close

Hemat Kuota, Chrome untuk Android Kini Bisa Blokir Gambar

chrome-android-blokir-gambar-anugrahpratama

Semakin maraknya persaingan browser untuk Android rupanya juga menjadi wacana tersendiri untuk terus berinovasi dengan Chrome versi android. Termasuk dalam wacana efisiensi data atau kuota internet pengguna.

chrome-android-blokir-gambar-anugrahpratama

Chrome memang memiliki fitur Data Saver Mode untuk lebih menghemat penggunaan data sewaktu menjelajah internet. Fitur ini juga yang membuat pengguna dengan koneksi yang lebih lambat dari lainnya akan mendapati sambungan yang lebih enteng karena laman webnya telah dioptimasi oleh Chrome. Setidaknya, laman web yang teroptimasi ini lebih ringan sebesar 50% daripada biasanya.

Namun kini Google tampaknya tidak puas hanya dengan fitur Data Saver dan memutuskan untuk lebih meringankan beban data pengguna Chrome hingga 70% dengan fasilitas untuk memblokir semua gambar di suatu laman web yang dijelajahi di koneksi yang lambat.

Saat dicoba memang fitur blokir gambar ini sungguh membuat sebuah halaman web terakses lebih cepat, namun juga membuat tampilan suatu web menjadi agak aneh karena semua gambar pendukungnya tidak ditampilkan. Nah, pada titik ini Google sekali lagi memberikan fungsi dalam Chrome untuk menampilkan mana gambar yang ingin dilihat. Proses ini terjadi setelah Chrome selesai membuka laman web seutuhnya, lantas menawari pengguna dengan opsi menampilkan semua gambar secara serentak atau satu persatu.

Kabar baiknya, para pengguna Chrome di Indonesia dan India lah yang akan pertama kali menikmati fitur terbaru ini, sebelum Google merilis update secara global dalam beberapa bulan ke depan.

Tags : androidchromeGoogle Chrome

Leave a Response