Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-utils.php on line 26

Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-utils.php on line 26

Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-person.php on line 152

Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-person.php on line 230

Notice: Trying to get property of non-object in /home/anugrahx/public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/frontend/schema/class-schema-person.php on line 236
close

Dell Latitude 10: Bentuk Tablet, Performa Laptop

Dell Latitude 10 5
Dell Latitude 10[Review Tablet Dell Latitude 10] – Dengan dirilisnya Windows 8, terlihat seperti memberikan sebuah jembatan tersendiri antara tablet dengan laptop. Meskipun kebanyakan tablet masing menggunakan prosesor ARM, tampaknya kini sudah tidak bisa diragukan lagi kekuatannya. Prosesor ARM kini hadir dengan core yang lebih banyak dan didukung oleh 3D grafik pula. Windows 8 memang memiliki antar muka seperti perangkat mobile, tapi kini telah menambahkan beberapa penyesuaian agar lebih nyaman untuk digunakan dalam PC maupun tablet.

Overview

Kebanyakan pengguna mungkin masih terlalu familiar dengan prosesor Intel Atom. Oleh sebab itu, Dell menggunakan prosesor Intel Atom generasi terbaru untuk digunakan pada tablet andalan mereka. Intel Atom sendiri telah merilis versi baru prosesornya yang diberi nama Intel Atom Z2760. Prosesor ini telah digunakan dibeberapa tablet dengan sistem operasi Windows 8 dan kini menjadi awal bersaingnya prosesor tersebut dengan beberapa prosesor ARM. Tablet Dell Latitude 10 inci sendiri menggunakan prosesor Intel Atom yang memiliki arsitektur 32-bit dual-core. Mungkin arsitektur tersebut tidak secepat arsitektur CPU dari PC/laptop, namun dengan tenaga yang di konsumsi hanya sebesar 1.7 watt, membuat tablet ini mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama. Dell Latitude 10 inci sendiri juga dilengkapi dengan RAM sebesar 2 GB dan tempat penyimpanan sebesar 64 GB.

Dell Latitude 10
Bagian belakang Dell Latitude 10

Salah satu hal yang paling menarik dari Dell Latitude 10 inci adalah tablet ini di desain untuk memiliki performa hampir mirip dengan laptop yang biasa kita gunakan sehari-hari. Meskipun tidak semua fitur mirip dan seluruh interface sama dengan milik laptop, tablet ini tampak cocok jika digunakan untuk berbagai kegiatan anda. Dell juga melengkapi produknya dengan berbagai aksesoris yang mendukung pekerjaan pengguna seperti keyboard dan dock. Selain itu, baterai dari tablet ini bisa diganti, sehingga ketika terjadi kerusakan sewaktu-waktu, kita bisa menggantinya dan tidak mempengaruhi kinerja dari laptop. Secara keseluruhan tablet Dell Latitude 10 inci ini cocok sebagai perangkat untuk menggantikan PC/laptop.

Dell juga menawarkan berbagai konfigurasi perangkat yang berbeda. Pembeli bisa menentukan spesifikasi tablet Dell Latitude 10 inci, mulai dari pemilihan baterai (menginginkan baterai dengan kapasitas 10 Wh atau 60 Wh), Pemilihan tempat penyimpanan (tempat penyimpanan 32 GB atau 64 GB) dan memilih modul UMTS. Dengan tablet yang dilengkapi oleh prosesor Intel Atom dan sistem operasi Windows 8, Dell tampaknya membidik pasar tablet untuk keperluan bisnis dibandingkan dengan pengguna rumah biasa. Tablet ini dibandrol dengan harga yang sedikit agak mahal, yaitu sebesar 10 jutaan. Dengan fitur yang berguna seperti TPM chip, harga yang mahal, sesuai dengan kualitas yang akan di dapatkan.

Review Dell Latitude 10 inci

1. Desain

Dell Latitude 10 inci hanya memiliki 1 warna, yaitu hitam. Pada bagian sampingnya dilengkapi dengan bezel glossy. Pada bagian belakang, memiliki warna hitam doff dan memiliki desain yang cukup unik. Sedangkan pada bagian sisi pingginya, dilengkapi dengan karet yang anti air. Serta pada layarnya, dilengkapi dengan teknologi kaca Corning Gorilla Glass yang mampu memiliki kemampuan anti-gores dan tahan panas. Dibagian depan dari tablet Dell, terdapat sebuah tombol kecil yang juga di desain minimalis untuk memberikan opsi pilihan yang lebih ketika di tekan. Pada bagian belakang tablet, Dell menggunakan bahan berupa magnesium untuk meningkatkan ketahanan bodi dari tablet. Menurut kami tablet Dell Latitude 10 inci ini cukup kuat dan secara desain juga terlihat bagus.

Dell Latitude 10
Sisi bagian kanan Dell Latitude 10
Dell Latitude 10
Sisi bagian kiri Dell Latitude 10
Dell Latitude 10
Sisi bagian bawah Dell Latitude 10
Dell Latitude 10
Sisi bagian atas Dell Latitude 10

Dell Latitude 10 inci memiliki berat sebesar 820 gram (1.81 pound), bisa dibilang yang paling berat diantara tablet 10 inci dengan sistem operasi Windows 8.

2. Layar

Dell Latitude 10
Layar Dell Latitude 10

Pada bagian layar dari Dell Latitude 10 inci,  dilengkapi dengan active digitizer yang mampu memberikan respon aktif pada layar sentuhnya untuk bisa mendeteksi sentuhan baik dari jari maupun dari bolpoin stylus. Layar 10 inci pada tabet Dell memiliki resolusi sebesar 1366×768 pixel, yang merupakan standart ukuran resolusi layar 10 inci. Dengan terdapatnya port HDMI, Latitude 10 inci sudah didukung oleh resolusi Full HD untuk external monitor. Rata-rata tingkat kecerahan layar pada tablet ini adalah sebesar 450 cd/m², dengan tingkat kecerahan layar yang cukup tinggi tablet Dell ini masih bisa digunakan dibawah sinar matahari langsung. Sayangnya, bagian glossy pada layar ini memantulkan sinar matahari langsung dan hal ini cukup menggangu. Tapi, kebanyakan tablet juga mengalami hal yang sama. Rasio kontras dari layar tablet Dell Latitude 10 inci juga cukup baik yaitu sebesar 1516:1.

Temperatur dari layar tablet Dell Latitude 10 inci adalah sebesar 6500 Kelvin. Pada keadaan outdoor layar dari Dell Latitude 10 inci, cukup terlihat bagus dan nyaman ketika akan digunakan. Dengan berbagai kelebihan yang ada diatas, layar tablet ini juga cukup nyaman dilihat dari berbagai sudut.

3. Interface & Konektivitas

Meski dock untuk tablet tersedia hanya sebagai aksesoris, Dell Latitude 10 masih memiliki banyak opsi pilihan interface yang bisa membantu pekerjaan anda. Pada bagian sisi sebelah kanan, Dell menambahkan port untuk USB 2.0. Beberapa tablet dengan sistem operasi Windows 8 dan prosesor Intel Atom, juga memiliki interface yang sama. Sayangnya, ketika aksesoris dock untuk tablet juga menggunakan port USB 2.0, sehingga anda tidak bisa menggunakan port tersebut untuk port USB lainnya. Anda tidak perlu khawatir, karena aksesoris dock dari Dell telah dilengkapi dengan 5 port USB. Pada bagian bawah dari port USB, terdapat interface untuk HDMI dan pada bagian atas terdapat interface untuk 3.5 mm audio jack, yang bisa menerima input berupa headphone, speaker dan microphone. Pada bagian bawah dari tablet, terdapat interface yang bisa digunakan untuk melakukan pengisian baterai. Ketika anda ingin memasukan microSIM, anda terlebih dahulu harus melepas baterai yang ada.

Selain dilengkapi dengan berbagai interface penunjang, Dell Latitude 10 juga memiliki konektivitas berupa Dell Wireless 1536C yang sudah mendukung perangkat standart WLAN 802.11 a/b/g/n. Pada Windows tray, kita bisa melihat virtualisasi sinyal Wi-Fi berupa baris. Ketika menggunakan tablet Dell ini, kami hanya mendapatkan sinyal sebesar 2 baris ketika posisi kami berada sekitar 10 meter dari router pemancar sinyal. Sebagai tambahan, Dell juga memberikan konektivitas Bluetooth versi 4.0 LE (low energy). Latitude 10 juga memiliki modul 3G/UMTS yang bertanggung jawab untuk mendapatkan sinyal dan koneksi internet dari ISP. Selain itu, perangkat tablet ini juga memiliki kemampuan sinyal HSPA+ yang secara teori mampu menerima kecepatan koneksi hingga 42.2 Mbit/s.

4. Perangkat lunak

Dell Latitude 10 telah dilengkapi sistem operasi Windows 8 sebagai perangkat bawaannya. Seperti biasanya, Windows 8 menawarkan sebuah kemudahan menggunakan sistem operasi Windows. Dengan bentuk tile program yang minimalis dan menggunakan flat icon menambah kesan yang cukup indah dan eye catching. Pada Windows 8 kini telah dilengkapi dengan voice control (kontrol sistem via suara). Sayangnya, kita masih harus memerintahkannya dengan sedikit lebih keras dan terkadang ketika kita menggunakan fitur ini, program akan memakan waktu yang sedikit lebih lama untuk bekerja.

5. Kamera & Multimedia

Dell Latitude 10 memiliki 2 buah kamera yang terdapat pada bagian depan dan belakang. Pada bagian belakang, 8-megapixel kamera yang memiliki resolusi sebesar 3264×2448 pixel siap untuk memanjakan anda. Dalam keadaan minim cahaya, kamera pada tablet ini menghasilkan cukup banyak noise. Tak perlu khawatir, karena pada bagian belakang dilengkapi dengan LED flash yang akan membantu anda dalam memotret pada keadaan minim cahaya. Dengan kualitas yang cukup bagus, kami yakin anda tidak akan merasa rugi.

Pada bagian depan, terdapat kamera yang memiliki kekuatan sebesar 2-megapixel. Hasil dari tangkapan gambarnya pun bisa dibandingkan dengan kamera milik laptop. Jika anda menggunakannya untuk melakukan video call hasinya juga sudah lumayan, bahkan terkesan cukup bagus.

Kesimpulan

Dell Latitude 10 menawarkan kepada anda sebuah perangkat dengan desain bodi dan sekuritas yang cukup kuat, namun tetap memberikan tampilan yang bagus dan mencuri perhatian. Dell mendesain tablet ini untuk digunakan sebagai keperluan bisnis dan perkantoran. Mungkin masih banyak lagi tablet yang memiliki performa lebih bagus dengan harga yang lebih mahal, tapi jika anda menggunakannya untuk keperluan bisnis dan perkantoran, Dell Latitude 10 ini telah mampu mengakomodasi segala bentuk kegiatan bisnis dan perkantoran anda, sehingga anda tidak perlu membeli tablet yang lebih mahal.

Dell Latitude 10
Dell Latitude 10

Jika bentuk dan bahan dari bodi tidak terlalu menjadi bahan pertimbangan nomer satu anda, bentuk dan bahannya kami kira sudah cukup kuat dan mengakomodasi, hanya saja tablet ini sedikit lebih berat. Beralih ke tampilan layar, layar dari Dell Latitude 10 ini cukup impresif. Tingkat kecerahan layar yang tinggi membuat pengguna bisa mengakses tablet ini dimanapun dan kapanpun. Meski layar memancarkan sinar matahari, hal tersebut tidak akan mempengaruhi kinerja anda. IPS panel yang terdapat pada layar pun juga memberikan keseimbangan untuk bisa dilihat pada berbagai sisi. Secara keseluruhan, kualitas layar dari Dell Latitude 10 tidak kalah dengan beberapa tablet yang memiliki harga lebih mahal.

Jika pekerjaan anda berhubungan dengan kegiatan multimedia, anda bisa memilih tablet lain. Dell Latitude 10 tidak di desain untuk bisa memenuhi kebutuhan para pengguna yang membutuhkan pekerjaan berbau grafis. Dell Latitude 10 lebih di desain untuk digunakan menangani pekerjaan kantoran. Selain itu, jika anda menggunakannya untuk mendengarkan musik dan memainkan film, lebih baik anda menggunakan headphone karena suara dari speaker Dell Latitude 10 ini tidak terlalu keras.

Perangkat tablet Dell ini memiliki banyak sekali aksesoris yang bisa memudahkan anda. Salah satu aksesoris tersebut adalah dock. Dengan menggunakan dock, anda bisa mengoperasikan tablet ini dengan mudah. Selain itu dock telah dilengkapi dengan beberapa port USB dan satu port HDMI tambahan. Pengguna juga bisa menggunakan bolpoin stylus untuk bisa menggunakan tablet sebagai tampat mencatat pekerjaan, tugas, atau mungkin jadwal.

Performa dari Dell Latitude 10 ini sebenarnya cukup handal jika digunakan sebagai perangkat pendukung pekerjaan kantor atau bisnis. Jika anda terlalu berat membawa laptop saat bekerja, namun tetap membutuhkan perangkat yang bisa memberikan komputasi yang cukup kompleks, Dell Latitude 10 bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda.

Leave a Response


Warning: Cannot assign an empty string to a string offset in /home/anugrahx/public_html/wp-includes/class.wp-scripts.php on line 454