close

Generasi Ke-5 Dari Prosesor Intel, Intel Broadwell

Intel-broadwell-4

Intel secara resmi telah mengeluarkan generasi terbaru dari prosesornya, yaitu Intel Broadwell. Intel Broadwell merupakan suksesor dari Intel Haswell. Dengan kesuksesan di setiap serinya, Intel semakin ingin menegaskan bahwa prosesornya kali ini memiliki berbagai inovasi baru yang akan mampu mengubah dunia. Intel Broadwell digunakan oleh seri terbaru dari Macbook yang baru saja dirilis sekitar awal kuartal pertama tahun 2015. Broadwell sendiri merupakan prosesor generasi ke 5 dari pihak Intel.Intel-broadwell

Setelah kemunculannya ini, prosesor ini diprediksi akan terpasang pada kebanyakan seri laptop/notebook terbaru. Dimulai dari Macbook hingga akhirnya menyebar ke berbagai seri laptop. Mungkin untuk saat prosesor Intel Broadwell akan sangat jarang dijumpai di pasar Indonesia, namun untuk beberapa minggu ke depan, anda akan dengan mudah menemukan prosesor ini di toko-toko retail yang ada di kota anda. Lalu apa saja perbedaan prosesor Intel Broadwell dengan seri sebelumnya? Apa yang membuat prosesor terbaru dari intel ini cukup menjanjikan? Apakah harga yang ditawarkan sudah sesuai dengan kualitas yang diberikan?

Overview

Sebenarnya apa yang menjadi latar belakang pihak Intel mengeluarkan prosesor seri terbarunya, generasi ke lima? Mungkin karena kebutuhan akan perangkat-perangkat yang hemat konsumsi daya, tahan lama, ringan sehingga sangat portable menjadi alasan utama pihak Intel menghadirkan Intel Broadwell ini.

Intel-broadwell
Intel Broadwell

Sama seperti sebelumnya Intel Broadwell juga hadir dalam berbagai series seperti Intel Celeron, Intel Pentium, Intel Core i3 hingga Intel Core i7. Selain itu, pada Intel Broadwell terdapat series baru, yaitu Intel Core M. Jika menilik kecepatannya Intel Core M ini merupakan prosesor yang memiliki kekuatan diatas Intel Pentium, namun sedikit di bawah Intel Core i3. Intel Core M hanya digunakan pada perangkat laptop (notebook), sehingga dikabarkan bahwa laptop yang menggunakan prosesor ini memiliki ketebalan yang sangat tipis.

Fitur-fitur baru pada Intel Broadwell

Sangat penting untuk mengetahui apa saja fitur terbaru dari Intel Broadwell, sehingga anda tidak bingung ketika ingin membeli prosesor jenis ini. Pada sub bab ini kami akan membahas keseluruhan kemampuan dari Intel Broadwell sehingga anda mengetahui apakah prosesor ini layak dikatakan sebagai prosesor terbaik atau tidak.

1. Intel mempertahankan strategi ‘tick tock’

Intel selalu memberikan pembaharuan terhadap core dari prosesor milik mereka setiap 18 bulan sekali. Dengan memberikan chip generasi terbaru sebagai tempat tinggal dari core-core prosesor milik mereka. Bagaimanapun juga bisa diakui jika tidak semua sistem dari generasi terbaru tersebut seluruhnya merupakan sistem yang baru. Intel mengadopsi beberapa sistem lama yang masih bagus dan menambahkan beberapa inovasi yang menarik ke dalam prosesor Intel Broadwell.

Hal tersebut sejalan dengan strategi ‘tick tock’ yang telah di jalankan oleh pihak Intel sejak tahun 2007. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan strategi ‘tick tock’ tersebut?

Strategi tersebut merupakan strategi penyempurnaan dari pihak Intel, strategi tersebut mirip seperti permainan tick tock. Jadi pada 1 tahun pembaharuan, Intel menawarkan sebuah teknologi yang murni baru. Jadi kemunculan Intel Haswell merupakan generasi prosesor yang paling baru, tanpa meniru versi sebelumnya yaitu IvyBridge. Setelah itu tak lama kini muncul Intel Broadwell. Intel Haswell merupakan bagian ‘tock’ dan Intel Broadwell merupakan bagian ‘tick’. Sehingga bisa dibilang jika Intel Broadwell merupakan penyempurnaan dari teknologi sebelumnya. Karena bagaimanapun juga penyempurnaan teknologi ini tetap membutuhkan waktu, jadi Intel membaginya menjadi seperti itu.

2. Intel Broadwell memiliki ukuran yang kecil

Seperti yang telah didengungkan oleh pihak Intel sebelumnya jika Intel Broadwell merupakan prosesor yang memiliki ukuran yang kecil. Lalu, seberapa kecilkah prosesor generasi ke-5 dari Intel ini? Arsitektur yang ada pada generasi kelima ini membuat ukuran dari prosesor ini menyusut, sehingga prosesornya pun menjadi lebih kecil jika dibandingkan dengan model sebelumnya.

Intel-broadwell
Ukuran Intel Broadwell yang lebih kecil dibanding sebelumnya

Intel Haswell menggunakan 22 nanometer transistor, yang paling kecil sebelumnya. Namun, saat ini Intel Broadwell lah yang memegang jumlah transistor terkecil, yaitu hanya sebesar 14 nanometer. jika kita kembali ke dalam tahun 2006, core pertama dari prosesor intel ini menggunakan transistor sejumlah 65 nanometer, sehingga secara tak langsung bentuk dari CPU-nya menjadi sangat besar. Intel telah membuat perkembangan yang cukup besar dan signifikan dalam waktu 8 tahun.

Jika anda ingin mengetahui mengenai seberapa besar ukuran nanometer, anda bisa membayangkan rambut dari orang normal yang memiliki tebal sebesar 90.000 nanometer. Transistor-transistor ini memiliki ukuran yang sangat-sangat kecil, meski transistor yang lama sekalipun. Transistor ini bekerja secara bersamaan dan bergantian untuk mengerjakan sesuatu yang sangat-sangat kompleks. Jumlah transistor yang ada pada CPU modern saat ini bahkan mencapai miliyaran pada satu CPU.

3. Intel Broadwell lebih efisien, namun lebih bertenaga

Intel telah melakukan pengujian dan memberikan hasil yang cukup menajubkan. Jika dibandingkan dengan Intel Broadwell memiliki chip yang mungkin lebih kecil jika dibandingkan dengan Intel Haswell, namun Broadwell mampu menghasilkan efisiensi 30% leih tinggi jika dibandingkan dengan Haswell, serta menghemat 30% konsumsi tenaga yang dibutuhkan. Pada kecepatan yang sama, Broadwell mampu memiliki performa yang lebih baik jika dibandingkan dengan Haswell. Hal tersebut merupakan dambaan dari seluruh pengguna komputer.

Haswell sendiri telah memberikan perbedaan efisiensi yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu Intel IvyBridge. Perbedaan yang paling nyata adalah pada perbandingan daya tahan baterai pada laptop Windows. Dengan adanya teknologi Broadwell ini, pengguna sepertinya bisa mengharapkan daya tahan baterai yang lebih lama lagi.

Sebagai contohnya, pada tahun 2012 Macbook Air yang menggunakan Intel IvyBridge diklaim oleh pihak Apple mampu bertahan selama 7 jam ketika digunakan untuk kegiatan browsing. Pada saat ini, Macbook Air yang menggunakan prosesor Intel Haswell diklaim oleh pihak Apple mampu bertahan hingga waktu 12 jam untuk kegiatan yang sama. Perubahan yang cukup signifikan, teknologi terbaru mampu memberikan waktu tahan selama lebih dari 5 jam lebih lama. Bagaimana dengan Broadwell? Kita belum mengetahuinya karena belum ada Macbook Air yang menggunakan prosesor ini, satu hal yang pasti bahwa Macbook Air yang menggunakan Intel Broadwell akan lebih tipis, ringan dan tentunya lebih tahan lama.

4. Broadwell akan memulai revolusi baru

Setuju atau tidak, Intel Broadwell tetap akan memulai revolusi baru dalam penggunaan perangkat-perangkat komputasi, terutama laptop/notebook, desktop PC dan juga Hybrid PC. Daya tahan baterai yang lebih lama adalah salah satu bagian terpeting dari keberadaan prosesor generasi ke-5 dari Intel ini, namun yang lebih menjadi fokus dari keberadaan Broadwell adalah efisiensi tinggi yang dihasilkan oleh perangkat-perangkat komputasi sehingga membuat revolusi baru, terutama pada layar dari perangkat laptop.

Intel-broadwell
Chipset pada Intel Broadwell

Pada beberapa tahun terakhir, keberadaan smartphone memang cukup menganggu pasar notebook. Hal tersebut terbukti dengan pihak Sony yang memutuskan untuk menjual brand Vaio milik mereka dan lebih memilih untuk berkonsentrasi terhadap penjual Xperia. Bisa jadi salah satu penyebab terjadinya hal tersebut adalah orang malas menggunakan laptop karena layar dari laptop lebih buruk dan memiliki resolusi yang lebih kecil jika dibandingkan dengan ponsel milik anda. Selain itu, pixel dari ponsel anda tentunya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan laptop.

Dengan adanya efisiensi yang cukup tinggi, laptop tidak perlu lagi menggunakan baterai yang cukup besar dan konsumsi daya yang tinggi untuk menggunakan layar dengan resolusi yang tinggi. Teknologi ini mampu mendukung sebuah laptop untuk bisa menggunakan layar dengan kemampuan yang sangat bagus, mungkin menyamai retina display milik Macbook. Bukankah hal tersebut terdengan menyenangkan? Meski anda tidak akan menemukan laptop dengan layar resolusi tinggi dengan harga sebesar 4 jutaan.

5. Intel Broadwell memiliki grafik yang mendukung

Salah satu perubahan yang cukup besar pada Intel Broadwell adalah pembaharuan dari segi graphics. Saat ini, prosesor Intel Core tidak hanya berupa CPU, pada prosesor ini juga terdapat pula graphics card. Pada Intel Broadwell, performa grafik tergantung dengan seri dari prosesornya. Model yang paling rendah adalah Intel Core i3 dan model yang paling tinggi adalah Intel Core i7.

Intel-broadwell
Intel Iris Pro Graphics

Untuk laptop, chip Broadwell akan menggunakan Intel HD 5500, HD 6000 dan Iris HD 6100, tergantung dengan prosesornya. Sayangnya, penamaan pada grafik ini tidak berarti banyak. Ketika arsitektur prosesor berubah, arsitektur dari grafik sama dengan arsitektur dari versi sebelumnya, yaitu Intel Haswell. Namun pada generasi terbaru ini grafik mampu bekerja 20% hingga 40% lebih cepat jika dibandingkan dengan versi sebelumnya. Pada dasarnya, mesin pemrosesan grafik pada prosesor yang baru ini akan lebih besar jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, dan hal tersebut merupakan kabar yang cukup baik.

Tags : Intelprosesor

Leave a Response