close

Bermacam Aksesoris Proyektor Untuk Meningkatkan Efisiensi

aksesoris-proyektor-6

Jika anda pengguna proyektor, maka anda pasti membutuhkan berbagai macam aksesoris proyektor untuk meningkatkan efisiensi kinerja anda. Sebenarnya proyektor merupakan perangkat yang bisa berjalan sendiri walau tanpa aksesoris, namun penggunaan aksesoris proyektor ini terkadang cukup dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan-pekerjaan anda, selain mendukung aksesoris ini juga memudahkan pekerjaan. Beberapa aksesori seperti remot, layar, dan mount mampu membuat pekerjaan pengguna terasa ringan.aksesoris proyektor

Lalu apa saja aksesoris yang terdapat pada proyektor? Apakah aksesoris-aksesoris tersebut cukup berguna? dan apakah aksesoris tersebut memiliki harga yang terjangkau? Pertanyaan-pertanyaan tersebut sering kali dilontarkan oleh para pelanggan yang ingin membeli sebuah aksesoris proyektor. Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan para pelanggan, alangkah baiknya jika kita langsung membahas berbagai macam aksesoris proyektor dan kegunaan utamanya.

Macam Aksesoris Proyektor

1. Kabel

Kabel bisa dibilang merupakan salah satu aksesoris proyektor yang cukup penting. Tanpa aksesoris yang satu ini laptop/PC pengguna tidak akan bisa mengirimkan sinyal video ke dalam proyektor. Ada beberapa jenis kabel yang bisa digunakan oleh proyektor. Kabel VGA, Kabel DVI dan Kabel HDMI. Ketiga kabel ini bisa anda dapatkan di dalam toko-toko retail komputer yang tersedia di kota anda. Lalu apa sebenarnya apa perbedaan yang terdapat pada jenis-jenis kabel tersebut? Kita lihat dibawah ini

Kabel HDMI

HDMI mendukung berbagai macam video format pada PC ataupun TV termasuk format standard dan high-definition video. Ia juga mendukung sampai 8 channel digital audio, dan koneksi Consummer Electronics Controls (CEC). Uniknya, semua itu bisa anda dapatkan dengan hanya dengan 1 kabel saja. Bandingkan jika anda menggunakan analog, akan ada banyak kabel yang berbeda yang harus digunakan. CEC sendiri di sini digunakan supaya HDMI device mampu mengontrol satu sama lain jika diperlukan, sehingga jika pengguna ingin mengoperasikan beberapa device yang berbeda, cukup gunakan fasilitas yang ada pada remote control saja.

aksesoris proyektor
Kabel HDMI

Kelebihan dari HDMI, karena ia memiliki arus listrik dan signal yang sama seperti yang digunakan oleh port DVI (Digital Visual Ainterface), maka jika menggunakan adapter converter dari DVI ke HDMI tidak diperlukan konversi signal dan yang paling penting tidak ada penurunan kualitas video dan suara.

Kabel DVI

aksesoris proyektor
Kabel DVI

Kabel DVI ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun sangat jarang digunakan untuk kegiatan-kegiatan presentasi. DVI sendiri merupakan singkatan dari Digital Visual Interface, Sangat jarang sekali proyektor atau laptop yang menggunakan kabel ini. Kabel ini memiliki algoritma pengiriman sinyal video yang berbeda, sinyal video yang dikirimkan dengan kabel ini tidak melalui perantara sehingga sinyal tidak dipadatkan. Namun berbeda dengan VGA, kabel DVI ini telah menggunakan sinyal digital. Port ini memiliki ciri yaitu menggunakan 24 pin pada bagian ujungnya. Dengan menggunakan port ini, pengguna bisa menampilkan resolusi video hingga mencapai Full-HD. Sayangya, teknologi ini sangatlah terbatas, portnya yang memiliki ukuran cukup besar menjadi salah satu penghalangnya. Bisa dipastikan jika, seiring berjalannya waktu, kabel DVI ini akan sangat jarang didapati pada perangkat keras modern.

Kabel VGA

aksesoris proyektor
Kabel VGA

VGA atau yang merupakan singkatan dari Video Graphics Array, merupakan sebuah teknologi kabel yang bisa dibilang cukup lama dan tua. Dengan menggunakan kabel ini proyektor hanya mampu menampilkan gambar dengan transmisi analog. Selain itu, kabel ini hanya mampu digunakan untuk menyediakan transmisi video saja, tanpa audio. Port ini juga telah mulai ditinggalkan pada awal tahun 2010, kebanyakan produsen telah melengkapi perangkat proyektor mereka dengan kabel HDMI atau DVI. Namun sama halnya dengan teknologi DVI, VGA pun juga telah ditinggalkan saat ini, Banyak orang telah beralih menggunakan kabel HDMI dikarenakan kemampuannya yang cukup tinggi.

Kami menyarankan kepada anda untuk tidak lagi menggunakan kabel VGA dan DVI karena jenis kabel ini tidak lagi digunakan pada perangkat-perangkat elektronik modern. Port ini juga tidak bisa lagi digunakan untuk mendukung teknologi digital yang sudah ada.

2. Case Pelindung

Beberapa produsen proyektor memberikan sebuah case pelindung untuk proyektor. Aksesoris proyektor yang satu ini berguna bagi anda yang sering melakukan perjalanan. Ketika menggunakan perangkat ini, pengguna tidak perlu khawatir mengenai keamanan dari proyektor. Ada dua jenis case yang bisa digunakan oleh proyektor yang anda, yaitu Hard Case dan Soft Case.

Hard Case, merupakan pelindung dari sebuah proyektor yang memiliki tingkat kekuatan bodi yang cukup tinggi, sehingga pengguna akan merasakan keamanan walau proyektor sedang berada di dalam bagasi mobil, kereta atau pesawat. Bentuk Hard Case dari aksesoris proyektor ini menyerupai koper yang biasa kita gunakan saat berpergian, namun tentunya ukurannya relatif lebih kecil. Dan disekitar dari koper tersebut terdapat bahan lembut yang terbuat dari spon untuk melindungi proyektor dari getaran. Sedangkan bodi bagian luarnya terbuat dari material yang cukup solid sehingga melindungi bagian dalam dari segala benturan.

aksesoris proyektor
Hardcase pada proyektor

Soft Case, merupakan aksesoris proyektor yang biasanya berupa tas. Kebanyakan pengguna proyektor, memiliki aksesoris ini untuk memudahkan membawa proyektor kemanapun mereka menggunakannya. Selain itu, aksesoris proyektor ini juga tergolong murah dan memiliki fungsionalitas yang cukup tinggi. Soft Case proyektor di desain seperti tas selempang. Di dalam Soft Case ini pengguna bisa meletakkan proyektor, kabel, charger, ataupun aksesoris lainnya yang berguna.

aksesoris proyektor
Softcase pada proyektor

3. Lensa Pendukung

Biasanya sebuah proyektor memiliki batas kemampuan untuk bisa menampilkan sebuah gambar yang ada. Pengguna bisa menggunakan aksesoris proyektor berupa lensa pendukung untuk bisa menampilkan visualisasi yang sesuai dengan keinginan anda. Lensa juga terdapat pada berbagai macam jenis, anda bisa memilih short lens untuk menampilkan visualisasi pada jarak yang cukup pendek, long lens untuk jarak yang jauh dan ultra long lens untuk jarak yang terlampau sangat jauh.

aksesoris proyektor
Lensa pendukung proyektor

4. Mount dan Stand

Ini dia salah satu aksesoris proyektor yang biasanya banyak digunakan oleh para pengguna proyektor karena dengan menggunakan aksesoris ini peletakan proyektor menjadi lebih mudah dan juga tergolong simple sehingga tidak memakan banyak tempat. Mount merupakan aksesoris yang biasanya digunakan pada proyektor untuk bisa menempel pada bagian atas dari langit-langit sebuah ruangan. Sehingga dengan mount, pengguna bisa menempelkan proyektor pada bagian atas dari sebuah ruangan, akan terlihat lebih simple dan tidak memakan banyak ruang.

aksesoris proyektor
Mount dan Stand pada proyektor

Sedangkan aksesoris lainnya adalah Stand, Stand ini merupakan bahasa Inggris yang kurang lebih artinya adalah berdiri. Sehingga bisa kita ambil kesimpulan jika dengan menggunakan Stand, pengguna bisa membuat proyektor mereka berdiri. Diharapkan dengan aksesoris ini proyektor bisa menampilkan gambar yang cukup bagus dan rapi.

5. Remote

Remote juga bisa menjadi aksesoris yang cukup berguna. Dengan adanya remote presentator bisa bergerak kemanapun sesuai dengan kemauannya. Aksesoris ini juga membuat presentator akan lebih mobile dalam melakukan pergerakan. Anda juga tinggal menekan tombolnya untuk melakukan berbagai kontrol, seperti next, previous, stop atau mungkin play terhadap slide presentasi yang akan anda tampilkan.

aksesoris proyektor
Remote untuk proyektor

6. Layar

Salah satu aksesoris proyektor yang bisa dipertimbangkan adalah layar. Penggunaan layar ini kadang diabaikan oleh beberapa instansi, dan lebih memilih menggunakan tembok sebagai media untuk menampilkan presentasi. Hal tersebut bisa saja berakibat buruk jika tembok yang digunakan memiliki warna yang berlawanan dengan slide presentasi atau mungkin terdapat noda-noda sehingga tampilan layar dirasa tidak maksimal.

Penggunaan layar bisa menghilangkan kemungkinan-kemungkinan tersebut. Anda bisa lebih nyaman dalam menggunakan proyektor, serta tampilan dari slide presentasi juga tentu akan lebih maksimal.

Tags : proyektor

1 Comment

Leave a Response