close

Berapa Lama Masa Pakai untuk Gadget Apple?

Setiap pengguna gadget pasti memiliki perkiraan berapa lama perangkat mereka akan bertahan. Tentunya sebelum gadget tersebut dipensiunkan, kemudian diganti dengan perangkat model baru. Lalu bagaimana untuk beberapa gadget keluaran Apple? Sebut saja iPhone, iPad, Apple Watch, MacBook, serta iMac. Kira-kira berapa lama sih waktu rata-rata untuk masa layak pakai gadget keluaran Apple ini?

Beberapa pihak, sebut saja Asymco dan Horace Dediu melakukan analisi industri yang menelaah bahwa jumlah perangkat Apple yang saat ini masih aktif dipakai pemiliknya ada sebanyak 1,3 miliar unit. Jumlah ini sebelumnya sudah pernah diungkapkan oleh Apple sendiri dalam laporan keuangan terbarunya. Untuk jumlah penjualan gadget Apple secara kumulatif ada sebanyak 2,05 unit. Lalu dikurangi angka gadget aktif. Hasilnya ada sebanyak 750 juta perangkat Apple yang telah dipesiunkan oleh pemiliknya sejauh ini.

Penjualan perangkat Apple secara kumulatif mencpai 750 juta unit pada kuartal ketiga tahun 2013. Sehingga masa pakai diperkirakan antara saat ini dengan kuartal III tahun 2013 atau 17 kuartal, atau lebih tepatnya pada 4 tahun atau tiga bulan. Kita bisa menyimpulkan bahwa empat tahun tiga bulan menjadi rata-rata masa pakai perangkat Apple para pemiliknya. Setelah itu, perangkat akan cenderung dipensiunkan oleh para pemiliknya. Bisa dijual, disimpan begitu saja, atau malah dibuang.

Bisa dibilang bahwa temuan Dediu ini berlaku bagi seluruh perangkat Apple secara keseluruhan, seperti iPhone, iPad, iMac, Macbook, hingga Apple Watch. Memang angka breakdown per perangkat tidak bisa dicari karena biasanya Apple tidak membeberkan penjualan masing-masing kategori perangkat secara detail. Sehingga bisa dibilang bahwa beberapa perangkat seperti iMac, mempunyai masa pakai yang jauh lebih panjang jika dibandingkan dengan perangkat Apple lainnya.

Leave a Response