SHARE

Selama ini, Google memang telah meluncurkan beragam sistem operasi miliknya sendiri, seperti Android, Chromecast, dan Chrome OS. Dikabarkan raksasa mesin pencari ini akan merilis kembali satu sistem operasi bernama Fuchsia. Kabar mengenai sistem operasi baru ini telah terendus melalui situs GitHub. GitHub merupakan sebuah situs yang memberikan layanan penyimpanan proyek software bersama berbasis Git.

Melalui sistem yang ada pada GitHub, Google membuat sebuah proyek yang memiliki deskripsi “Pink + Purple = Fuchsia (a new Operating System)”. Kemudian di bawah deskripsinya tercantum  alamat situs Google Source. Sistem operasi ini akan bisa dijalankan pada perangkat yang telah mendukung Internet of Things alias IoT. Fuchsia tidak akan berbasis Linux seperti sistem operasi milik Google sebelumnya. Mediator software-hardware pada Fuchsia menggunakan kernel Magenta teranyar yang dirancang untuk IoT.

Namun hingga saat ini pihak Google belum berkomentar mengenai kehadiran Fuchsia serta fungsinya. Apabila sistem operasi ini memang dipakai untuk implementasi IoT, Fuchsia telah memiliki dua pesaing kuat yakni FreeRTOS dan ThreadX.  Namun menurut sebuah forum online, tampaknya Fuchsia bakal segera mendukung Raspberry Pi 3.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here