SHARE

Saat ini ponsel sudah sama pentingnya dengan perangkat lainnya seperti laptop atau komputer. Wajar saja karena perangkat yang satu ini mudah digenggam, sehingga penggunanya pun bisa dengan mudah mengakses beragam informasi serta layanan yang berbasis internet. Namun Anda juga harus tetap mengingat bahwa internet juga merupakan gerbang dalam menuju berbagai hal yang cukup berbahaya. Berbagai risiko pun dapat muncul, seperti pencurian data hingga infeksi malware yang dapat merusak sistem komputasi pada ponsel.

mengamakan ponsel

Berikut ini merupakan beberapa saran yang diberikan oleh Google terkait pengamanan yang bisa dilakukan oleh pengguna ponsel agar dapat terbebas dari potensi kejahatan berbasis internet.

Lebih berwaspada ketika download

Langkah pertama yang bisa dilakukan ialah lebih berhati-hati ketika men-download sesuatu, baik itu aplikasi, lagu, video, foto, dan file lainnya. Perhatikan terlebih dahulu review pengguna lain, sistem, dan kebijakan privasi yang ada pada aplikasi. Dengan melakukan cara ini, Anda bisa melihat apakah ada keanehan pada review atau syarat yang diminta oleh sistem. Sebaiknya Anda selalu men-download dari jalur resmi seperti Apple Store dan Google Play Store.

Memasang kunci

Jangan pernah membiarkan ponsel Anda tidak terkunci karena siapapun bisa masuk ke dalamnya tanpa ada usaha keras yang dilakukan. Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan memasang kunci pada layar akan semakin terjamin keamanannya dari orang yang tidak bertanggungjawab. Anda bisa menggunakan password, PIN, atau pattern lock. Tergantung mana yang paling mudah untuk Anda.

Jangan asal menggunakan Wi-Fi

Bagi Anda yang suka menggunakan Wi-Fi umum, sebaiknya lebih berhati-hati mulai dari sekarang. Jaringan Wi-Fi yang terbuka tanpa kunci dan enkripsi biasanya rentan dimanfaatkan sebagai gerbang pencurian data. Sehingga bisa saja pemilik layanan mengawasi segala lalu lintas data yang melalui jaringannya, termasuk informasi pribadi Anda. Sebaiknya Anda jangan melakukan transaksi online atau perbankan ketika Anda menggunakan WiFi publik.

Memasang Android Device Manager

Agar ponsel semakin aman, Anda bisa memasang Android Device Manager atau aplikasi sejenis lainnya, seperti Find My iPhone pada ponsel. Mengapa aplikasi ini begitu penting? Saat ponsel tiba-tiba hilang, aplikasi ini dapat membantu Anda untuk mencari lokasi dari jarak jauh, kemudian menyembunyikan telepon hingga mengunci dan menghapus seluruh isi yang ada pada ponsel.

Melindungi dan mengingatkan anak-anak

Apabila Anda sudah berkeluarga, jangan lupa untuk memberikan pemahaman mengenai keamanan online sebelum memberikan ponsel pada anak-anak. Perhatikan juga situs mana saja yang aman untuk mereka kunjungi dan informasi seperti apa yang boleh serta tidak boleh diberikan pada orang lain. Bekali juga anak-anak dengan pengetahuan tentang PIN atau password. Apabila mereka menerima pesan yang meminta informasi pribadi, mintalah agar mereka memberi tahu orang tuanya. Dengan bergitu, informasi pribadi dan nomor-nomor kontak di dalamnya akan tetap aman dari intipan pihak lain jika ponsel dicuri sekalipun.

Itu tadi beberapa cara mengamankan ponsel dari kejatan cyber yang bisa menghampiri Anda. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here