iPhone 7

Rumor mengenai iPhone 7 sudah banyak beredar di internet. Salah satu rumor mengenai ponsel pintar terbaru keluaran Apple tersebut ialah pada chip yang digunakan. Kabarnya raksasa Apple akan menggunakan chip buatan Intel. Namun komponen dari Intel ini bukan berupa System-on-Chip (SoC) seperti pada lini produk Atom, melainkan chip modem LTE.

iPhone 7

Ada sebanyak 50 persen chip LTE untuk iPhone bakal dipasok oleh Intel.  Tidak jelas siapa yang bakal memasok 50 persen sisanya, namun mungkin hal ini bakal ditangani oleh Qualcomm yang dulu menjadi pemasok eksklusif chip LTE untuk Apple selama 3 tahun.

Dengan kata lain, Intel memang telah mengambil sebagian jatah order Qualcomm dari pihak Apple. Hal ini juga sesuai dengan laporan dari analis CLSA Securities, Srini Pajuri sebelumnya, di mana disebutkan bahwa Intel telah mendapatkan porsi yang signifikan dari pesanan chip LTE.

Tidak hanya itu saja, kabarnya Intel mengerahkan lebih dari 1.000 pegawai untuk menyiapkan chip modem 7360 LTE yang bakal dipakai di iPhone 7. Secara teoritis, chip modem ini sanggup menghasilkan kecepatandownlink hingga 450 Mbps, uplink 100 Mbps, serta mendukung LTE kategori 10 dan 29 band LTE. Sebagai perbandingan, modem LTE yang tertanam di iPhone 6S saat ini memiliki kecepatan maksimal 300 Mbps, dua kali lebih tinggi dibandingkan iPhone 6 sebelumnya.

Leave a Reply