close

Epson L800 Review: Cetak Foto Hemat dan Banyak

printer epson L800 4
printer epson L800

Epson tidak berhenti mengeluarkan varian printer dengan fasilitas ink tank untuk berbagai kebutuhan, Epson L800 merupakan printer inkjet photo varian terbaru dari produsen asal jepang ini. Epson L800 merupakan varian baru yang dipasarkan pada segmen photo printer. Mencetak foto memang perkara yang mudah bagi hampir semua printer yang ada, apalagi jika printer tersebut menggunakan teknologi inkjet atau mungkin laser. Kendala utama yang sering terjadi dengan sebuah printer foto adalah keterbatasan tinta yang bisa digunakan. Bisa kita ketahui jika foto merupakan dokumen yang akan memakan banyak tinta, apalagi jika kita mengatur mode pencetakaan foto dalam mode best photo. Epson L800 hadir dengan fitur ink tank yang otomatis akan memanjakan anda dalam mencetak foto, baik itu dalam skala yang besar maupun kecil. Berikut ini Epson L800 review yang menjelaskan fitur dan spesifikasi printer ini.

Overview

Epson L800 menggunakan teknologi ink tank 6 warna yang terdiri dari warna cyan, yellow, magenta, black serta light cyan dan light magenta. Dengan warna tinta yang banyak dan bervariasi, Epson L800 dapat memproduksi foto dengan hasil yang lebih tajam dan bagus. Epson L800 memiliki fitur pendukung pada head dari cartridge berupa teknologi Epson Micro Piezo™ yang dibangun untuk membantu printer Epson L800 dalam mencapai volume printing yang maksimal serta mampu berada pada kecepatan cetak yang tinggi dan efisiensi energi yang bagus. Dengan hadirnya tangki tinta sebanyak 6 buah akan memudahkan anda dalam melakukan penghematan dari segi biaya cetak, hal ini cocok bagi anda yang memiliki usaha cetak foto. Dengan ukuran botol sebanyak 70 ml perbotol, Epson L800 dinyatakan mampu mencetak 1800 lembar foto yang memiliki ukuran 4R secara kontinyu.

printer epson L800
Jumlah tinta Epson L800

Epson L800 ini hadir dengan dimensi yang lebih lebar dibandingkan dengan para pendahulunya seperti R230 atau R230x. Jika melihat versi printer foto sebelumnya yang kebanyakan berwarna abu-abu, kini Epson L800 didesain dengan warna hitam dan material bodi yang hampir sama dengan Epson L100 atau Epson L200. Nampaknya, bodi hitam yang terlihat kokoh ini tidak memiliki nilai artistik yang tinggi sehingga terkesan tidak space-saving. Namun, jika menilik pangsa pasarnya, printer ini memang ditujukan untuk mereka yang membutuhkan kualitas hasil cetak yang bagus pada skala kertas berukuran tinggi pula. Jadi, tak heran jika bodinya terkesan besar dan minim nilai artistik.

Ketika berbicara masalah teknologi, kita juga tidak boleh lupa dengan fitur andalan mesin cetak yang satu ini. Seperti para pendahulunya, Epson L800 ini juga memiliki teknologi print to cd secara langsung, lalu apa yang membedakannya? Yang jelas hasil cetak dan kecepatan dari printer Epson L800 sudah tidak usah diragukan lagi, baik itu mencetak CD atau dokumen foto biasa.

printer epson L800
Perbandingan cetak CD pada L800 dan R230

Printer Epson L800 ini juga dibandrol dengan harga yang cukup tinggi mengingat fasilitas yang ditawarkan pun cukup tingga pula. Anda harus membayar sekitar 3 jutaan untuk mendapatkan printer foto jenis ini.

Spesifikasi Printer

Jika berbicara masalah printer, maka kita tidak bisa beralih dari spesifikasi mesin cetak tersebut. Tanpa mengetahui spesifikasinya secara detail kita tidak akan pernah tahu bagaimana cara kerja printer tersebut dan dimana letak kelemahan dan kelebihannya. Mari kita bahas satu per satu spesifikasi printer Epson L800.

1. Teknologi Cetak

Teknologi cetak merupakan teknologi yang digunakan sebuah printer untuk menentukan hasil cetaknya, teknologi cetak berperan besar dalam hasil cetak dan performa sebuah printer. Kemampuan mencetak printer ditentukan oleh spesifikasi teknologi cetaknya. Inilah spesifikasi teknologi cetak pada Epson L800:

  • Print method: On-demand ink jet (piezo electric)
  • Konfigurasi nozzle: 90 nozzle untuk warna hitam, 90 nozzle untuk warna lainnya
  • Print Direction: Bi-directional printing, Uni-directional printing
  • Resolusi maksimal: 5760 x 1440 dpi
  • Volume tinta minimal: 1.5 pl
  • Kecepatan cetak normal: 27 detik per foto
  • Kecepatan cetak tinggi: 13 detik per foto

Jika melihat kecepatan cetak yang ada pada printer Epson L800 ini mampu membuat waktu tunggu anda berkurang, apalagi ketika anda harus mencetak banyak dokumen, waktu yang anda gunakan akan jauh berkurang. Selain itu volume tinta minimal yang ada pada tangki tinta hanya menipis menjadi 1.5 pl, ini berarti anda tidak perlu repot-repot untuk terburu mengisi tinta anda saat tinta anda sudah mulai habis. Selain itu, sudah jelas jika resolusi maksimal printer ini sangat besar yaitu berada pada angka 5760 x 1440 dpi (depth per inch), resolusi ini tentunya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan printer-printer jenis sebelumnya.

2. Paper Handling

Paper handling merupakan spesifikasi yang digunakan untuk menangani proses masuk hingga keluarnya sebuah kertas. Spesifikasi printer handling ini menentukan kehandalan sebuah printer dalam mengolah dokumen yang banyak. Selain paper handling, printer Epson L-800 ini juga memiliki spesifikasi CD handling yang menangani masuknya CD. Inilah spesifikasi paper handling pada Epson L800:

  • Paper feed method: Friction feed
  • Jumlah paper tray: 1
  • Kapasitas input kertas: 120 lembar kertas A4 atau plain paper lainnya
  • Kapasitas output kertas: 50 lembar kertas A4 atau plain paper lainnya
  • Ukuran kertas maksimum: 110 x 220 mm untuk kertas DL dan 114 x 162 mm untuk kertas C6
  • Margin cetak: 0mm di tiap sisi nya. atas, bawah, kiri dan kanan

Melihat spesifikasi paper handling yang ada, pihak Epson memberikan banyak perubahan terutama pada sisi ukuran kertas maksimum yang dapat dicetak, biasanya untuk sebuah printer standart Epson memberikan kemampuan cetak maksimum sebesar 8.5 x 4.1 inci. Printer Epson L800 ini hadir dengan kemampuan cetak yang lebih besar. Selain kemampuan cetak yang berkembang, Epson L800 ini juga memiliki fitur borderless pada hasil cetaknya, fitur ini memungkinkan anda mencetak gambar secara penuh pada kertas anda. Dengan meningkatnya fitur yang ada, ditingkatkan pula kapasistas input kertas oleh pihak Epson, Epson L800 mampu menahan stack kertas hingga 120 lembar.

3. Spesifikasi kelistrikan

Tanpa memperhatikan hal yang satu ini bisa jadi kita akan terjebak pada situasi dimana kita tidak bisa menjalankan printer tersebut secara maksimal, spesifikasi kelistrikan menentukan besarnya listrik yang digunakan oleh sebuah printer untuk bisa beroperasi. Ini dia spesifikasi kelistrikan pada Epson L800 :

  • Voltase listrik: AC 220-240V
  • Frekuensi listrik: 50-60 Hz
  • Konsumsi listrik saat beroperasi: 13W
  • Konsumsi listrik saat sleep mode: 1.2W
  • Konsumsi listrik saat standby mode: 3.3W
  • Konsumsi listrik saat printer mati: 0.3W

Jika melihat spesifikasi kelistrikan yang ada, maka bisa dipastikan jika printer yang satu ini benar-benar membutuhkan listrik yang lebih besar dibandingkan dengan printer inkjet jenis biasa. Bahkan untuk saat sleep mode pun, printer Epson L-800 memakan biaya 2 kali lipat dibandingkan dengan printer Epson L210. Namun, tingginya energi yang digunakan ini tidak bisa menjadi patokan karena kinerja dan hasil cetak dari printer ini sangat berbeda dibandingkan printer inkjet jenis lainnya.

4. Fitur lainnya

Fitur lainnya merupakan fitur tambahan yang dibekalkan kepada printer Epson jenis ini, beberapa fitur tambahan ini tentunya memudahkan anda dalam mencetak foto anda, apalagi dengan fitur ini hasil cetak foto anda menjadi meningkat dan konfigurasi warnanya hampir sama dengan warna asli foto.

1. Red eye correction

Red eye correction merupakan fitur yang digunakan untuk menghilangkan titik berwarna merah yang sering ada pada foto bagian mata. Dengan adanya fitur ini anda bisa mendapatkan foto yang lebih bagus hasilnya dan otomatis lebih natural. Fitur ini bisa anda gunakan hanya dengan menekan sebuah tombol pada aplikasi yang bisa anda dapatkan sepaket dengan pembelian printer jenis ini.

2. Epson Portrait Enhance

Fitur ini diberikan untuk anda yang ingin mencetak foto kategori portrait foto. Dengan fitur ini anda bisa mendapatkan foto yang lebih indah hanya dengan mengatur pewarnaan foto, skin tones dan juga level dari exposure foto anda.

3. Epson Easy Photo Print

Anda seperti diberikan sebuah kelebihan ketika membeli printer ini, terutama dalam hal editing foto. Epson memberikan sebuah software yang cukup membantu anda dalam menghasilkan foto yang bagus hanya dalam 3 langkah.

Kelebihan dan kekurangan

Dari penjelasan spesifikasi dan overview diatas, kita bisa mengambil beberapa poin yang menjadi kelemahan dan kelebihan printer Epson L-800. Dengan menentukan kelemahan dan kelebihan printer Epson L800 ini diharapkan kita bisa mendapatkan review yang tepat dan akurat.

Kelebihan

Kecepatan cetak yang superior: Dengan kecepatan mencetak sebuah foto yang mampu mencapai 13 detik untuk foto ukuran 4R, tentunya anda akan sangat dimanjakan ketika harus mencetak banyak foto. Apalagi jika anda memiliki usaha dibidang percetakan foto, tentunya fitur ini akan sangat membantu.
Kualitas cetak bagus : Tak bisa dipungkiri bahwa hampir semua printer foto memiliki kemampuan cetak yang mengangumkan. Pun juga dengan printer jenis ini, anda bisa mencetak foto dengan kualitas sebesar 5760 dpi ditambah lagi variasi konfigurasi tinta yang mencapai 6 warna. Bisa dipastikan jika hasil cetak dari Epson L800 ini akan sama seperti dengan aslinya.

Print langsung ke CD: Secara tidak langsung fasilitas ini sebenarnya cukup penting, apalagi ketika anda memiliki sebuah usaha cetak foto. Tentunya anda tidak mungkin memberikan hasilnya saja kepada pelanggan anda, anda juga akan memberikan hasilnya berupa softcopy dalam CD. Mencetak cover CD dengan menggunakan fasilitas ini akan membantu anda menghemat waktu, serta meminimalkan kesalahan anda mencetak cover CD secara manual.

Cetak banyak tetap hemat: Dengan teknologi yang tinggi bukan berarti printer foto ini cukup boros untuk urusan mencetak gambar. Printer ini memiliki kemampuan penghematan biaya produksi seperti L100 atau L200, serta mampu mencetak dokumen masal secara konstan. Jadi, anda tidak perlu khawatir ketika anda ingin mencetak dokumen foto dengan kuantitas yang tinggi.

Durabilitas yang tinggi: Epson L800 ini jarang sekali terkena masalah berarti selama penggunaannya, anda bisa menemukan di forum-forum online jika printer ini akan sangat jarang mengalami paper jam saat digunakan. Hal ini akan sangat baik bagi anda yang menginginkan multitasking yang lancar.

Kekurangan:

Harus menggunakan tinta asli: Mungkin inilah salah satu kelemahan printer bawaan Epson, selalu hadir dengan tinta yang harus bawaan mereka pula. Jika anda mengisinya dengan menggunakan tinta yang sembarangan / bukan produk Epson, maka bisa dipastikan jika printer Epson L800 anda akan bermasalah.

Tidak ada card slot-nya: Sebenarnya ini hanya fitur sampingan saja, tapi bisa menjadi penting ketika anda ingin mencetak tapi tidak ada komputer atau laptop disana. Fasilitas ini jelas dibutuhkan bagi anda yang suka mobile dengan kegiatan-kegiatan anda.

Masih menggunakan Interface USB 2.0: Dengan banyaknya interface yang kini telah berkembang, seperti Wi-Fi dan USB 3.0. Pastinya interface USB 2.0 hanya menjadi interface standart untuk sebuah mesin cetak selama bertahun-tahun. Sangat disayangkan pula jika print sharing dengan menggunakan printer ini akan sangat terbatas.

Kesimpulan

Epson L800 merupakan printer foto yang memiliki kemampuan yang cukup tangguh dan diatas rata-rata. Walau harganya cukup tinggi, namun printer ini sangat cocok bagi anda yang menginginkan hasil foto yang cukup bagus. Printer ini juga cocok untuk usaha percetakan foto anda, dengan dibekali oleh teknologi head cartridge terbaru serta fasilitas tangki warna sebanyak 6 buah warna, akan menghasilkan gambar yang luar biasa dan pastinya tidak akan mengecewakan konsumen anda.

Namun, juga terdapat beberapa kekurangan pada printer Epson L800 ini. Jika anda merupakan orang yang mobile dan beraktivitas tinggi, anda akan merasakan keterbatasan interface pada printer ini.

Secara garis besar, printer ini sangat cocok bagi anda yang mendambakan hasil cetak yang bagus tanpa memperdulikan kemampuan mobilitas dan fleksibilitas.

Tags : EpsonEpson L800Printer

5 Comments

  1. artikel yg sangat bagus, saya juga menggunakan pinter epson l800 untuk bisnis kecil saya, keuntungan bisa 2 kali lebih banyak dengan printer ini

  2. tinta aslinya bisa tahan lama gak bos,,, seperti foto foto asli fuji terus kalo krtas ngaruh gak

  3. Sya pake l800 sudah 3 buah kondisinya masih ok semua buat cetak fhoto jauh lebih hemat dari printer lainya , bandel ,

  4. printer epson memang printer yang luar biasa dan dijadikan andalan para pengusaha foto, namun yang disayangkan suplier untuk tinta orisinil masih kurang…seharusnya dengan banyaknya pesanan inden….lebih diperbanyak suply jumlah tintanya…agar pengguna printer epson jenis ini nyaman dalam menggunakan dan tidak takut kehabisan tinta…..

Leave a Response