SHARE

Sebuah tanda tangan memegang peran yang cukup penting dalam dunia bisnis. Mengapa demikian? Sebagian besar dokumen yang penting di sebuah perusahaan membutuhkan tanda tangan sebagai bukti persetujuan. Banyak orang yang repot mengirimkan dokumen secara fisik maupun digital, hanya untuk meminta tanda tangan.

Aplikasi Pembuat Tanda Tangan

Saat ini telah muncul aplikasi canggih di smartphone yang bisa memudahkan Anda untuk menandatangani sebuah dokumen penting. Apabila dulu Anda harus repot-repot menandatangani dokumen secara fisik, saat ini Anda hanya cukup memasang aplikasi tanda tangan untuk melakukannya secara digital. Berikut ini merupakan beberapa aplikasi tanda tangan yang bisa Anda coba.

SignDoc Mobile

Aplikasi tanda tangan yang satu ini membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Tampilannya juga sederhana dan mudah digunakan. SignDoc Mobile dapat menyimpan dokumen yang telah ditandatangani dalam bentuk PDF. Sehingga akan memudahkan Anda apabila ingin segera mengirimnya file tersebut melalui e-mail.

Apabila Anda ingin mendapatkan fitur-fitur lainnya yang lebih canggih, Anda bisa mengupgrade SignDoc Mobile ke versi pro dengan harga Rp 87 ribu per bulan. Sementara untuk biaya per tahunnya sebesar Rp 717 ribu. Beberapa fitur lainnya yang disediakan adalah fitur memasukkan nama penandatangan serta waktu tanda tangan. SignDoc Mobile juga memiliki fitur kamera yang dapat digunakan untuk memasukkan foto identitas ke dalam dokumen. Sehingga akan berguna untuk dokumen-dokumen yang membutuhkan kartu identitas.

SignEasy

Aplikasi ini bisa digunakan saat pengguna sudah log in terlebih dahulu. Anda dapat membuat akun baru atau masuk memakai akun Google maupun Facebook. Aplikasi ini juga cukup mudah digunakan karena pengguna hanya tinggal mengunggah dokumen yang akan ditandatangani dengan tap ikon plus (+) di pojok kanan. Anda akan disodorkan beragam pilihan untuk mengunggah dokumen, mulai dari e-mail, penyimpanan eksternal, Box, Dropbox, Google Drive, hingga Evernote. Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman dokumen.

Tap ikon yang bergambar pensil gunanya untuk memulai. Anda bisa memasukkan tanda tangan, inisial, tanggal, hingga teks. Saat Anda memilih Signature, Anda akan dibawa ke halaman khusus untuk membubuhkan tanda tangan. Di sini, Anda dapat mengatur ketebalan warna hingga mengunggah file tanda tangan yang telah dibuat. Kemudian tanda tangan akan muncul di salah satu halaman pada dokumen. Anda bisa menggeser tanda tangan ke posisi yang diingkan dan memperbesar atau memperkecilnya. Setelah selesai, tap tombol Finish di pojok kanan atas dan simpan dokumen yang telah ditandatangani.

HelloSign

Tidak berbeda jauh dengan SignEasy, HelloSign juga membutuhkan login agar bisa menggunakannya. Konsep aplikasi ini berupa tanda tangan yang sedikit berbeda dengan aplikasi sejenis yang lainnya. HelloSign memberikan fitur pindai melalui kamera smartphone. Sehingga pengguna bisa memanfaatkan fitur ini untuk menandatangani dokumen penting yang harus segera dikirim melalui e-mail. Namun kekurangannya ialah hasil pindai akan tergantung pada resolusi kamera smartphone Anda.

Anda juga bisa mengunggah dokumen yang tersimpan di smartphone. Setelah terunggah, barulah pengguna bisa membubuhkan tanda tangan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan teks dan tanggal pada dokumen yang diunggah.

Sign It!

Sign It! sama seperti dengan SignEasy, Anda diwajibkan mendaftar sebagai anggota sebelum bisa menggunakan Sign It! Namun, aplikasi ini tidak menyediakan pilihan log in menggunakan akun Google ataupun Facebook. Fitur Sign It! lebih menekankan pada dokumen yang tersimpan dalam bentuk foto. Aplikasi ini hanya menyediakan fitur unggah dokumen melalui galeri smartphone dan pindai menggunakan kamera. Sehingga pengguna tidak bisa membubuhkan tanda tangan pada dokumen berbentuk PDF. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan tanda tangan dengan tiga macam warna tinta, yaitu biru, hitam, dan merah. Tampilan aplikasi ini juga terbilang standar.

Beberapa aplikasi pembuat tanda tangan digital di atas bisa Anda coba agar semakin mempermudah Anda untuk membuat sebuah dokumen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here