close

Intel Remote Keyboard: Aplikasi Android untuk Kendalikan PC

Intel Remote Keyboard

Intel Corp, sebuah perusahaan chipset dari Amerika, memperkenalkan sebuah aplikasi terbarunya bernama Intel Remote Keyboard yang baru dirilis pada 16 Juni 2015 lalu. Intel Remote Keyboard merupakan aplikasi khusus untuk Intel NUC dan Compute Stick yang bisa diunduh melalui Google Play Store atau Apple Store. Pengguna menggunakan aplikasi ini di smartphone, kemudian mereka bisa mengontrol NUC/ICS dari jarak jauh menggunakan Wi-Fi pada smartphone mereka.

Intel Remote Keyboard

Melalui peluncuran aplikasi yang bisa diintegrasikan dari smartphone ini, Intel Corp memang memberikan dukungan terhadap produk yang masuk dalam kategori PC Next Unit Caomputing (Nuc) atau Mini PC yang telah diluncurkan. Sehingga, ketika pengguna ingin memakai keyboard qwerty untuk menjalankan Mini PC, mereka bisa menjalankannya melalui smartphone dan tablet yang berbasis Android atau iOs secara langsung.

Aplikasi ini memiliki keyboard on screen dan track pad yang telah dilengkapi dengan scroll bar. Tak hanya itu saja, Intel Remote Keyboard juga telah didukung pengoperasian dalam modus vertikal dan horizontal. Anda bisa menggerakkan jari ke arah tempat yang kosong untuk mengontrol pergerakan kursor dengan cara mengklik satu kali untuk operasi klik kiri, sedangkan untuk operasi klik kanan bisa mengklik dengan dua jari. Sedangkan untuk men-scroll layar, Anda bisa menggerakkan satu jari ke arah scroll bar.

Intel Remote Keyboard

Penggunaannya pun cukup mudah, berikut cara menggunakan Intel Remote Keyboard.

Cara Menggunakan Intel Remote Keyboard

  1. Install Intel Remote Keyboard mobile apps di handphone Anda
  2. Download dan install host apps dari Intel Download Centerdi Intel NUC atau ICS Anda
  3. Buka apps di handphone Anda
  4. Setting dan hubungkan antara keduanya dengan scanning kode melalui QR Code

Setelah selesai, Anda langsung bisa mengontrol komputer NUC atau ICS dari smartphone MAPUN tablet Anda. Smartphone atau tablet akan menjadi keyboard yang bisa tersinkronisasi dengan Mini PC tersebut.

Intel Remote Keyboard

Intel Remote Keyboard didesain sebagai aplikasi yang cocok digunakan untuk Mini PC berukuran mini, seukuran dengan USB Flash Drive. Biasanya Mini PC jenis ini memang tidak memiliki keyboard dan mouse. Mini PC berukuran kecil hanya bisa ditancapkan langsung ke monitor saat beroperasi. Namun, tak hanya pada Mini PC saja, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini pada sistem operasi Windows 7 atau 8.

Kabar gembiranya, Intel Corp tidak menariki biaya unduh kepada aplikasi ini. Pengguna bisa mengunduh dan menggunakan Intel Remote Keyboard secara gratis. Padahal biasanya aplikasi sejenis dibandero dengan harga sekitar USD200 atau USD400.

Tutorial Penggunaan Intel Remote Keyboard

Tags : androidaplikasiAplikasi AndroidIntelIntel Remote KeyboardreviewReview Intel Remote Keyboard

Leave a Response