SHARE

Apakah Anda yakin bahwa antivirus dan firewall yang sedang digunakan pada laptop atau komputer milik Anda sudah bekerja dengan baik? Kemudian apakah mampu menangkal segala virus yang ada? Bagaimana jika antivirus serta firewall tersebut malah tidak berfungsi? Kemudian malah menampung beragam virus maupun malware di komputer.

antivirus

Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya Anda mengujinya dengan melakukan beberapa cara. Cara ini dapat menguji seberapa tangguh antivirus seta firewall yang ada pada komputer Anda. Anda tidak perlu khawatir karena tidak ada file berbahaya yang harus dipakai dalam pengujian ini. Anda juga tidak perlu menginstall software tertentu di komputer, namun hanya perlu mengunjungi website-website tertentu saja. Kemudian mengikuti seluruh instruksi yang telah ditentukan. Apabila Anda dapat melalui dengan baik, maka dipastikan bahwa komputer Anda telah aman dari berbagai ancaman virus maupun malware yang sering berkeliaran di internet.

Mengetes Keamanan Browser dengan Panopticlick

Tes pertama yang bisa Anda lakukan ialah tes menggunakan situs bernama Panopticlik. Website ini akan menjalankan tes singkat yang bisa membuktikan apakah web browser yang digunakan bisa memblokir setiap ancaman virus dan malware, seperti tracking ads (iklan yang merekam kebiasaan pengguna), keamanan terhadap software pihak ketuga, invisible tracker, dan perlindungan terhadap fingerprinting. Apabila tes-tes yang dilakukan oleh browser gagal, berarti Anda harus mengganti dengan software browser lainnya.

Menguji seberapa tangguh antivirus dengan EICAR

Jangan percaya antivirus Anda memang aman apabila belum dites dengan memakai European Expert Group for IT Security (EICAR) yang dapat menguji seberapa tangguh serta responsifnya antivirus tersebut. Anda harus mengguanakn file-file berupa dummy atau file virus palsu yang seharusnya langsung terdeteksi oleh antivirus. Apabila antivirus tidak bisa bereaksi, berarti antivirus tersebut memang tidak tangguh menghadap serangan virus.

Mengetes seberapa kuat firewall dengan Shields Up!

Tes berikutnya ialah menguji seberapa kuatnya software firewall yang Anda miliki dengan menggunakan Shields Up! Website ini akan menguji 1000 port yang ada pada komputer secara terperinci. Kemudian hasil dari pengujian tersebut akan diberitahukan. Apabila ada satu saja port yang berbahaya, maka pengguna akan diberitahukan. Jika hal ini terjadi berarti firewall Anda memang harus diganti.

Itu tadi beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menguji seberapa kuatnya web browser, antivirus, maupun firewall yang digunakan di laptop atau komputer. Selamat mencoba!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here