close
Smartphones & Gadgets TipsTips & Trick

Cari Tahu Apakah Android Anda Terkena Malware Berbahaya dengan Cara Ini!

Android

Android merupakan sistem operasi yang memiliki lisensi Open Source, sehingga dapat dikembangkan oleh siapa saja. Bahkan banyak programmer yang mampu membuat aplikasi berbasis sistem operasi milik Google ini. Sehingga tidak heran jika smartphone Android memiliki sistem keamanan yang rendah. Salah satu ancaman keamanan yang membuat khawatir para pengguna Android ialah malware QuadRoot.

Apabila smartphone Android terserang malware, maka hal ini akan sangat mengkhawatirkan. Ada malware jahat yang bisa mencuri semua data dan informasi pribadi pada smartphone. Mulai dari foto, data diri, hingga data perbankan. Bahaya bukan? QuadRoot memang sangat berbahaya karena malware yang satu ini dapat memberikan akses istimewa untuk masuk ke sistem smartphone, sehingga QuadRoot bisa mencuri semua data yang ada di smartphone Android. Sejauh ini QuadRoot memang telah menginfeksi lebih dari 900 juta perangkat smartphone Android yang menggunakan chipset Snapdragon. Bahkan beberapa smartphone terbaru seperti BlackBerry DTEK50, Nexus 5, Nexus 6, hingga Samsung Galaxy S7 Edge juga terserang. Untuk mengetahui apakah smartphone Anda terserang QuadRoot maupun malware lainnya, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

Untuk mengetahuinya, silakan download QuadRooter Scanner, kemudian lakukan proses scanning, dan lihat hasilnya. QuadRooter Scanner bukanlah aplikasi antivirus terbaik yang bisa digunakan untuk mencegah dan mendeteksi virus lain. Dan jika ternyata smartphone kamu terjangkit QuadRooter, satu-satunya cara mencegahnya adalah dengan menunggu update Patch terbaru dari vendor dan pihak Qualcomm.

Selain QuadRooter, masih banyak virus Android berbahaya lainnya, seperti virus Shedun yang bisa membuat smartphone kamu jadi lumpuh. Saking banyaknya virus yang menyerang smartphone Android, sistem operasi terbaru seperti Android Lollipop dan Marshmallow saja sudah mulai diserang virus. Untuk berjaga-jaga dan mencegah smartphone Android dari malware atau virus berbahaya lainnya, kamu bisa menggunakan beragam aplikasi antivirus Android terbaik di smartphone, seperti Avast, AVG, dan BitDefender.

Ketika Anda melakukan scanning menggunakan antivirus terbaik dan ternyata smartphoneAnda terkena malware, jangan langsung panik. Beberapa aplikasi antivirus untuk Android telah dibekali dengan fitur karantina dan penghapus malware. Namun ingat, selalu gunakan Antivirus berbayar yang di-download dari Google Play Store, jangan download dari luar Play Store. Apabila Anda merasa malas membayar versi berbayar antivirus di Google Play Store, Anda bisa mencoba masuk ke Safe Mode untuk menghapus malware di smartphone.

Tags : androidsmartphone Androidvirusvirus malware
Cynthia Cecilia

The author Cynthia Cecilia

A writer and startup enthusiast

Leave a Response