close

Google Berencana Hilangkan App Drawer Pada Android N

Android N

Setelah Android M dirilis pada tahun lalu, Google kembali mengeluarkan inovasi melalui sistem operasi terbarunya yang berinisial Android N. Namun sebuah informasi dari sumber terbaru mengatakan bahwa Android N akan hadir dengan perubahan tampilan berbeda yang cukup signifikan.

Android N

Disebutkan bahwa Google berencana untuk menghilangkan fitur App Drawer di Android N. Alasan menghilangan fungsi itu memang belum diketahui secara pasti, tapi Google diperkirakan memang tidak cukup puas dengan keberadaan App Drawer. Selain itu, apabila benar Google akan menghapus App Drawer, maka tampilan Android pun diperkirakan akan semakin mirip dengan tampilan iOS. Padahal keberadaan App Drawer sering disebut menjadi pembeda antara dua sistem operasi terbesar itu.

Jika kita melihat beberapa smartphone buatan vendor asal Tiongkok saat ini, kebanyakan tampilan antarmuka penggunanya memang tidak disematkan dengan fitur App Drawer. Salah satunya adalah MIUI besutan Xiaomi yang dengan jelas menampilkan seluruh aplikasi di halaman depan.

Kemudian faktor lainnya adalah perubahan tampilan yang dilakukan Google pada Android 6.0 M. Pada pembaruan itu, Google telah mengubah navigasi Android yang sebelumnya horizontal menjadi bentuk vertikal. Namun sayangnya, perubahan itu ternyata tidak mendapat tanggapan yang cukup baik dari para pengguna Android. Tak hanya itu saja, kabar penghapusan App Drawer di Android N juga turut diperkuat oleh perilisan dua seri smartphoneterbaru dari Samsung dan LG, yaitu LG G5 yang diketahui tidak lagi memiliki fitur App Drawer di halaman depannya.

Namun kabar ini juga masih perlu dipastikan kebenarannya. Google sendiri memang belum memberikan informasi resmi terkait Android N. Namun, selama ini Google memiliki kebiasaan untuk merilis sistem Android terbaru saat gelaran Google I/O.

Tags : androidAndroid NApp Drawergoogle

Leave a Response