close
canon lbp 6030 3
canon lbp 6030 1Pada awal tahun ini Canon kembali menghadirkan versi terbaru dari printer laser monokrom untuk menggantikan seri yang sebelumnya, yaitu Canon LBP-6000 yang sudah diskontinu. Type pengganti Canon LBP-6000 adalah Canon LBP-6030 Series. Dengan hadirnya seri terbaru ini diharapakan mampu melengkapi seri sebelumnya, sehingga seri terbaru diharapkan mampu bekerja dengan lebih maksimal. Seri terbaru ini memiliki 2 tipe yaitu Canon LBP-6030 dan Canon LBP-6030W, perbedaannya hanya pada fasilitas Wi-Fi yang tersedia. Sebenarnya hampir segala fungsinya memiliki kesamaan antara Canon LBP-6030 dan Canon LBP-6030W.

Overview

Dengan semakin berkembangnya kebutuhan masyarakat akan mesin cetak, printer dengan fitur yang bervariasi dan kemampuan cetak yang tinggi memiliki daya beli yang tinggi pula tentunya. Oleh karena itu, pihak Canon meluncurkan seri Canon LBP-6030 Series yang terdiri dari Canon LBP-6030 dan Canon LBP-6030W.

“Kami memahami jika perangkat printer pada sekarang ini telah menjadi kebutuhan yang dibutuhkan dalam setiap pekerjaan, teknologi printer pun sekarang ini telah berkembang dengan pesat. Seperti printer Laser Image CLASS LBP-6030 yang diluncurkan oleh Canon dengan menggunakan fitur Wi-Fi dan non Wi-Fi” ucap Merry Harun, Canon Division Director PT. Datascript.

Spesifikasi yang di berikan oleh pihak Canon kepada 2 perangkat tersebut tergolong sama, hanya yang membedakan pada Canon LBP-6030W memiliki fasilitas Wi-Fi.

canon lbp 6030
canon lbp 6030

Canon LBP-6030W merupakan printer laser yang dilengkapi dengan teknologi laser monokrom yang menggunakan warna hitam dan putih. Jenis printer ini cukup baik dan cocok untuk penggunaan personal ataupun penggunaan pada kantor-kantor kecil. Canon LBP-6030 series memiliki desain bentuk yang cukup minimalis dan sangat hemat ruang, hal ini tentu saja akan sangat baik bagi anda yang memiliki ruang terbatas untuk penggunaan printer. Selain itu Canon LBP-6030 series sangat mudah dioperasikan/digunakan.

Dengan kecepatan cetak awal yang mampu mencapai waktu hingga kurang dari 8 detik, akan membantu anda menghemat waktu dan meminimalkan waktu tunggu yang ada. Selain itu printer Canon LBP-6030 memiliki kecepatan cetak yang cukup tinggi, yaitu berkisar diantara 19 halaman per menit untuk hasil output yang bervariasi.

Dengan kemampuan yang tinggi, printer ini juga dilengkapi dengan fitur hemat energy dan biaya cetak. Canon LBP-6030 series hanya membutuhkan energy sebesar 1.6 watt untuk bisa bekerja dengan mode Energy Saver.

Canon LBP-6030 series juga dilengkapi dengan kapasitas paper tray yang cukup tinggi, yaitu berkisar antara 150 lembar halaman untuk stack kertasnya. Dengan sistem single cartridge yang di kombinasikan dengan toner dan drum, anda hanya perlu mengganti 1 cartridge jika terjadi kerusakan atau masalah. Anda tak perlu khawatir, karena Canon Genuine Toner yang terpasang pada Canon LBP-6030 series, di kembangkan dengan kualitas yang cukup luar biasa.

Spesifikasi Canon LBP-6030 Series

Spesifikasi sebuah perangkat keras seperti sebuah printer ini memang sangat perlu untuk dibahas, mengesampingkan spesifikasi berarti kita mengambil langkah yang salah dalam pemenuhan kebutuhan kita. Canon LBP-6030 Series juga hadir dengan berbagai spesifikasi yang cukup bagus untuk printer laser monokrom dengan harga yang berkisar di angka 1 jutaan.

Spesifikasi Umum

Spesifikasi umum mendefinisikan bagaimana cara kerja printer secara umum, dengan mengetahui spesifikasi umum, kita bisa mengetahui apakah kinerja printer tersebut telah sesuai dengan kebutuhan kita.

  • Tipe Printer : Laser Monokrom
  • Kecepatan Cetak : Up to 19 ppm (page per minute)
  • Kecepatan Cetak Pertama : 8 Detik atau kurang
  • Bahasa Printer : UFR II LT
  • Resolusi Cetak : Up to 600 x 800 dpi (2400 x 600 dpi quality)
  • Cetak Duplex : Tidak Ada
  • Mode Cetak : Toner Saver, Watermark, Page Composer
  • Memori Cetak : 32 MB
  • Dimensi Printer : 14.3″ (W) x 9.8″ (D) x 7.8″ (H)

Spesifikasi Paper Handling

Spesifikasi paper handling bisa mendeskripsikan kinerja printer terhadap penanganan kertas yang akan di proses, mulai banyaknya kertas, tipe kertas, ukuran kertas hingga jenis kertas. Dalam paper handling, kita bisa mengetahui kebutuhan akan jenis printer. Oleh karena itu, paper handling bisa jadi salah satu syarat memilih printer. Untuk spesifikasi paper handling printer Canon LBP-6030 Series, anda bisa melihat dibawah ini.

  • Standart input kertas : 150 lembar kertas
  • Standart output kertas : 100 lembar kertas
  • Berat kertas : 16-43 lb
  • Jenis Kertas : Letter, Legal, A4, A5, B5, Executive
  • Tipe kertas : Plain Paper, Heavy Paper, Transparency, Label, Envelope
  • Kapasitas cetak amplop : 10 Amplop
  • Tipe Kertas Amplop : COM10, Monarch, DL, C5

Spesifikasi Konektivitas dan Software

Sudah selayaknya jika sebuah printer memiliki spesifikasi konektivitas dan software bawaan yang berbeda-beda. Canon LBP-6030 series hadir dengan konektivitas yang berbeda, untuk spesifikasi perangkat lunak kedua printer ini cenderung sama. Canon LBP-6030W hadir dengan konektivitas Wi-Fi untuk memudahkan pengguna, sedangkan untuk Canon LBP-6030 hadir dengan interface biasa.

  • Interface bawaan : USB 2.0 Hi-Speed dan Wireless (802.11 b/g/n)
  • Mobile Functions : Canon Mobile Printing
  • Embedded Web Server : Ada
  • Web Browser Support : Microsoft IE 1.0 atau yang lebih tinggi
  • Protokol cetak : LPD, RAW, WSD
  • TCP/IP set : (IPv4) RARP, BOOTP, DHCP, DNS, DynamicDNS, MulticastDNS
  • Network : SNMPv1, SNMPv3
  • Kabel bawaan : Power Cord, kabel USB

Kelebihan dan Kekurangan

Setiap jenis printer selalu memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu pula dengan printer Canon LBP-6030 Series. Dengan harga yang hanya dibandrol hanya Rp 1 jutaan, tentunya ada beberapa kelemahan dan kelebihan yang terdapat pada printer ini. Mari kita bahas satu per satu kelebihan dan kekurangan dari printer ini.

Kelebihan

1. Harga Ekonomis

Tak bisa dipungkiri lagi jika sebuah printer yang memiliki harga murah sering menjadi buruan user. Dengan harga yang berkisar di angka 1 jutaan, printer laser monokrom ini bisa dijadikan sebuah solusi yang tepat bagi penggunaan di dalam kantor yang kecil atau mungkin penggunaan personal. Dengan harga yang cukup terjangkau tentunya anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli sebuah mesin cetak, apalagi sampai melakukan pembelian secara kredit. Canon LBP-6030 Series cocok bagi anda yang ingin merasakan teknologi laser tanpa mengeluarkan biaya yang besar.

2. Dimensi yang kecil

Dengan dimesi yang cukup kecil mampu membuat printer Canon LBP-6030 Series sedikit lebih portable dibandingkan dengan ukuran printer laser yang cenderung besar. Oleh karenanya, printer ini cocok bagi anda yang memiliki ruang yang tak terlalu besar, namun membutuhkan sebuah printer pribadi yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

3. Stack kertas yang banyak

Jika anda menggunakan Canon LBP-6030 untuk kegiatan sehari-hari, pastinya akan cukup untuk bisa mengakomodasi kegiatan anda. Jumlah stack kertas yang mampu mencapai 150 lembar menjanjikan anda sebuah kenyamanan ketika digunakan, baik itu secara personal ataupun bersama-sama. Untuk sebuah kantor kecil yang setiap harinya mampu menghabiskan 100 lembar kertas tentunya akan memudahkan anda dalam penghematan waktu dan efisiensi kerja.

canon lbp 6030
Stack kertas Canon LBP-6030
4. Hasil cetak karakter yang bagus

Untuk kebanyakan perusahaan kecil, hasil cetak karakter printer Canon LBP-6030, tergolong sudah cukup bagus dan memiliki tingkat kejelasan yang tinggi. Dengan dukungan teknologi laser monokrom, sudah sepantasnya jika hasil cetak karakter tidak menjadi masalah yang serius untuk printer jenis ini.

5. Mudah digunakan

Percuma kita membeli sebuah printer dengan harga yang cukup mahal jika kita sendiri kesulitan untuk menggunakannnya. Berbeda dengan Canon LBP-6030, printer yang satu ini cukup mudah untuk digunakan. Fasilitas-fasilitas yang ditawarkan oleh perangkat lunaknya pun juga cukup banyak dan mampu mengakomodasi hampir seluruh kegiatan kantor atau personal.

6. Konektifitas Wi-Fi yang memudahkan

Anda tentunya tidak perlu rumit mengatur kabel yang tidak tertata rapi pada meja komputer anda, dengan adanya fasilitas Wi-Fi, tentunya akan memudahkan anda dalam mengatur setiap kegiatan mencetak anda.

Kekurangan

1. Kecepatan cetak rata-rata

Jika melihat harga yang ditawarkan, sebenarnya Canon LBP-6030 memiliki kecepatan cetak rata-rata. Ada beberapa printer dengan harga sedikit diatas Canon LBP-6030 yang mampu hadir dengan kecepatan diatas 19 ppm. Namun, jika kantor kecil atau rumah anda mencetak tidak lebih dari 100 dokumen per hari nya, Canon LBP-6030 sudah cocok untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Tapi jika anda membaginya untuk beberapa orang sekaligus secara bersamaan, anda bisa mempertimbangkan pembelian printer dengan harga yang sedikit lebih mahal, namun memiliki kecepatan cetak yang lebih tinggi.

2. Tidak memiliki fitur Duplex (cetak 2 sisi)

Tentunya ini sangatlah opsional, namun untuk saat ini kebutuhan akan fitur duplexing mampu membantu anda menghemat waktu kerja anda dan mampu memberikan efisiensi kerja yang cukup maksimal. Jika anda tidak membutuhkan fitur duplexing dalam kegiatan sehari-hari, membeli Canon LBP-6030 bisa jadi hal yang tepat. Namun, jika setiap harinya anda membutuhkan kecepatan dalam mencetak, pertimbangkan printer laser yang memiliki fitur duplexing. Biasanya harga untuk printer yang memiliki fitur ini jauh lebih mahal.

Kesimpulan

canon lbp 6030
Canon LBP-6030

Canon LBP-6030 Series merupakan sebuah printer dengan teknologi laser monokrom yang cukup handal dan mampu membuat anda yang menggunakan merasa nyaman. Printer ini sangat cocok untuk digunakan secara personal maupun penggunaan pada kantor-kantor kecil. Dengan harga yang sangat ekonomis, fitur-fitur yang ada pada printer ini tergolong mampu mengakomodasi hampir seluruh kebutuhan anda. Kecepatan cetaknya pun juga tidak bisa digolongkan lambat, jika kantor atau kegiatan sehari-hari anda tidak mencetak lebih dari 100 lembar kertas, maka Canon LBP-6030 Series bisa jadi pilihan yang tepat.

Tags : CanonPrinter

Leave a Response