close

Google Beri Kesempatan Netizen Usulkan Nama Android N

Android N

Setelah meluncurkan Android Marshmallow pada tahun lalu, kini Google telah merencanakan akan merilis sistem terbarunya yaitu Android N. Mesin pencari raksasa itu memang belum memastikan namanya secara resmi. Pihaknya masih menerima masukan dari masyarakat luas hingga 8 Juni mendatang.

Android N

Walaupun belum dipatenkan oleh Google, nama dari kepanjangan sistem operasi “N” pun telah terendus. Banyak netizen di Twitter mengatakan bahwa kepanjangan dari “N” adalah “Neyyappam”. Neyyappam merupakan nama dari camilan khas India. Seperti yang kita ketahui, Google memang selalu memberikan nama sistem operasinya dengan nama makanan atau camilan manis, sebut saja KitKat, Jelly Bean, Lollipop, Marshmallow, dan lainnya. Kue ini berbentuk mirip seperti cucur. Tak hanya populer di India saja, Neyyappam juga populer di beberapa daerah lain seperti Sri Lanka dan Tamil Nadu.

Ternyata nama Neyyappam banyak diajukan oleh netizen melalui situs resmi penghimpun nama Android N. Diduga bahwa masyarakat India memang kompak untuk mengajukan nama kue tersebut. Hingga kini, nama Android Neyyappam telah mempunyai akun khusus di Facebook dan Twitter. Bahkan ada juga situs khusus untuk mengarahkan masyarakat memilih nama Neyyappam sebagai nama dari Android N.

Walaupun nama kue asal India tersebut telah menjadi kandidat yang kuat, pihak Goole belum memutuskan apapun. Nama Neyyappam belum tentu dipilih menjadi nama sistem operasi dari perusahaan asal California, Amerika Serikat, tersebut. Pengajuan nama dari masyarakat masih terus dilangsungkan hingga tenggat waktu yang telah ditentukan.

Sementara itu, ada beberapa nama lain yang diajukan oleh netizen, antara lain Nachos, Nectarines, Nutella, dan Navy Bean. Sejauh ini, nama-nama resmi Android antara lain Cupcake (1.5), Donut (1.6), Eclair (2.0-2.1), Froyo (2.2-2.2.3), Gingerbread (2.3-2.3.7), Honeycomb (3.0-3.2.6), Ice Cream Sandwich (4.0-4.0.4), Jelly Bean (4.1-4.3), KitKat (4.4), Lollipop (5.0), dan Marshmallow (6.0). Lalu nama mana yang akan dipilih oleh Google untuk Android N? Kita lihat saja!

Tags : androidAndroid Ngoogle

Leave a Response