close

iOS Bisa Dibobol Via Kabel Data

bobol password ios

iOS di iPhone ternyata tidak seaman sebagaimana yang menjadi kepercayaan kita selama ini. Sebab peneliti dari Hacker House telah menemukan cara untuk menjebol dan menyusup masuk ke sistem sekuritas iOS. Hebatnya, peneliti ini hanya membutuhkan sebuah kabel data (USB Data Cable).

Para peneliti ini menggunakan teknik kasar yang biasa disebut “bruteforce” dengan menggunakan kabel data, mencoba mengakali jumlah angka password yang diinput dalam iPhone dari hanya 10 kesempatan percobaan menjadi unlimited atau tanpa batas.

Titik lemah ini yang dimanfaatkan oleh para peneliti atau hacker ini. Dengan tiadanya batasan input password maka kesempatan untuk men-bruteforce sebuah password tidak akan terblokir.

Apple iOS “Erase data” UI glitch from Hacker Fantastic on Vimeo.

Dalam video tersebut ditunjukkan bagaimana cara kerja bruteforce ini dalam sebuah perangkat iPhone. Metode dimana sebuah perangkat digempur dengan berbagai kombinasi karakter password sampai berhasil, entah membutuhkan waktu berapa lama.

Matthew Hickey, salah satu co-founder Hacker House mengungkapkan jika dengan cara ini, dan berbekal kabel data, membuat perangkat mengalami kebingungan saking banyaknya percobaan password yang diinput. Inilah yang akan menyebabkan sistem proteksi perangkat tidak lagi berfungsi.

Sedang dari pihak Apple sendiri tidak membenarkan metode ini untuk membongkar perangkatnya. Michele Wyman dari Apple menyayangkan bagaimana hacker menggambarkan bahwa keamanan perangkat Apple mudah untuk ditembus yang membuat iOS bisa dibobol via kabel data. Meski pada akhirnya Apple akan segera memberikan pembaruan minor untuk keamanan sistem operasi perangkatnya.

Tags : HackiOSiPhone

Leave a Response