SHARE

Tidak bisa dipungkiri bahwa hingga saat ini masih banyak pengguna PC maupun laptop di Indonesia yang masih menggunakan software Windows bajakan. Padahal jika Anda masih menggunakan software yang palsu, komputer atau laptop milik Anda pasti akan berbeda. Berbeda karena software bajakan tidak memiliki kemiripan 100% dengan software yang asli. Ada juga bahaya yang bisa mengintai.

Software Windows Bajakan

Apa saja bahayanya? Berikut ini merupakan bahaya-bahaya menggunakan software Windows bajakan yang harus diketahui.

Efek samping kinerja dan keamanan yang buruk

Jika menggunakan software bajakan, kinerja dan fungsi PC bisa memiliki efek samping yang buruk.  Tentu saja dari segi keamanan sangat tidak terjamin.

Menjadi tempat bersarangnya malware

Software bajakan memang menjadi tempat bersarangnya malware. Padahal malware bisa dengan mudah menempatkan pengguna pada risiko pencurian informasi maupun data pribadi lainnya yang bersifat rahaya. Bahaya kan? Bahkan pada beberapa kasus seperti pencurian data rekening bank juga dapat dilakukan dengan mudah menggunakan beberapa software Windows bajakan.

Tempat berkembang biak

Tanpa sepengetahuan pengguna, virus dapat berkembang biak dengan mudah di software bajakan yang keamanannya sangat minim. Jika sudah terjadi, sebaiknya Anda menggunakan Antivirus yang kuat.

Dapat merusak, membekukan, dan menghilangkan data

Software Windows bajakan dapat memicu virus-virus menempel pada PC atau laptop Anda seperti yang telah dijelaskan di atas. Padahal virus dapat merusak hingga menghilangkan data yang telah disimpan pada sebuah perangkat.

Itu tadi bahaya menggunakan software Windows bajakan. Sebaiknya Anda menggunakan software Windows yang original, bukan bajakan. Memang harganya jauh lebih mahal. Namun Anda dapat bekerja lebih maksimal, kemudian kemanan PC maupun laptop juga terjamin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here