SHARE

Tidak bisa dipungkiri bahwa kita memang sering melakukan sebuah kebiasaan yang dapat dikatakan buruk bagi sebuah smartphone, yakni mencolokkan charger smartphone secara terus menerus ke colokan listrik, bahkan ketika tidak digunakan sekalipun. Hal ini banyak membuat bingung beberapa pengguna, apakah mencolokkan charger saat digunakan dapat membuat dampak buruk atau tidak pada smartphone. Entah itu komponen menjadi cepat rusak atau listrik menjadi semakin boros Dilema ini sebaiknya harus segera dijawab.

charger

Beberapa penguji dari How-to Geek menjawab pertanyaan ini dengan melakukan demonstrasi yang cukup meyakinkan dengan cara memasang sebuah pengukur Watt bernama Kill a Watt untuk mengetahui berapa banyak daya yang dibutuhkan charger smartphone saat terpasang di stop kontak. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak charger smartphone menyerap daya saat tidak dicabut dari colokan listrik yang ada di rumah.

Ternyata hasilnya cukup mengejutkan karena sebuah charger yang dipasang sebagai alat tes dari percobaan ini tidak mengubah angka Watt yang tertera pada alat Kill a Watt tersebut. Mungkin itu hanya daya yang terlalu kecil dan tidak sanggup untuk ditampilkan oleh alat pendeteksi Watt tersebut Kemudian mereka pun mencoba kembali dengan cara yang lebih ekstrim. Mereka mencoba memasang enam charger dari enam perangkat yang berbeda secara bersamaan demi mengungkap kembali berapa Watt yang dibutuhkan jika stop kontak terpasang oleh banyak charger.

Ternyata hasilnya juga masih di luar dugaan. Total Watt yang dibutuhkan oleh enam charger yang dipasang secara bersamaan tersebut hanya berjumlah 0,3 Watt saja. Tentu saja untuk jumlah daya seperti itu tidak dikatakan boros. Dahulu memang ada istilah yang sering kali muncul di internet maupun di poster-poster yang terpasang di berbagai tempat, yakni mengenai penyedot daya yang tidak kita sadari di rumah. Daya tersebut disedot melalui berbagai charger yang terpasang tanpa dipakai dan mereka akan mengonsumsi daya secara perlahan namun pasti. Ternyata melalui percobaan ini kita menjadi tahu bahwa Watt yang dibutuhkan oleh charger ketika tidak digunakan rupanya kecil sekali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here