close
epson eb-X200 1
epson eb-X200 14“Epson EB-X200 didesain untuk bisa memenuhi kebutuhan dan memudahkan pengguna” Tagline tersebut digunakan oleh pihak Epson saat peluncuran proyektor Epson jenis EB-X200. EB-X200 tidak hadir dengan sendirian, karena jenis ini memiliki saudara yang juga memiliki desain dan model yang hampir sama, yaitu EB-S200. Selain desain dan model yang hampir sama, proyektor ini juga hampir memiliki fitur dan spesifikasi yang hampir mirip. Kedua proyektor ini juga ditujukan untuk penggunaan kalangan kelas menengah ke bawah. Harga yang bisa dibilang cukup terjangkau serta kemampuan yang lumayan dan fitur yang cukup lengkap, membuat proyektor ini tergolong proyektor yang dicari pada pasaran proyektor.

Pada artikel ini, kami akan memberikan review mengenai salah satu dari kedua produk diatas, yaitu Epson EB-X200. Dalam artikel ini, kami akan memberikan ulasan yang lengkap mengenai produk ini, sehingga pengguna bisa mengetahui produk ini secara mendetail juga.

Overview

Epson EB-X200 ini hadir di dalam naungan PT. Epson Indonesia. Epson juga tampaknya tak ingin mengecewakan penggunanya dengan menghadirkan produk yang tidak memiliki kualitas yang baik. Epson, membuat proyektor ini dengan harga yang cukup terjangkau namun tetap memiliki kemampuan yang tinggi. Proyektor ini juga merupakan proyektor entry-level yang dirancang khusus agar lebih bisa mengakomodasi kebutuhan dari para pengguna yang ada di Indonesia.

epson eb-X200
Bagian depan Epson EB-X200

Seri Epson EB-X200 merupakan proyektor yang muncul dengan menggantikan seri yang sebelumnya, yaitu Epson EB-X100. Epson tampaknya meraih kesuksesan yang cukup tinggi dari seri EB-X100, sehingga pihak Epson melakukan pembaharuan di beberapa bagian untuk membuat produk sebelumnya lebih sempurna. Dengan adanya seri EB-X200, Epson berharap jika proyektor ini mampu menyamai keunggulan dari seri-seri sebelumnya. Keunggulan dari dan keuntungan dari seri sebelumnya juga terdapat dari proyektor ini. Selain itu, fitur-fitur baru juga sangat mendukung kebutuhan pengguna untuk melakukan berbagai kegiatan presentasi. Dengan performa yang cukup tinggi, pengguna akan mendapatkan kenyamanan yang tinggi pula.

epson eb-X200
Bagian belakang Epson EB-X200

Proyektor ini memiliki resolusi sebesar 1024×768, resolusi tersebut telah cukup untuk menampilkan gambar HD dengan baik dan sering juga disebut dengan output XVGA. Rasio kontras pada proyektor memiliki ukuran sebesar 10.000:1. Proyektor Epson EB-X200 menggunakan lensa digital yang mampu melakukan perbesaran optimal. Dengan menggunakan lensa tersebut, proyektor bisa melakukan perbesaran hingga 1.2 kali. Pengguna juga dengan mudah bisa menyambungkan proyektor ini dengan fitur USB Direct Display. X200 juga memiliki fitur Instant Off, dengan adanya fitur tersebut proyektor akan secara otomatis mati ketika tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama. Pada saat berada dalam posisi stand by proyektor hanya menggunakan daya sebesar 0.4W. Dan pada saat beroperasi, proyektor ini menggunakan daya sebesar 270W.

Epson EB-X200 telah menggunakan teknologi 3LCD. Dengan teknologi 3LCD, proyektor mampu memproduksi gambar yang cukup tajam dan lebih jelas serta bersih. Perbedaan teknologi ini dengan teknologi sebelumnya adalah, dengan adanya teknologi ini proyektor mampu menghasilkan 3 warna dasar yaitu merah, hijau dan juga biru. Proyektor ini memiliki kekuatan sebesar 2700 lumens. Spesifikasi tersebut tentunya cukup besar untuk seri dengan harga yang berkisar diangka 5 jutaan. Semakin besar lumens yang dimiliki, maka proyektor akan semakin mampu memproduksi tingkat kecerahan warna yang semakin tinggi pula. Epson menggaransi lampu dari proyektor ini ketika telah digunakan hingga pemakaian 1000 jam atau selama 2 tahun.

Fitur-fitur pada Epson EB-X200

Rasanya tidak adil ketika membahas sebuah produk tanpa mengetahui fitur-fitur yang ditawarkan oleh produk tersebut. Epson EB-X200 memiliki fitur yang cukup kaya atau bisa dikatakan banyak. Berdasarkan kemudahannya, kami membaginya menjadi 2 kelompok fitur, yaitu Fitur operasional dan Fitur untuk pengguna (user).

1. Fitur operasional

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan fitur operasional? Pada proyektor Epson EB-X200 terdapat berbagai fitur yang mampu memudahkan kegiatan operasional pengguna. Dengan berbagai fitur ini pengguna akan mendapatkan kemudahan dalam melakukan pekerjaannya, terutama pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan presentasi. Berikut merupakan beberapa fitur tersebut:

  • Transmisi Wireless

Dengan adanya teknologi trasmisi wireless, pengguna Epson EB-X200 akan mendapatkan kemudahan dalam hal konektivitas. Hal tersebut secara tidak langsung membuat proyektor ini menjadi lebih fleksibel dan juga portable. Pengguna akan mudah menggunakan proyektor ini dimanapun dan kapanpun. Selain itu, pengguna akan mudah membagikan atau mentransmisikan gambar, dokumen dan berbagai berkas yang lainnya. Hal tersebut dikarenakan proyektor ini memiliki software pendukung bernama Epson iProjection yang digunakan untuk melengkapi kebutuhan pengguna.

epson eb-X200
Transmisi wireless pada Epson EB-X200

Lebih istimewanya lagi, Epson iProjection bisa diakses dan digunakan pada perangkat smartphone Android atau Apple milik anda. Meski tampilan dari perangkat lunak ini tidak ada yang istimewa, namun kegunaan dari software ini cukup vital dan membantu.

  • Epson iProjection

Epson EB-X200 dilengkapi dengan aplikasi yang cukup mendukung produktivitas pengguna, yaitu Epson iProjection. Epson iProjection ini mampu berjalan pada perangkat iOS atau Android, dengan adanya fitur transmisi wireless membuat perangkat mobile anda mampu berinteraksi dengan baik dengan proyektor. Hal tersebut membuat proyektor ini bisa dikatakan menjadi salah satu perangkat pintar.

epson eb-X200
Epson iProjection

Fitur ini memperbolehkan/mendukung pengguna untuk bisa melakukan transfer berbagai file yang ada pada ponsel pintar anda dan menampilkannya. Sangat memudahkan pengguna dan bisa dibilang tidak cukup rumit. Hebatnya lagi, pengguna bisa melakukan kontrol terhadap konten yang ditampilkan dengan menggunakan smartphone mereka. Ketika pengguna melakukan perbesaran hanya dengan menggeserkan 2 jari mereka, proyektor juga akan menampilkan dan melakukan hal yang sama. Hal tersebut berlaku bagi semua kondisi.

  • Rasio kontras yang tergolong tinggi

Proyektor ini mampu menghasilkan rasio kontras yang cukup tinggi, yaitu sebesar 10000:1. Dengan rasio kontras yang cukup tinggi, anda dapat menyajikan presentasi yang cukup jelas dan detail. Tidak hanya itu, tampilan dari proyektor juga tergolong cukup bagus serta halus. Para audience yang datang dalam presentasi anda juga tidak akan terganggu oleh tampilan yang tidak seberapa bagus.

Sebenarnya untuk proyektor menengah ke atas, rasio kontras sebesar 10000:1 bukanlah hal yang bisa dibanggakan, karena memang hal tersebut merupakan standard dari proyektor. Namun karena Epson EB-X200 merupakan perangkat entri level, maka hal tersebut sudah cukup membantu pengguna.

  • Kontrol sliding horisontal

Ketika anda ingin menyajikan presentasi yang cukup bagus dalam sebuah ruangan, maka Epson EB-X200 ini mampu menentukan besar layar yang sesuai dengan ruangan tersebut agar seluruh orang yang hadir mampu menikmati presentasi yang anda sajikan. Anda bisa menyajikan presentasi yang bagus dengan menggunakan kontrol yang bisa dioperasikan dengan cara menggeserkannya. Kontrol ini sebelumnya jarang digunakan oleh proyektor jenis lainnya. Dengan bentuknya yang horisontal, tentunya akan memudahkan pengguna untuk mengatur besar layar secara mudah, cepat dan akurat, bahkan di tempat-tempat yang memiliki ruang terbatas.

epson eb-X200
Kontrol sliding horisontal pada Epson EB-X200

Kontrol ini dilengkapi dengan teknologi deteksi secara auto. Teknologi tersebut membuat proyektor bisa membaca tempat yang digunakan untuk menampilkan secara cepat dan menyesuaikan besar tampilan dengan cepat pula. Dengan adanya teknologi ini, pengguna akan secara otomatis menghemat waktu. Selain itu, dengan adanya fitur ini anda bisa secara otomatis mendeteksi distorsi vertical dan membenahinya secara instan.

  • Shutter lensa

Sebenarnya ini merupakan fitur yang cukup simple, tapi justru kadang perusahaan tidak terpikir. Fitur shutter lensa ini memperbolehkan pengguna untuk bisa menutup lensa. Tampaknya epson lebih mengembangkan fitur ini, tidak hanya mematikan dan membuat layar menjadi hitam, namun ketika shutter ditutup, seluruh suara dan gambar yang ditampilkan akan secara langsung dimatikan.

epson eb-X200
Shutter lensa

Selain itu, fitur ini juga bisa digunakan sebagai alternatif ketika ada beberapa hal yang tidak penting tiba-tiba ditampilkan oleh presentator ataupun oleh PC/smartphone pengguna. Ketika shutter lensa ini ditutup selama 30 menit, pengguna akan menghemat masa hidup lampu dan menurunkan konsumsi tenaga yang dibutuhkan. Fitur yang terlihat simple ini mampu membuat perangkat Epson EB-X200 menjadi proyektor yang hemat daya.

  • Konektivitas HDMI dan USB
epson eb-X200
Koneksi HDMI

Dengan adanya koneksi port HDMI dan USB pada proyektor Epson EB-X200 membuat pengguna akan lebih mudah melakukan transmisi gambar digital dan juga suara. Selain itu, pengguna juga bisa menampilkan gambar atau suara dalam kualitas tinggi (HD). Dengan koneksi digital seperti diatas, pengguna akan mampu menghasilkan presenstasi yang cukup jelas dan secara tak langsung meminimalisir noise yang ada.

epson eb-X200
Koneksi USB secara langsung

Sisi lain yang bisa dimaksimalkan dari port USB yang ada adalah anda bisa dengan mudah menampilkan gambar dengan berbagai ekstensi seperti JPEG, BMP, PNG atau GIF secara langsung. Proyektor akan menampilkan gambar secara slideshow. Jika anda memiliki perangkat Document Camera, seperti Epson Portable Document Camera ELPDC06, anda bisa menyambungkannya via USB pula. Tanpa perlu menggunakan komputer atau perangkat apapun, anda bisa menampilkan dokumen tersebut ke dalam presentasi anda. Cukup mudah dan cukup menghemat waktu bukan?

epson eb-X200
Koneksi USB dengan Document Camera
  • Receiver IR

Dengan adanya receiver IR pada bagian depan dan juga belakang dari proyektor, pengguna bisa menggunakan remote kontrol untuk mengendalikan proyektor dengan cukup mudah. Fitur ini merupakan inovasi yang cukup berguna bagi para presentator. Dimanapun proyektor tersebut diletakkan pengguna tidak akan mengalami kesulitan dalam mengendalikan presentasinya.

epson eb-X200
IR Receiver pada Epson EB-X200

2. Fitur untuk pengguna

Fitur untuk pengguna merupakan, fitur yang diberikan oleh pihak Epson agar perangkat proyektor EB-X200 mampu memiliki peranan yang cukup baik bagi pengguna dan lingkungan. Di bawah ini kami akan memberikan beberapa fitur yang mampu berguna bagi pengguna.

  • Mode ECO

Dengan adanya mode ECO, proyektor akan mampu menurunkan konsumsi tenaga dan juga mampu menjadikan perangkat tersebut agar mampu menjadi perangkat elektronik yang mampu bersahabat bagi lingkungan. Pengguna juga bisa secara penuh mengatur proyektor serta menghemat tenaga yang dikeluarkan tanpa menurunkan kualitas yang mampu dihasilkan. Selain itu, pengguna bisa mengatur tingkat kecerahan dan konsumsi tenaga yang dikeluarkan oleh proyektor.

epson eb-X200
Mode ECO pada Epson EB-X200

Ketika pada perangkat ini menggunakan mode Sleep, proyektor akan menghasilkan tingkat kecerahan yang rendah dan jika tidak ada input yang ditampilkan selama 5 menit, akan mampu menurunkan konsumsi tenaga yang digunakan lampu hingga 70%.

  • Letak pembuangan udara panas yang stragtegis

Epson meletakkan tempat pembuangan udara panas secara strategis. Pada EB-X200 letak tempat pembuangan udara ini berada di depan dari proyektor. Mengapa letak pembuangan udara terdapat di depan? hal tersebut tak lain agar menjaga orang yang berada di sekitar proyektor terhindar dari panas yang dihasilkan oleh proyektor ketika beroperasi. Selain itu, agar orang yang mengikuti presentasi anda bisa secara penuh berkonsentrasi terhadap presentasi yang sedang berlangsung.

epson eb-X200
Letak pembuangan udara yang berada di depan
  • Colour Universal Design

Epson EB-X200 dibuat dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya adalah didesain untuk bisa mengakomodasi berbagai pengguna yang memiliki kemampuan melihat warna secara berbeda. Fitur ini dinamai Colour Universal Design (CUD). Dengan adanya fitur ini pengguna bisa dengan mudah mengidentifikasi dan mengetahui informasi dari warna tersebut secara akurat.

epson eb-X200
Teknologi Colour Universal Design (CUD)
Tags : proyektor

Leave a Response