close

Android Experiment: Situs Kumpulan Aplikasi Google

Android Experiment

Secara resmi Google telah merilis sebuah situs bernama Android Experiment. Situs ini berisi aplikasi-aplikasi yang ada di Android. Selama beberapa tahun ini Google memang telah memperlihatkan beberapa aplikasi Experiment versi percobaan untuk browser Google Chrome yang berada di website Experiment. Aplikasi browser bernama Chrome Experimentals tersebut menjadi tempat tinggal bagi aplikasi-aplikasi milik Google yang bisa dibilang tidak biasa.

Android Experiment

Kini Google meluncurkan situs yang mirip dengan aplikasi percobaan tersebut untuk Android dan Android Wear. Pengembang situs ini berasal dari developer seluruh dunia. Situs ini dibuat untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa Android merupakan sistem operasi yang paling beragam dan fleksibel karena dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang terlihat keren dari sisi interface. Dengan kata lain, aplikasi-aplikasi tersebut berinovasi dalam cara pemakaiannya serta memaksimalkan fungsi sensor pada gadget. Sistemnya masih sama dengan aplikasi Experiment yang ada di browser Google Chrome. Ada dua cara, pertama

Android Experiment

Bentuk aplikasi yang ada di situs tersebut berupa game, sebuah penunjuk arah, atau tampilan jam. Namun fiturnya berbeda dengan aplikasi yang ada di Google Play Store. Misalnya saja game. Game yang ada di Android Experiment dibuat menjadi permainan yang bisa memanfaatkan kemampuan fitur dengan maksimal. Dalam beberapa game, seperti game yang berjudul Tilt, pengguna diharuskan untuk memiringkan atau menggerakkan gadgetnya agar bisa menjalankan permainan. Selain itu, ada juga aplikasi Inkspace yang dapat mengubah segala gambar atau coretan menjadi 3D. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan accelerometer pada gadget Android.

Google juga berkeinginan untuk menginspirasi developer lain untuk membuat aplikasi yang lebih besar, sehingga dapat memajukan Android. Google memberikan keunikan dari situs ini, yaitu pada seluruh aplikasinya yang tersedia bersama source code pembuatannya. Sehingga developer lain dapat melihat source code tersebut untuk inspirasi membuat aplikasi lainnya. Saat ini sementara ada 20 aplikasi yang ditampilkan di dalam Android Experiments, silakan klik di sini untuk melihatnya. Google juga menerima pengajuan dari para developer yang ingin memajang aplikasi buatan mereka di Android Experiment. Aplikasi-aplikasi yang ada tidak akan dipromosikan melalui Google Play Store. Namun akan dipamerkan di situs Android Experiment.

 

Tags : androidAndroid ExperimentChrome ExperimentgoogleGoogle Chrome

Leave a Response