SHARE

Kartu memori atau yang sering disebut dengan SD Card merupakan salah satu komponen yang biasanya wajib menempel di smartphone. Kartu memori dibutuhkan jika sebuah smartphone tidak memiliki kapasitas penyimpanan yang memadai, sehingga peran kartu memori pun dibutuhkan.

kartu memori

Namun tidak semua kartu memori memiliki jenis dan performa yang sama. Saat ini ada tiga jenis kartu memori yang paling sering digunakan, yaitu:

SD Card

SD Card merupakan kartu memori yang memiliki ukuran 32 x 24 x 2 mm. Kartu memori ini paling banyak digunakan untuk kamera digital. Namun tidak dipakai pada ponsel atau tablet karena ukurannya yang besar.

Mini SD

Mini SDĀ berukuran 21,5 x 20 x 1,4 mm. Memori jenis ini dulunya banyak digunakan pada ponsel, namun belakangan ini sangat jarang digunakan pada ponsel keluaran terbaru.

Micro SD

Micro SDĀ memiliki ukuran 15 x 11 x 1 mm. Kartu memori jenis ini banyak digunakan pada ponsel, tablet, dan kamera digital. Micro SD memiliki ukuran yang kecil, sehingga lebih praktis dan efisien saat digunakan.

Dari ketiga jenis di atas, Micro SD merupakan kartu memori yang paling banyak digunakan saat ini. Hampir tiap smartphone keluaran terbaru menggunakan Micro SD, mungkin karena ukurannya yang kecil namun dapat menampung ukuran yang besar.

Untuk micro SD sendiri, saat ini ada tiga jenis yang beredar, yaitu SD, SDHC, dan SDXC. Lalu apa perbedaannya?

  • SD (Secure Digital), dengan kapasitas penyimpanan maksimal 2 GB dan format file FAT16.
  • SDHC (Secure Digital High Capacity), dengan kapasitas penyimpanan hingga 32 GB dan format file FAT32.
  • SDXC(Secure Digital Extended Capacity), dengan daya tampung dari 32 GB hingga 2 TB, merupakan spesifikasi baru SD Card versi 3.00 dengan kecepatan tulis hingga 35 Mbps dan kecepatan baca hingga 60 Mbps.

Setelah mengetahui perbedaannya, Anda pilih yang mana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here