close
smart city

Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Bidang Kesehatan Di Dubai

artificial intelligence

Artificial Intelligence (AI) mulai diterapkan dibidang kesehatan, seperti yang dilakukan oleh Dubai Health Authority (Otoritas Kesehatan Dubai) bekerjasama dengan IBM.

Sistem AI ini diterapkan diberbagai rumah sakit di Dubai yang menangani ribuan pasien sebagai bagian dari Proof Of Concept (PoC).

Sistem Artificial Intelligence (AI) ini dilatih untuk berbagai aktifitas rumah sakit agar bisa membantu efesiensi berbagai proses yang ada di rumah sakit. Seperti melakukan deteksi dini terhadap penyakit, selain itu juga untuk melakukan efesiensi pada tata kelola keperawatan kesehatan.

Dengan menggunakan sistem ini diharapkan bisa membantu profesional kesehatan bisa mengetahui kondisi pasien dimasa depan dengan menganalisa berbagai tanda yang terdeteksi. Seperti tekanan darah, denyut nadi, dan suhu badan. Dari tanda-tanda ini nantinya akan dimasukan ke sistem AI, yang kemudian akan dianalisa untuk mengetahui bagaimana perkembangan kondisi pasien. Setelah itu akan bisa dilakukan tindakan pencegahan yang tepat, dengan harapan bisa menyelamatkan lebih banyak pasien.

Dengan sistem artificial intelligence ini bisa mengetahui kondisi pasien yang memburuk dalam waktu 1 hingga 20 jam sebelumnya dengan tingkat ketepatan antara 90 sampai 98 persen. Jadi sebelum kondisi pasien memburuk tim medis telah mengetahuinya, sehingga bisa melakukan tindakan yang tepat untuk penyelamatan.

Dengan menggunakan sistem AI dalam bidang kesehatan ini diharapkan bisa meningkatkan penyelamatan pasien dengan sistem yang canggih yang bisa mengetahui kondisi pasien dengan cepat dan akurat. Sehingga bisa melakukan tindakan preventif sebelum kondisi kritis terjadi.

Selain itu juga diharapkan sistem pengelolahan rumah sakit bisa menjadi lebih baik lagi. Tenaga medis seperti dokter dan perawat lebih banyak waktu untuk merawat pasien. Kinerja tenaga medis juga menjadi target dalam penggunaan sistem AI pada rumah sakit. Yaitu agar tim medis bisa memberikan keputusan yang tepat dan wawasan di bidang kesehatan.

Dikutip dari grid.ID bahwa AI LAB berusaha untuk terus melakukan eksploari teknologi canggih demi peningkatan kualitas hidup di Uni Emirat Arab.
Seperti yang disampaikan oleh CEO Smart Dubai, bahwa saat ini pihaknya telah menjalin mitra strategis antara pemerintah dan swasta untuk memperkenalkan pengalaman baru serta unik yang dapat menyelamatkan banyak jiwa yang tak terhitung jumlahnya.

Tags : Artificial Intelligencekesehatansmart city

Warning: Cannot assign an empty string to a string offset in /home/anugrahx/public_html/wp-includes/class.wp-scripts.php on line 454