close

Ini Hal-hal yang Wajib Diketahui Tentang Android P

Dalam waktu dekat ini, Google akan menggelar sebuah perhelatan besar, yakni Google I/O 2018, pada 8 Mei 2018 ini. Informasi ini diketahui dari salah satu akun resmi Google. Kabarnya, acara ini akan berlangsung selama tiga hari. Dimana Google akan membocorkan informasi mengenai proyek apa saja yang sedang mereka lakukan. Salah satu produk yang akan dibawa saat helatan tersebut ialah Android P. Sebelum dirilis, simak beberapa fakta-fakta tentang Android P berikut ini.

Waktu rilis Android P

Sampai sekarang, nama resmi Android P memang belum diumumkan. Namun pada Google I/O 2018, nama tersebut akan diumumkan. Kita bisa melihat bahwa sebelumnya Google selalu melakukan tes beta kepada public yang berlangsung di beberapa bulan berikutnya. Kemudian selanjutnya, Android P akan mulai dirilis ke publik pada bulan Agustus untuk pengguna perangkat Google Pixel. Namun bagi Anda yang menggunakan perangkat lain, Anda harus bersabar untuk menunggu terlebih dahulu karena produsen smartphone akan menyesuaikan produk mereka untuk sistem operasi terbaru Google tersebut. Salah satu merek smartphone, Nokia, telah mengonfirmasi bahwa perangkat mereka akan mendapatkan Android P pada tahun 2018 ini. Namun beberapa merek lain, sebut saja Sony, Samsung, LG, atau HTC, kemungkinan belum bisa menikmati Android P hingga tahun 2019 mendatang.

Distribusi akan dilakukan lebih cepat

Google memiliki keinginan untuk mendistribusikan Android P pada perangkat-perangkat smartphone Android dengan lebih gencar lagi. Mematok sebuah laporan bahwa banyak perangkat smartphone Android di dunia yang belum memakai OS terbaru. Tentu hal ini akan sangat buruk bagi keamanan sebuah perangkat.

Mendukung aplikasi Google lain

Selama ini kita mengetahui bahwa masih ada beberapa aplikasi resmi dari Google yang tidak didukung dengan sistem operasi Android terbaru. Namun melalui Android P, Google memang diharapkan akan lebih mendukung aplikasi resmi miliknya tersebut supaya bisa semakin berkembang.

Nama resmi dari Android P

Jika dilihat dari abjadnya, sudah bisa dipastikan bahwa nama resmi dari Android 9 ini akan berawalan huruf P. Bahkan nama ini juga diduga merupakan nama makanan penutup, seperti nama Android sebelum-sebelumnya. Tanda mengenai nama Android 9 ini tertangkap dalam Android Open Source Project (AOSP). Dalam catatan proyek internal ini, Google telah membuat referensi ke Android Pi yang diduga merupakan nama resmi dari Android 9 tersebut. Namun ada beberapa nama yang diduga, yaitu Android Pineapple atau Android Pineapple Cake. Hal ini pun sudah didukung dengan adanya teka-teki Street View yang berlokasi di kantor Google. Di dalam teka-teki tersebut, Anda akan diarahkan pada sebuah ruangan berisi Pineapple Cake yang terbalik.

Itu tadi beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang Android 9 yang diduga akan memiliki nama Android Pineapple. Bagaimana menurut Anda?

Tags : androidAndroid Pgoogle

Leave a Response