SHARE

Saat ini flashdisk merupakan tempat penyimpanan data yang dimiliki oleh hampir setiap orang. Ukurannnya yang kecil membuat benda ini mudah dibawa kemana saja. Memang ruang penyimpanannya kecil, namun banyak orang tetap menggunakannya untuk menyimpan data-data yang penting dan dibutuhkan saat di luar rumah.

Setiap pengguna juga memiliki cara yang berbeda-beda dalam merawat atau memakai flashdisk. Tahukah Anda bahwa beberapa kebiasaan di bawah ini dapat membuat flashdisk cepat rusak dan tidak awet?

Meletakkan flashdisk berdekatan dengan benda bergelombang magnet

Banyak orang yang tidak menyadari hal ini. Misalnya saja meletakkan flashdisk di dekat smartphone, televisi, atau gantungan kunci yang bermagnet. Hal ini membuat flashdisk menjadi cepat rusak. Sebaiknya gunakan wadah khusus untuk menyimpan flashdisk, seperti kantung atau laci yang tidak bersentuhan dengan benda lain di dalamnya.

Sering melakukan proes tulis hapus data

Sebaiknya jangan terlalu sering copy, paste, atau delete data pada flashdisk yang disebut dengan proses tulis hapus data. Mengapa hal ini dilarang? Flashdisk memiliki kapasitas maksimal sekitar 10.000 sampai 100.000 kali proses tulis hapus data. Apabila sudah melewati, kemungkinan flashdisk akan lebih lambat atau tidak bisa digunakan.

Eject sebelum mencabut flashdisk

Melakukan eject sebelum mencabut flashdisk juga cukup berbahaya. Dikhawatirkan sedang ada proses yang berjalan di flashdisk, sehingga apabila langsung dicabut maka akan terjadi corrupt data atau malah rusak.

Terkena air, terjatuh, dan terkena panas

Apabila flashdisk terkena air, terjatuh, atau disimpan pada tempat yang panas, flashdisk akan berisiko rusak. Hindari hal-hal ini untuk mengurangi kerusakan pada fisik dan isi dari flashdisk.

Jarang melakukan scanning terhadap virus

Jangan lupa selalu melakukan scanning virus setelah digunakan di komputer lain. Selain dapat merusak flashdisk, virus tersebut juga berpotensi menginfeksi komputer atau laptop Anda.

Beberapa kebiasaan di atas dapat menyebabkan flashdisk menjadi tidak awet dan cepat rusak. Mulai dari sekarang perlakukan flashdisk Anda dengan benar agar lebih awet. Flashdisk pasti akan lebih sering digunakan pada komputer lokal. Anda bisa menggunakan antivirus lokal yang ampuh seperti Smadav untuk menghilangkan virus pada flashdisk.

1 COMMENT

  1. Gan kalo misal kan mau nyetak tapi malah bunyi mulu n gak mau nyetak itu kira2 apanya ya .tiap di pasangin kertas pasti bunyi tutit tutit gitu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here