close

Canon IXUS 145: Bentuk Kecil, Harga Terjangkau, Performa Handal

canon-ixus-145-7
canon-ixus-145-7Canon IXUS 145 merupakan kamera digital yang menyangsa pangsa pasar mid-end, dengan harga yang berada pada kisaran angka 700 ribuan. Meski memiliki harga yang murah bukan berarti bahwa kamera ini lantas murahan. IXUS 145 memiliki kekuatan lensa sebesar 16 Mpx, Digic 4 prosesor, 8x optical zoom dan 32x digital zoom. Meski kamera ini tidak memenangkan satupun penghargaan bergengsi, kamera ini tetap bagus digunakan untuk keperluan-keperluan biasa. Kamera ini lebih berfokus terhadap kualitas dibanding dengan kuantitas. Pada kamera Canon IXUS 145 telah dilengkapi dengan berbagai fungsi yang bisa berguna bagi pengguna kamera yang baru. Fungsi-fungsi dasar seperti Monokrom, Toy Camera dan Vivid akan membantu para pengguna baru untuk mendapatkan gambar yang bagus. Selain itu, kamera ini juga dilengkapi dengan opsi manual yang bisa diatur seperti komposisi exposure dan white balance, opsi manual tersebut sangat bagus bagi pengguna baru untuk melakukan berbagai eksperimen.

Terdapat beberapa mode scene yang bisa anda dapatkan di Canon IXUS 145, seperti pantai, salju dan portrait. Mode Digital Image Stabilisation pada IXUS 145 akan membantu anda mendapatkan gambar dengan paduan yang bagus dan menurunkan blur, selain itu mode ini juga membantu mendapatkan gambar pada keadaan minim cahaya atau ingin memotret gambar yang bergerak.

Overview

Canon IXUS 145 juga memiliki beberapa kelebihan lain seperti kemampuan untuk mengambil gambar video HD, serta dilengkapi dengan mode Eco sehingga kamera bisa menghemat konsumsi baterai. Kamera ini merupakan kamera digital dengan segmen pengguna baru. Oleh karena itu, kebanyakan panduan pengambilan gambar pada kamera ini menggunakan mode full auto. Mengapa begitu? Karena mode full auto memiliki hasil yang cukup bagus pada kamera ini. Jika ingin mendapatkan gambar, pengguna bisa melihat target melalui Live Mode di LCD dari kamera. Pengguna bisa mengatur tingkat kecerahan, saturation, dan kontras melalui LCD pula. Selain itu, kamera ini memiliki kemampuan untuk menganti white balance, komposisi exposure dan metering mode.

Canon IXUS 145 memiliki saingan seperti Nikon Coolpix S3600 dan Panasonic Lumix DMC-SZ8. Tapi, IXUS 145 memiliki harga yang sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan kedua saingannya tersebut. Dengan kemampuan yang hampir sama, Canon IXUS menjadi pilihan yang mungkin cukup bagus.

Canon IXUS 145 tersedia dalam warna silver, merah, ungu dan hitam. Kamera digital ini juga sangat cocok untuk pengguna yang masih belajar mengenai dasar fotografi. Selain itu, kamera ini juga cocok bagi pengguna yang tidak ingin rumit dalam pengaturan ketika menggambil gambar.

Review Canon IXUS 145

1. Desain

Meskipun IXUS 145 tidak memiliki pegangan (handgrip) secara spesifik, kamera ini masih nyaman untuk dipegang, hal ini tak lain karena kamera ini tidak terlalu berat dan bisa dibilang cukup ramping meski terdapat baterai di dalamnya. Beratnya yang ringan dan bodinya yang cenderung ramping, membuat kamera poket ini cukup mudah digunakan dalam keadaan apapun, dan mudah disimpan meski dalam saku kemeja/kaos. Pada bagian sisi-sisi pinggirnya, tidak ada bagian yang menonjol sehingga mudah disimpan dalam saku celana.

canon-ixus-145
Desain pintu untuk baterai yang sedikit sulit dibuka

Meski memiliki harga yang cukup terjangkau, bodi dari Canon IXUS 145 terasa cukup padat dan tahan lama. Dengan material plastik yang terkesan tipis, hal tersebut tak lantas membuat IXUS 145 terlihat murahan. Mungkin yang sedikit terlihat kurang baik adalah desain dari pintu baterai yang terkadang sedikit agak susah untuk dibuka. Canon tampaknya harus memperbaiki hal ini di kemudian hari. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Kami menganalisa bahwa grip dari kamera sedikit kurang bagus.

canon-ixus-145
Garis pinggir pada pojok layar yang bisa menjadi tempat untuk debu

Mungkin hal yang tidak terlalu mengejutkan adalah tidak adanya fitur layar sentuh pada LCD dari Canon Ixus 145. Tapi fitur tersebut tidak sepenuhnya mempengaruhi kinerja anda nantinya. Layar LCD pada kamera ini memiliki ukuran sebesar 2.7 inci. Menurut kami, LCD dari IXUS 45 sudah cukup besar dan tampilannya pun juga cukup jelas. Pengguna juga akan mendapatkan sistem menu yang sangat mudah untuk digunakan. Garis miring pada tiap bagian pojok dari layar membuat kamera tampak sedikit seperti kamera lama. Selain itu, garis tersebut dan tiap pojok layar bisa menjadi tempat singgah debu yang paling mudah.

canon-ixus-145
Tombol pada IXUS 145 yang menjadi lebih lebar

Tombol pada kamera Canon IXUS 145 sedikit lebih lebar jika diandingkan dengan tipe IXUS sebelumnya seperti IXUS 255. Dengan tombol yang cukup lebar, otomatis jarak antara tombol menjadi lebih lebar pula. Bagi anda yang memiliki tangan yang lebar, akan sangat nyaman untuk menekan tombol ini. Dengan bertambahnya ruang yang digunakan untuk tombol, maka layar LCD dari IXUS 145 ini lebih kecil jika dibandingkan dengan model sebelumnya yang memiliki layar sebesar 3 inci.

2. Fitur

Jika anda pernah menggunakan kamera digital milik Canon sebelumnya, anda akan merasakan kemudahan dalam menggunakan Canon IXUS 145. Hal tersebut tak lain karena IXUS 145 memiliki system menu yang hampir sama dengan kamera digital Canon lainnya. Tak hanya mengenai sistem menu yang ada, tombol-tombol yang ada pada kamera Canon IXUS 145 juga hampir sama dengan kamdig Canon lainnya. Pada tengah-tengah lingkaran dari control pad, terdapat tombol FUNC/SET. Dan seperti biasanya, pada control pad terdapat menu yang bisa digunakan untuk mengaktifkan lampu flash, fitur ECO, mengatur layar dan tombol auto yang biasa digunakan untuk beralih mode.

Sayangnya tombol yang digunakan untuk mengatur macro, komposisi exposure dan timer kini dihilangkan. Pengguna bisa mengatur ketiga fitur diatas melalui menu yang terdapat pada layar. Hal tersebut tentu saja merugikan karena harus memakan banyak waktu.

Salah satu hal baru yang bisa pengguna temukan pada Canon IXUS 145 adalah adanya tombol “help” (dilambangkan dengan tanda “?”). Tombol ini mengandung informasi yang cukup jelas mengenai segala informasi dan tips untuk mendapatkan pengaturan terbaik dalam segala kondisi. Tentu saja ini merupakan fitur yang cukup baik bagi pengguna yang baru saja belajar fotografi.

Tombol Playback dan one-touch record terdapat tepat diatas control pad. Sedangkan tombol menu dan help, terletak dibawah tombol control pad. Selain tombol-tombol tersebut, pada bagian atas pengguna akan menemukan tombol power, shutter dan kontrol zoom pada bagian atas di sebelah kiri dari kamera. Canon juga mendesain letak flash dengan cukup baik dan penuh pertimbangan. Flash pada Canon 145 terletak pada bagian kanan dan cukup jauh dari jangkauan tangan, sehingga pengguna tak perlu khawatir bahwa flash akan tertutup oleh tangan.

3. Performa

Performa dari Canon IXUS 145 juga cukup mengesankan. Hasil gambar yang didapatkan dengan menggunakan kamera ini, mampu memproduksi gambar yang cukup nyata dengan komposisi warna yang tak kalah bagus dari kamera digital yang memiliki harga lebih mahal. Fokus dari kamera ini juga cukup cepat dalam memproses sebuah gambar, hal tersebut tentu saja bisa menjadi pertimbangan tersendiri bagi anda yang sedang mencari kamera digital. Untuk exposure yang dihasilkan oleh kamera cenderung cukup seimbang dan terlihat tanpa masalah, meski pada beberapa gambar portrait terkadang exposure yang muncul masih terlalu berlebihan (over exposure). Anda tak perlu cemas dengan masalah ini, karena hal tersebut bisa saja dibenarkan dengan menggunakan fitur exposure compensation yang terdapat pada kamera.

Mode macro pada kamera ini bekerja dengan sangat baik, dengan mode macro pengguna bisa mendapatkan gambar close up dengan baik. Dengan rentang zoom yang tidak seberapa jauh mampu mendukung pengambilan gambar macro dengan baik. Mungkin jika kurang sabar, pengguna akan mendapati blur pada gambar mereka, tapi blur tersebut hanya terlihat pada bagian yang bukan objek utamanya.

Terdapat beberapa mode white balance pada IXUS 145, sayangnya mode-mode tersebut tidak pernah bisa menghasilkan gambar yang lebih bagus jika dibandingkan dengan mode auto white balance. Hanya pada beberapa kasus, anda bisa mempertimbangkan untuk mencoba menggunakan mode white balance yang disediakan oleh Canon.

Beralih dari mode white balance, pengguna Canon IXUS 145 bisa meningkatkan kapasitas produksi warna dengan hingga 3200. Pengguna IXUS 145 akan mendapatkan banyak noise pada gambar yang dicetak ketika ISO dari kamera menunjukan angka 1600 atau lebih. Mengambil gambar pada pencahayaan yang bagus dan mengatur ISO kamera pada angka 800 atau dibawahnya, akan menjaga noise agar tetap rendah. Mungkin ketika anda melakukan perbesaran hingga 100%, hasil akan terlihat memiliki banyak noise, namun ketika dicetak gambar akan tetap bagus dan memiliki kesan natural. Anda tidak perlu khawatir karena sebenarnya performa dari IXUS 145 ini sudah cukup bagus bagi pemula yang ingin mengenal fotografi.

Filter yang ada pada kamera Canon IXUS merupakan filter standart yang ada pada beberapa kamera sebelumnya, hanya saja filter ini membawa sedikit perubahan kepada hasil gambar.

canon-ixus-145
Spesifikasi lensa dari IXUS 145

Jika berbicara mengenai layar, IXUS 145 memiliki layar yang cukup jelas dan cerah. Pengguna bisa dengan mudah mengamati seluruh sudut yang ingin anda ambil. Warna pada layar pun juga cukup bagus, namun sedikit kesulitan ketika harus digunakan dalam keadaan outdoor. Pengguna tak perlu khawatir karena layar masih bisa dilihat dalam keadaan di bawah sinar matahari langsung.

Performa zoom dari Canon IXUS 145 ini cukup bagus untuk kamera digital di kelasnya, terutama ketika anda menggunakan 8x optical zoom. Ketika digital zoom mencapai angka 32x, noise yang dihasilkan akan sangat tinggi. Maka kami tetap menyarankan kepada anga untuk menggunakan digital zoom hanya sampai angka 16x atau di bawahnya. Mengapa? Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi noise ketika gambar yang anda ambil dicetak.

Kesimpulan

Canon yang tetap eksis memproduksi kamera DSLR, tampaknya juga tak mau kalah dalam pasar kamera digital. Dengan berbekal semboyan lama, “sesuatu yang bagus datang dari benda yang kecil” Canon ingin membuktikan jika produk kecil mampu memiliki kemampuan yang cukup besar. Melalui Canon IXUS 145 yang memiliki kemampuan untuk bisa mengambil gambar yang bagus dan memiliki harga yang cukup terjangkau, selain itu kamera digital ini juga mudah sekali untuk digunakan.

Tags : Canonkamera digital

Leave a Response