SHARE

Kamera CCTV memang memiliki banyak fungsi bagi para penggunanya, antara lain membantu pemantauan dengan mudah, meningkatkan kinerja karyawan di perusahaan, mencegah kriminalitas, melakukan penyelidikan, hingga sebagai barang bukti. Bagi orang awam, kamera CCTV bisa digunakan untuk memantau kamar pribadi di rumah, kamar kost, ruang tamu, maupun ruang kerja agar lebih aman.

CCTV

Saat ini Anda bisa memanfaatkan smartphone Android sebagai CCTV. Anda hanya membutuhkan aplikasi di dalam smartphone tersebut, charger, dan jaringan Wi-Fi atau koneksi internet dengan minimal 3G. Lalu bagaimana caranya?

Cara pertama yang bisa dilakukan ialah dengan menggunakan aplikasi Web of Cam. Unduh dan install aplikasi ini pada smartphone Anda. Sebenarnya aplikasi ini tidak hanya tersedia untuk perangkat Android saja, tapi juga tersedia pada sistem operasi iOs dan Symbian. Setelah diunduh, Anda akan diminta untuk memasukkan akun Google saat aplikasi akan dijalankan. Aplikasi ini memang membutuhkan akun Google agar bisa beroperasi.

Setelah akun Google terverifikasi, maka akan tampil dua pilihan, yaitu ‘camera’ atau ‘viewer’. Pilihan ‘camera’ akan menjadikan smartphone Android sebagai web cam atau CCTV. Sedangkan pilihan ‘viewer’ akan menjadikan smartphone Android menjadi pemantau smartphone yang digunakan sebagai CCTV. Apabila Anda memilih opsi ‘camera’, maka aplikasi akan mulai mengaktifkan kamera belakang, kemudian menunggu perangkat lainnya untuk menjadi ‘viewer’. Nantinya aplikasi ini akan beroperasi di latar belakang serta membuat video selalu streaming.

Smartphone Android Anda mungkin tidak akan selalu menyala 24 x 7. Sehingga Anda harus men-charge ponsel pintar tersebut agar tetap hidup. Kemudian pastikan smartphone telah terkoneksi dengan internet atau jaringan Wi-Fi. Tempatkan smartphone pada tempat yang lebih tinggi agar wilayah yang terpantau cukup luas.

Hal yang perlu diingat, Anda juga perlu memasangkan aplikasi yang sama pada ponsel Android lainnya lagi. Setelah Anda men-ginstall, tekan opsi ‘viewer’. Kamera yang terdeteksi akan muncul dalam daftar di ‘Available Cameras’. Anda tinggal memilih yang telah dipasangkan sebagai CCTV, kemudian dua perangkat Android Anda telah siap memantau lokasi yang diinginkan.

Cukup mudah bukan caranya? Hanya dengan memakai aplikasi Web of Cam, Anda sudah bisa menjadikan smartphone Anda sebagai CCTV. Anda pun bisa mengontrolnya dari jarak jauh, mengganti kamera depan dan belakang, meng-capture gambar, hingga menyalakan LED Flash sebagai sumber cahaya. Apapun kondisi ruangan, Anda tetap bisa melihatnya dengan menempatkan CCTV via smartphone. Anda sudah siap untuk bereksperimen?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here