close
Please assign a menu to the primary menu location under menu

Cara Aman Memakai Wi-fi Umum

Cara Aman Memakai Wi-fi Umum

Sebelum memutuskan untuk memakai wi-fi umum anda harus tahu cara aman memakai wi-fi umum. Untuk itu, anda memerlukan beberapa panduan bagaimana supaya tetap aman memakai wi-fi umum.

Cara Aman Memakai Wi-fi Umum

Kebutuhan akan koneksi internet saat ini sangat meningkat tajam. Bisa dikata, saat ini tiada hari tanpa internet. Ketika berada di jalan dan anda butuh koneksi internet sementara anda tak mempunyai paket data internet, bisa jadi momok yang menakutkan khususnya jika itu berhubungan dengan pekerjaan. Inilah beberapa cara aman memakai wi-fi umum.

 

Pilihlah Jaringan dengan Bijak, Cara Aman Memakai Wi-fi Umum

Cara aman memakai wi-fi umum yang pertama adalah pilihlah jaringan dengan bijak. Saat ini hampir di berbagai tempat telah memiliki koneksi wi-fi. Untuk tetap aman memakai wi-fi umum, ada baiknya anda harus memverivikasi jaringan yang telah terdeteksi pada perangkat (laptop atau smartphone) kepada seseorang yang berada disana. Misal, anda berada di dalam kedai kopi, restoran atau perpustakaan, tanyakan jaringan yang terdeteksi pada device anda sebelum menghubungkan.

Cara Aman Memakai Wi-fi Umum

Jika anda menghubungkannya melalui Windows, pastikan anda mematikan dulu file sharing dan menandai koneksi wi-fi sebagai jaringan publik. Anda bisa menemukan opsi ini pada Control Panel > Network dan sharing centre >Change advanced sharing system.

Jika anda memakai Mac, buka melalui System Preferences dan pergi ke gambar icon sharing. Kemudian, untick kotak centang di sebelah File Sharing.

 

Pakai VPN (Virtual Private Network)

Cara aman memakai wi-fi umum selanjutnya adalah memakai VPN. Membuat VPN adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga sesi browsing anda secara tersembunyi. Seorang klien VPN mengenkripsi lalu lintas antara perangkat Anda dan server VPN, yang berarti itu jauh lebih sulit bagi seorang calon penyusup untuk mengendus data Anda. Cara kedua ini bisa anda ikuti sebagai cara aman memakai wi-fi umum.

  • Menyiapkan VPN pada Android

Cara aman memakai wi-fi umum adalah dengan menyiapkan VPN. Kali ini pada OS Android. Jika anda tidak memiliki VPN yang biasanya diatur oleh perusahaan anda, masih ada pilihan lain yang tersedia. Salah satunya yaitu dengan memakai aplikasi gratis Security KISS yang menawarkan akses VPN bebas iklan dengan data terbatas 300MB / hari.

Cara Aman Memakai Wi-fi Umum

Ada beberapa servis dari VPN yang gratis hingga berbayar. Memakai aplikasi ini adalah sangat penting khususnya jika anda seseorang yang menggunakan koneksi internet setiap hari. Disconnect.me membantu melindungi terhadap pembajakan melalui ekstensi browser untuk Chrome, Opera dan Safari, tapi di depan VPN juga menawarkan aplikasi Android mandiri yang disebut Wireless Aman yang secara otomatis mendeteksi Wi-Fi tanpa jaminan dan mengaktifkan VPN di mana diperlukan.

Periksa HTTPS

Seperti pepatah lama, periksa kunci di browser Anda untuk memastikan itu aman. Salah satu cara Anda dapat memaksa browser Anda untuk menggunakan HTTPS adalah melalui perpanjangan, seperti HTTPS Everywhere. Ini tersedia untuk Chrome, Firefox, Firefox untuk Android, dan Opera. Sangat penting untuk dicatat bahwa HTTPS Everywhere bekerja dengan mengaktifkan enkripsi pada semua bagian didukung dari website.

Periksa Aplikasi Anda

Saatnya untuk mulai membentuk beberapa kebiasaan patching baik. Jauhkan browser Anda dan perangkat yang tersambung ke internet up to date dengan versi terbaru, tetapi pastikan untuk melakukan hal ini pada jaringan terpercaya di rumah atau kantor – tidak pada Wi-Fi publik.

Jika anda memakai perangkat mobile, jangan berfikir jika aplikasi yang anda gunakan secara otomatis aman atau memakai HTTPS. Kecuali pengembang aplikasi yang mengatakan demikian. Dalam hal ini, Anda harus menggunakan browser untuk masuk ke layanan, dan memeriksa sambungan HTTPS di status bar.

Mengkaktifkan 2 Faktor Otentikasi

Ini adalah praktek yang baik untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor pada layanan yang mendukungnya, seperti Gmail, Twitter dan Facebook. Dengan cara ini, bahkan jika seseorang tidak berhasil mengendus password ketika menggunkan Wi-Fi publik, Anda memiliki perlindungan cadangan. Untuk password, cobalah untuk tidak menggunakan password yang sama di beberapa layanan. Ada banyak manajer password yang tersedia untuk membuat hidup Anda lebih mudah.

Lupakan Jaringan

Cara aman memakai wi-fi umum selanjutnya adalah lupakan jaringan. Ini berarti setelah selesai melakukan browsing, jangan lupa untuk mematikan layanan yanga anda pakai. Lalu, ‘katakan’ untuk melupakan jaringan. Ini berarti PC atau smartphone tidak secara otomatis tidak akan tersambung lagi ke jaringan ketika anda berada dalam jangkauan.

Pada Windows, Anda dapat hapus centang pada “Connect Automatically” kotak centang di samping nama jaringan sebelum Anda menghubungkan, atau pergi ke Control Panel> Network and Sharing Center dan klik pada nama jaringan. Klik pada “Wireless Properties” dan kemudian hapus centang “Connect automatically when this network is in range.”

Jika anda memakai Mac, anda bisa pergi ke System Preferences > Network > dan di bawah bagian Wi-Fi klik Advanced. Kemudian hapus centang “Remember networks this computer has joined.” Anda juga dapat secara individual menghapus jaringan dengan memilih nama dan menekan tombol minus dibawahnya.

Pada Android, Anda dapat melakukan ini dengan memasukkan ke dalam daftar jaringan Wi-Fi Anda, tekan lama nama jaringan dan pilih “Forget Network.” Pada iOS, pergi ke Settings, pilih jaringan Wi-Fi, klik “i” icon di samping nama jaringan dan pilih “Forget Network.” Sebagai tindakan pencegahan ekstra, Anda juga harus mengaktifkan “Ask to Join Networks” yang juga ditemukan dalam menu jaringan Wi-Fi.

Nah, sekarang anda tahu, bukan bagaimana cara aman memakai wi-fi umum. Penting sekali karena saat ini banyak sekali pembajakan atau kejahatan yang dilakukan pada internet. Selamat mencoba…

Leave a Response


Warning: Cannot assign an empty string to a string offset in /home/anugrahx/public_html/wp-includes/class.wp-scripts.php on line 445