SHARE

Setelah lama dirumorkan, akhirnya iPhone 7 dan iPhone 7 Plus telah resmi dirilis di Bill Graham Civic Auditorium pada Rabu (7/9/2016) pagi waktu setempat. Ada beragam fitur baru yang disematkan pada kedua ponsel pintar ini, antara lain tombol Home baru yang didesain ulang memakai Force Touch sehingga lebih responsif dan sensitif, kemampuan anti air dan anti debu dengan sertifikasi IP67, hingga sensor kamera 12 megapiksel. Berikut ini merupakan beberapa perubahan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Fitur iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

Desain

Dalam segi desain, Apple menambahkan beberapa varian warna baru yang bisa dipilih, yakni jet black (hitam dan glossy) dan black. Menariknya, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dibekali dengan kemampuan anti air serta anti debu dengan memakai sertifikasi IP67. Pengguna dapat menggunakan kedua ponsel ini di bawah guyuran hujan, tidak perlu khawatir akan rusak. Bahkan Apple mengklaim bahwa ponsel miliknya ini bisa bertahan hingga kedalaman maksimal satu meter. Namun desain baru ini juga memiliki bagian terburuk, seperti adanya tonjolan bingkai lensa pada kamera. Sehingga ponsel tidak bisa rata saat sedang dibaringkan dengan punggung menghadap ke bawah.

Layar

Layar iPhone 7 sebenarnya sama dengan layar milik iPhone 6S, yaitu 4,7 inci, resolusi 1.334 x 750 piksel, dan kerapatan 326 piksel per inci. Namun vendor asal California, AS, tersebut meningkatkan performa tingkat kecerahan layar yang lebih terang dan jelas. Sedangkan untuk iPhone 7 Plus mempunyai layar sebesar 5,5 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel, hampir sama dengan iPhone 6S. Hanya berbeda pada tingkat kecerahan layarnya saja.

Tombol Home

Tombol Home yang ada pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus telah dirubah oleh Apple. Apabila tombol sebelumnya hanya bisa bekerja secara mekanis, kali ini tombol tersebut menjadi lebih sensitif dengan sentuhan. Bahkan Apple juga menyematkan Taptic Engine untuk mendeteksi sentuhan. Tidak akan ada suara “klik” yang keluar, pengguna hanya bisa merasakn getaran saja setiap kali menyentuh tombol tersebut.

Sistem operasi dan prosesor

Kedua smartphone ini sama-sama memakai sistem operasi terbaru milik Apple, yaitu iOs yang memiliki sejumlah peningkatan jika dibandingkan dengan iOs versi sebelumnya, seperti fungsi Messaging baru dan asisten digital Siri yang lebih canggih dan pintar. Untuk prosesor-nya, Apple menyematkan chip A10 Quad Core 64-bit Fusion yang membuat kinerja menjadi lebih tinggi. Ada juga motion co-processorM10 yang membuat iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dapat berlari 40 persen lebih cepat dibandingkan pendahulunya.

Kamera

iPhone 7 memiliki kamera 12 megapiksel dengan lensa tunggal (f/1,8), sedangkan iPhone 7 Plus dibekali dengan kamera 12 megapiksel berlensa ganda. Kedua lensa ini memang memiliki fungsi berbeda. Lensa wide (f/1,8) digunakan untuk memotret dengan cakupan pandangan lebih lebar. Sedangkan lensa telephoto 56 milimeter (f/2,8) berguna untuk memotret objek pada jarak yang jauh. iPhone 7 Plus juga memiliki prosesor pemrosesan gambar yang bisa memindai kedalaman bidang foto, dengan memanfaatkan lensa wide dan telephoto tersebut. Ada beragam kesamaan fitur pada kedua ponsel pintar ini, antara lain optical image stabilizer untuk mencegah foto blur, quad tone LEDflash, dukungan format RAW, serta zoom optik 2x. Untuk resolusi sensor kamera depannya juga sama, yaitu kamera depan dengan resolusi 7 megapiksel.

Headphone

Apple telah menghapus keberadaan port audio 3,5 milimeter, kemudian menggantinya dengan converterLightning to 3,5 mm dalam semua paket pembelian iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Sehingga pengguna tetap bisa memakai headphone lamanya dengan memanfaatkan converter yang dicolok ke port pengisian daya ini. Tak hanya itu saja, pengguna juga akan mendapatkan satu set Lightning EarPods yang bisa langung dipasang ke port pengisian daya bila ingin mendengarkan musik.

Baterai

Sebenarnya Apple tidak mengungkap secara jelas mengenai besar kapasitas baterai pada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Namun bisa dipastikan bahwa kapasitas baterainya memang lebih besar karena bisa menyuplai tenaga penggerak dua lensa kamera. Apple hanya menyebutkan bahwa iPhone 7 mengusung baterai yang bisa bertahan 2 jam lebih lama dibanding iPhone 6S. Sedangkan baterai iPhone 7 Plus bisa bertahan 1 jam lebih lama dibanding iPhone 6S Plus.

Memori internal

Tidak persis dengan seri iPhone sebelumnya yang mempunyai spesifikasi memori internal terendah 16 GB. Kini Apple menyediakan pilihan memori internel yang lebih besar. Selain memori 32 GB dan 128 GB, pengguna pun bisa membeli duo ponsel ini dalam kapasitas 256 GB.

Spesifikasi iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

iPhone 7 Plus iPhone 7
Bentang layar 5,5 inci 4,7 inci
Resolusi layar 1.920 x 1080 piksel 1.334 x 750 piksel
Fitur Layar Panel IPS; Retina Color HD, wide color gamut dan 3D touch; Anti-air dan debu Panel IPS; Retina Color HD, wide color gamut dan 3D touch; Anti-air dan debu
Bobot 188 gram 138 gram
Ketebalan 7,3 milimeter 7,1 milimeter
Sistem Operasi iOS 10 iOS 10
Prosesor A10 Fusion Chip, 64 bit; M10 Motion Co-processor A10 Fusion Chip, 64 bit; M10 Motion Co-processor
RAM (prediksi) 3 GB (prediksi) 2 GB
Memori Internal 32/128/256 GB 32/128/256 GB
Kamera Utama Dua lensa 12 megapiksel (wide f/1.8 dan telephoto f/2.8); Optical Image Stabilization; Quad Tone LED Flash; Shappire Crystal Lens Cover; Backside illumination sensor Satu lensa 12 megapiksel (f/1.8); Optical Image Stabilization; Quad Tone LED Flash; Shappire Crystal Lens Cover; Backside illumination sensor
Kamera FaceTime 7 megapiksel (f/2.2); Retina Flash; Backside illumination sensor; pendeteksi tubuh dan wajah 7 megapiksel (f/2.2); Retina Flash; Backside illumination sensor; pendeteksi tubuh dan wajah
Konektivitas GSM, EDGE, UMTS, HSPA+, DC-HSDPA, CMDA EVDO Rev A (model tertentu), LTE Advance; WiFi a/b/g/n/ac; Bluetooth 4.2; GPS dan GLONASS; VoLTE GSM, EDGE, UMTS, HSPA+, DC-HSDPA, CMDA EVDO Rev A (model tertentu), LTE Advance; WiFi a/b/g/n/ac; Bluetooth 4.2; GPS dan GLONASS; VoLTE
Baterai 1 jam lebih lama dibanding iPhone 6S Plus 2 jam lebih lama dibanding iPhone 6S
Sensor Three-Axis Gyro; Accelerometer; Proximity; Ambient Light; Barometer Three-Axis Gyro; Accelerometer; Proximity; Ambient Light; Barometer

Harga iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

Dikatakan bahwa iPhone 7 akan dibanderol dengan harga mulai dari 649 dollar AS atau setara dengan Rp 8,5 juta. Sementara varian iPhone 7 Plus dipatok mulai 769 dollar AS atau senilai Rp 10 jutaan. Patokan harga itu lebih murah ketimbang iPhone 6s dan 6s Plus yang keluar pada September 2015 lalu. Duet iPhone ini tersedia dalam tiga pilihan memori, dari 32GB, 128GB, hingga 256GB. Sementara varian warnanya ada lima, yakni silver, gold, rose gold, dark black sebagai pengganti space gray, dan jet black.

iPhone 7

– Versi 32 GB dengan harga 649 dollar AS (sekitar Rp 8,5 juta)
– Versi 128 GB dengan harga 749 dollar AS (sekitar Rp 9,8 juta)
– Versi 256 GB dengan harga 849 dollar AS (sekitar Rp 11,1 juta)

iPhone 7 Plus

– Versi 32 GB dengan harga 769 dollar AS (sekitar Rp 10 juta)
– Versi 128 GB dengan harga 869 dollar AS (sekitar Rp 11,3 juta)
– Versi 256 GB dengan harga 969 dollar AS (sekitar Rp 12,7 juta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here