SHARE

Sebagai salah satu software penjelajah internet milik Google, Chrome banyak merebut pengguna berkat fitur dan fungsinya yang bermanfaat bagi pekerjaan dan bahkan untuk keperluan hiburan.

extension-chrome-terbaik

Bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan Google Chrome untuk bekerja secara online, menggunakan ekstensi Chrome, atau aplikasi tambahan yang kebanyakan bisa diunduh gratis di sini untuk menambah fitur bisa jadi hal yang wajib.

Namun belum tentu extension tersebut bisa bekerja dengan optimal dan memfasilitasi pekerjaan pengguna secara efektif. Menggunakan banyak ekstensi sekaligus bisa memperlambat kerja Chrome dan menyita kapasitas RAM komputer, namun kombinasi lebih dari satu ekstensi untuk bekerja secara produktif memang diperlukan.

Untuk ini diperlukan ekstensi yang fungsinya membuat pengguna lebih fokus terhadap obyektif pekerjaannya, membantu konsentrasi dan memberikan pengguna kendali terhadap hal yang biasa menjadi pengalih perhatian di internet. Kombinasi extension Chrome terbaik ini akan membuat pekerjaan lebih produktif jika dioptimalkan dan digunakan secara rutin.

Simple Blocker

Sesuai namanya, extension sederhana ini berguna untuk memblok website-website hiburan dan yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan pengguna dalam kurun waktu tertentu. Simple Blocker sanggup memblok domain seperti facebook.com, twitter.com, 9gag.com atau bahkan news.google.com hanya dengan satu klik pada tombol.

Bagi pengguna yang cenderung mudah teralihkan perhatiannya dan kesulitan untuk fokus dikarenakan ingin selalu mengecek notifikasi Facebook atau mention dari Twitter, aplikasi kecil ini sangat bermanfaat selama jam bekerja dengan fitur Sleep Timer.

Google Mail Checker

Extension Chrome ini dikembangak oleh Google sendiri yang memungkinkan sebuah tombol google-mail-checker-extension-chrome-terbaikberbentuk logo akan muncul di browser pengguna, memberitahukan tentang adanya email yang belum terbaca (unread email). Jika tombol tersebut diklik, pengguna akan dibawa untuk mengakses inbox Gmailnya secara instan.

Meski tidak memiliki fitur lainnya, ekstensi ini sangat efektif bagi mereka yang intens bekerja dengan menggunakan email setiap saat. Hebatnya, karena ini dibuat resmi oleh Google, Google Mail Checker tidak dipenuhi dengan popup iklan yang bisa menjadi distraksi pekerjaan, pilih ekstensi ini jika fokus dan konsentrasi kerja menjadi hal yang paling dibutuhkan.

AdBlock Plus

Aplikasi ini boleh jadi merupakan extension Chrome terbaik yang pernah dibuat. AdBlock Plus bekerja sangat efektif untuk memblok semua popup iklan yang muncul ketika pengguna menjelajahi website atau pada saat mengunduh suatu file. AdBlock Plus menghilangkan tipikal advertisement yang mengganggu seperti banner, redirection tab, dan bahkan file auto-download yang sangat mengganggu.

Beberapa opsi pendukung lainnya juga disediakan dalam AdBlock Plus, pengguna bisa melakukan “white-list” terhadap website-website tertentu yang memang dibutuhkan kemunculan iklannya, seperti popup email subskripsi atau popup registrasi untuk mendapatkan voucher dan kupon.

OneTab

OneTab bekerja secara efektif bagi mereka yang memiliki profesi sebagai desainer atau penulis, atau profesi di bidang kreatif lainnya yang membutuhkan banyak referensi dengan membuka banyak tab sekaligus di browsernya. Jika pada suatu saat puluhan tab yang terbuka tersebut malah membingungkan dan terkesan menggangu produktivitas pekerjaan,

OneTab bisa membantu mengubahnya dalam suatu list atau daftar yang ringkas dan sederhana. Mengorganisasikannya menurut tanggal kapan tab sebuah tab tersebut dibuka. Selain itu OneTab bisa menghemat kapasitas RAM di komputer, mengingat Chrome yang memang terkenal membutuhkan porsi RAM yang sangat besar.

Language Immersion

Aplikasi ini berguna bagi mereka yang bosan memanfaatkan waktu luang makan siangnya dengan bermain game atau mengunjungi situs gosip dan olahraga. Language Immersion berfungsi sebagai penerjemah bahasa yang unik dengan mengubah suatu frase dalam Bahasa Inggris ke dalam bahasa lain secara acak, membiarkan penggunanya merasa seperti bermain game sambil berusaha untuk memperkaya kosakata pengguna dalam bahasa lain, dan hanya dengan sekali klik, frase tersebut akan kembali berubah menjadi Bahasa Inggris.

Pocket

Pocket menyimpan apapun halaman web yang diinputkan oleh pengguna. Sangat berguna sebagai clipboard berisi konten artikel atau informasi terkait pekerjaan yang bisa diakses kapan saja tanpa harus mengingat alamat sebuah website, atau mengobok-obok history Chrome.

Pocket bekerja persis seperti Instapaper yang tersinkronisasi ke semua perangkat, komputer atau aplikasi Android dan iPhone pengguna jika turut dipasang. Kini pengguna tidak perlu menyalin sebuah isi artikel dengan panjang 300 kata ke dalam notepad atau Microsoft Word untuk dibaca pada saat luang. Cukup tekan tombol Pocket pada Chrome dan biarkan ekstensi ini menyimpannya.

Session Buddy

Extension ini bekerja dengan sendirinya, mendaftar segala website yang pernah dikunjungi oleh pengguna mulai dari 1 menit hingga dua bulan yang lalu. Sesuai namanya, Session Buddy mencatat kunjungan pengguna dalam sekali sesi yang bisa berisi puluhan tab sekaligus. Sangat bermanfaat jika pengguna mengalami mati lampu, atau Chrome yang mengalami crash secara tiba-tiba.

session-buddy-extension-chrome-terbaik

Untuk menjalankannya cukup tekan tombol Session Buddy untuk mengakses interfacenya yang terdiri dari sejarah jelajah. Dari sini pengguna bisa memilih untuk mengembalikan sesi mana yang akan diakses kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here