close

Android 6.0 Resmi Diberi Nama Android Marshmallow

Android Marshmallow

Google telah resmi mengumumkan nama dari Android 6.0, yaitu Android Marshmallow. Sebelumnya sistem operasi penerus Android Lollipop ini telah diberi nama dengan inisial ‘Android M’. Pengguna Android di seluruh dunia sempat dibuat penasaran dengan singkatan nama itu. Nama Android 6.0 akhirnya terungkap dari foto patung robot Android menggenggam marshmallow yang diunggah oleh Dave Burke selaku Vice President of Engineering Android. Patung tersebut berada di depan kantor Google.yang berada di Gedung Android HQ, California.

Android Marshmallow

Saat ini, para developer sudah bisa mengunduh final preview Android Marshmallow untuk dikembangkan atau dioptimalkan. Final developer preview tersebut memperkenalkan API level 23, teknologi API yang terbaru. Google tidak hanya mengganti nama saja, namun juga membuat beberapa fitur baru lebih canggih yang akan bekerja lebih optimal. Beberapa fitur andalannya seperti mengurangi konsumsi RAM, meningkatkan daya tahan baterai, dukungan pemindai sidik jari, memperkuat keamanan, dukungan USB Type-C, dan kemampuan pengisian ulang perangkat lain. Nantinya Google Nexus akan menjadi smartphone pertama yang mendapatkan Android Marshmallow. 

Fitur-fitur Android Marshmallow

Pada Mei 2015, Google telah mengumumkan beberapa fitur yang dimiliki oleh Android Marshmallow. Namun fitur-fitur tersebut semakin dipertegas dengan munculnya infografis dari Samsung. Berikut beberapa fitur andalan yang dimiliki oleh Android Marshmallow.

Penguatan Sistem Keamanan

Dengan adanya penguatan sistem keamanan, pengguna dapat memilih untuk menerima atau menolak ketika ada permintaan akses keamanan dari aplikasi-aplikasi yang di pasang di perangkat. Aplikasi-aplikasi Android yang telah dipasang di smartphone tidak bisa sembarangan mengambil informasi terkait lokasi, gambar, atau kontak tanpa mendapatkan izin pemilik ponsel terlebih dahulu. Pengguna bisa mengatur izin aplikasi dalam mengakses berbagai hal. Misalnya saja, saat pengguna tidak ingin lokasi keberadaannya diketahui oleh orang lain melalui Twitter atau WhatsApp, pengguna dapat mengaturnya dengan mudah melalui data list yang ada.

Pembaruan browser Google Chrome

Google juga memperbarui browser Google Chrome dengan menggunakan fitur bernama Custom Tabs. Fitur tersebut berguna untuk para pengembang aplikasi yang ingin menyematkan halaman web. Mereka bisa menyematkan halaman web ke dalam aplikasi.

Adanya fitur Doze

Selain dua fitur tersebut, ada juga fitur baru bernama Doze. Doze merupakan sebuah pengelola daya yang digunakan oleh smartphone. Misalnya, apabila ponsel sedang tidak digunakan sama sekali, sistem dari Doze akan secara otomatis mematikan aplikasi-aplikasi yang aktif.

Dukungan pemindai sidik jari

Android Marshamallow dibekali dengan dukungan terhadap pemindai sidik jari. Fitur ini bermanfaat untuk menyederhanakan pengendalian volume serta dukungan untuk USB tipe C. Pengguna dapat mengakses semua aplikasi, terutama aplikasi yang berasal dari Google, hanya menggunakan sidik jari saja. Tentu saja nantinya sidik jari pengguna tidak hanya dipakai untuk membuka ponsel saja, namun juga untuk mengganti password ketika memasuki layanan lainnya.

Fitur Track Memory dan Power Saving

Fitur Track Memory berguna untuk mengetahui aplikasi mana saja yang bisa memakan banyak RAM. Pengguna juga dapat memonitori frekuensi sebuah aplikasi dalam menggunakan memori. Android Marsmellow mengurangi konsumsi RAM dan membuat daya tahan baterai lebih awet. Hal ini dikarenakan Android Marshmallow memiliki kemampuan untuk mengurangi proses aplikasi latar yang sedang berjalan. Sistem akan mendeteksi, kemudian sistem akan mengurangi penggunaan proses aplikasi yang berjalan di belakang.

Fitur Auto Backup

Pengguna tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan data. Fitur ini menawarkan backup file secara otomatis untuk semua aplikasi dan data yang masuk ke layanan Google Drive. Selain itu, data-data juga bisa muncul di smartphone lainnya, tidak hanya ada pada satu smartphone saja.

1 Comment

Leave a Response


Warning: Cannot assign an empty string to a string offset in /home/anugrahx/public_html/wp-includes/class.wp-scripts.php on line 454