki ketepatan yang lebih teliti. Ketika keadaan cerah, fitur ini mampu bekerja kurang dari 1 detik untuk bisa memproses wajah pengguna.

Selain dengan menggunakan fitur Face Unlock, Google memperbolehkan pengguna untuk bisa mengunci ponsel mereka dengan menggunakan Smartwatch (menggunakan Bluetooth) atau menggunakan stiker NFC.

5. Kontrol prioritas

Salah satu fitur baru yang cukup berguna bagi pelanggan ponsel Android adalah fitur kontrol prioritas. Kontrol prioritas memperbolehkan pengguna Android lollipop untuk mengontrol seluruh kegiatan yang akan ponsel mereka peroleh. Salah satu contoh fiturnya adalah ‘Do Not Disturb’, dengan menggunakan fitur ini anda memiliki pilihan untuk bisa melakukan blok pada panggilan atau pesan yang masuk pada suatu waktu.

Sistem terbaru ini memberikan anda sebuah pilihan untuk kontak yang di prioritaskan, tapi jangan salah Google memperluas fitur ini hingga bisa melakukan kontrol terhadap aplikasi yang bisa menghasilkan suara atau getaran. Dengan aplikasi ini sebuah aplikasi bisa di kontrol untuk tetap “diam” atau berjalan normal.

Tags : androidsistem operasi

Leave a Response