close

Apa yang Membedakan Jaringan 5G dengan 4G?

perbedaan-4g-dengan-5g-anugrahpratama

Dalam waktu dekat 5G juga akan diluncurkan di Indonesia, lalu apa yang membedakannya dengan koneksi 4G? Apakah 5G jauh lebih cepat daripada 4G? Mana yang lebih baik untuk koneksi internet di Indonesia?

Seperti yang sudah diketahui 4G dan 5G merupakan koneksi jaringan yang menghubungkan smartphone kita ke internet. Huruf G dibelakang angka di sini berarti “generation” atau generasi. 4G berarti generasi keempat dan seterusnya. Lalu dimana perbedaannya? Jika dilihat dari manfaat user, 5G akan menjadi lebih cepat dari 4G.

Kecepatan Jaringan 5G

Lantas muncul pertanyaan baru, seberapa cepatkah koneksi 5G? Kita tahu jika untuk berbicara kecepatan secara spesifik, banyak faktor yang mempengaruhi seperti letak geografis dan kemampuan device masing-masing. Namun, menurut percobaan yang dilakukan oleh Telstra, 5G nyatanya sanggup menembus bilangan 3Gbps, dimana 4G dalam keadaan standarnya hanya mampu mencapai 20Mbps atau 50Mbps.

Pada percobaan yang lainnya, koneksi 5G mencapai kecepatan 1.4Gbps, jauh dibawah percobaan sebelumnya yang bisa menembus 3Gbps. Meski hanya separuhnya, ini pun masih membuktikan jika 5G jauh lebih cepat dari jaringan 4G.

sumber: qorvo.com

Mengenai efektivitas jaringan dalam penggunaan sehari-hari, jelas user sudah bisa lancar menggunakan android atau iphonenya untuk mengakses Facebook, upload foto di Instagram atau streaming video melalui YouTube hanya dengan koneksi 4G. Sementara perbedaan mencolok dengan menggunakan jaringan 5G akan tampak pada proses download data berukuran besar, aksesibilitas sistem cloud tanpa hambatan dan kemampuan untuk translasi bahasa langsung pada saat melakukan teleconference.

Lagipula pada saat dirilis, 5G mungkin hanya bisa dipergunakan di kota-kota besar dengan infrastruktur teknologi yang memfasilitasi. Ditambah device yang mendukung jaringan koneksi ini masih sangat terbatas sekali dan bisa dikatakan hanya smartphone dengan harga selangit yang siap untuk 5G.

Tags : Jaringan 4GJaringan 5Gsmartphone

Leave a Response