SHARE

Saat ini sistem operasi Android memang sudah tidak asing lagi didengar. Banyak pengguna smartphone yang memakai sistem operasi ini untuk keperluan komunikasi sehari-hari. Android menawarkan kemudahan dalam penggunaannya dibanding sistem operasi lainnya. Namun Anda harus tetap mengingat bahwa smartphone Anda tidak akan selalu aman. Ada banyak kasus peretasan Android yang terjadi. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya lakukan beberapa cara untuk melindungi Android dari serangan hacker dengan beberapa cara berikut ini.

Menggunakan antivirus terbaik

Antivirus merupakan program yang telah terbukti dapat mencegah virus pada sebuah perangkat. Anda bisa menggunakan antivirus untuk mencegah serangan hacker di Android. Coba gunakan beberapa antivirus terbaik seperti Avira atau Avast! Free Antivirus untuk melindungi smartphone dari Trojan dan malware.

Memakai Android browser yang aman

Mulai sekarang coba perhatikan browser apa yang Anda gunakan. Jangan memakai browser yang bisa membuka peluang bagi para hacker untuk memata-matai Anda, misalnya pada saat Anda sedang browsing. Salah satu browser yang aman digunakan ialah Dolphin Browser.

Rajin melakukan backup data

Anda harus rajin mem-backup data sebagai langkah antisipasi saat hal yang tidak diinginkan terjadi tiba-tiba, misalnya saat data di Android Anda diacak-acak oleh hacker, Anda masih memiliki data cadangan yang disimpan.

Menghindari penyimpanan password pada browser

Biasanya Anda sering tidak sadar bahwa Anda menyimpan password di browser agar tidak menulisnya berulang-ulang. Hal ini sebenarnya berbahaya, password yang disimpan di browser bisa dibajak dengan mudah oleh hacker.

Meng-install aplikasi tidak resmi

Mungkin Anda sering melakukan hal ini, bahkan Anda juga menyingkirkan beragam aplikasi pra-install bawaan yang telah terbenam pada sebuah smartphone. Padahal aplikasi pra-install tersebut berfungsi untuk melindungi smartphone dari serangan hacker. Jangan pernah meng-install aplikasi tidak resmi dari situs yang tidak terpercaya karena ada kemungkinan untuk terserang malware buatan peretas untuk menyusupi Android milik Anda.

Itu tadi beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melindungi Android dari serangan hacker. Jangan sampai kecerobohan Anda bisa membuat smartphone Anda malah terbobol oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here