close
Laptops & PCs TipsTips & Trick

Ini Cara Memperbaiki USB Device Not Recognized dengan Mudah

USB Device Not Recognized

Anda pasti pernah mengalami beberapa masalah pada komputer atau laptop, salah satunya munculnya USB Device Not Recognized. Apa sebenarnya arti tulisan itu? Mungkin banyak pengguna yang belum memahami hal ini. Berikut ini merupakan beberapa cara memperbaiki USB Device Not Recognized yang bisa dilakukan dengan mudah.

Mencabut dan memasang USB Drive

Hal pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan cara mencabut dan memasang kembali USB Drive atau flashdisk. Mengapa harus melakukan hal ini? Biasanya komputer atau laptop akan me-refresh pada saat Anda mencoba untuk kembali terhubung.

Mencabut kabel power supply

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan cara mencabut kabel power supply. Hal ini perlu dilakukan karena terkadang motherboard memang butuh direstart.

Mencabut USB Drive dan memasukkan ke Port yang berbeda

Apabila Anda mencoloknya pada port di sisi kanan, kemudian masalah USB Device Not Recognized muncul, sebaiknya Anda mencabut dan memasang lagi pada port yang berbeda. Biasanya isu seperti ini terkadang muncul akibat port yang sudah tidak terlalu berfungsi.

Melakukan restart pada komputer

Cara lain yang bisa dilakukan ialah dengan cara melakukan restart pada laptop atau komputer Anda. Dengan cara ini Anda bisa menjalankan kembali proses secara otomatis di background. Mungkin saja pada saat Anda menyalakan sebelumnya, sistem belum sepenuhnya ter-load.

Memperbarui driver perangkat USB

Terkadang, masalah USB Device Not Recognized seperti ini akibat Windows belum diperbarui untuk masalah penerimaan USB Drive. Oleh karena itu, Anda harus mengupdate driver terlebih dahulu, dengan cara klik Start atau Run dan ketik devmgmt.msc, masuk ke Device Manager, klik Universal Serial Bus, dan cari Unknown Device. Setelah itu klik kanan pada Unknown Device, dan pilih Update Driver. Proses update pun selesai.

Itu tadi beberapa cara memperbaiki masalah USB Device Not Recognized dengan mudah pada laptop maupun komputer Windows milik Anda. Bagaimana, mudah bukan caranya?

Tags : Cara Memperbaiki USB Device Not RecognizedUSB Device Not Recognized
Cynthia Cecilia

The author Cynthia Cecilia

A writer and startup enthusiast

Leave a Response