close
Please assign a menu to the primary menu location under menu

Kamera GoPro Hero 4 Session: Mungil, Kinerja tetap Maksimal

Kamera GoPro Hero 4 Session

Semakin tingginya minat terhadap kamera GoPro, membuat perusahaan terus menelurkan inovasi terbaru melalui kamera GoPro Hero 4 Session. Kamera Go Pro Hero 4 Session didesain dengan bentuk paling kecil dan paling ringan dari GoPro terdahulu.

Kamera GoPro Hero 4 Session
Kamera GoPro Hero 4 Session

Kamera GoPro Hero Session 4 dilincurkan pada bulan Juli 2015 lalu. Salah satu hal yang paling terlihat yaitu pada desain. Tentunya lenih kecil, lebih ringan dan tahan air walaupun tidak ada kotak khusus untuk melindungi kamera. Bentuk baru ini sangat nyaman untuk pemasangan yang lebih fleksibel. Selain itu untuk merekam, pengguna dapat melakukannya dengan cepat dan desain baru microphone yang memberikan pengurangan angin kebisingan yang lebih baik.

Spesifikasi kamera GoPro Hero 4 Session

Desain dan fitur-fitur

Lagi-lagi, keuntungan desain diarahkan pada GoPro. Kamera-kamera seperti Replay XD Prime X, iON Air Pro 3, Contour Roam3 dan Drift Ghost-S tidak memerlukan cover untuk melindungi kamera tersebut dari air. Selain itu, kamera Prime X adalah silinder dan dapat diputar hingga kamera pada posisi tegak, sementara Roam3 dan Ghosts-S memiliki lensa yang dapat diputar hingga sama seperti Prime X.

Kamera GoPro Hero 4 Session

Kamera GoPro Hero 4 Session memeliki model satu titik pemasangan yaitu berada di bagian bawah. Ada dua frame disertakan dengan kamera. Satu memiliki standar GoPro yang berada di bawah sementara yang lainnya diletakkan yang mengarah ke belakang. Dikombinasikan dengan dua tombol buckle yang mudah dioperasikan, frame kamera GoPro Hero 4 Session memungkinkan pengguna untuk meletakkan kamera di tempat yang rapat seperti dibawah papan seluncur atau dipasang pada helm.

Untuk membuat kamera GoPro Hero 4 Session lebih kecil lagi, para pengguna dapat menghilangkan beberapa hal. Hal tersebut meliputi tidak ada output HDMI dan baterai built-in. Akan ada port Micro SD untuk mengisi daya dan mentransfer file.

Hanya ada dua tombol. Beri tombol di atas cepat dan kamera akan menyala dan mulai merekam dalam waktu kurang dari lima detik. Tekan dan tahan tombol ketika off selama tiga detik dan kamera mulai mengambil time-lapse foto. Cara tekan cepat lagi dengan mematikan lagi.

Kualitas Video dan Kinerja

Kamera GoPro Hero 4 Sessin desain untuk tidak dapat menerima banyak sinar matahari karena sensor terbaik dan prosesor video sudah mengeluarkan banyak panas. Apapun itu kinerja kamera GoPro Hero 4 Session bekerja sangat baik. Merekam 1080p pada 60fps, video 25Mbps-bitrate terlihat sangat baik pada ukuran kecil, seperti jika dilihat pada smartphone atau tablet, memberikan warna yang cukup detail seperti kebanyakan kamera.

Kamera GoPro Hero 4 Session

Jika Anda benar-benar memeriksa video, Anda dapat melihat ada penurunan kualitas dari Hero 4 silver dan Hitam. Rincian halus hanya tidak tajam dan bersih dan ada lebih artefak terlihat bila dilihat secara dekat dengan ukuran besar.

Menganbil gambar di dalam ruangan atau di cahaya rendah atau gelap akan menghasilkan hasil yang lembut dan bintik-bintik juga lebi terlihat. Kamera memang memiliki mode Auto Low Light tetapi yang hanya menjatuhkan frame rate untuk membantu dengan eksposur. Pada dasarnya, jangan berharap hasil yang sama di dalam ruangan seperti yang Anda dapatkan pada siang hari.

Pada akhirnya, jika Anda benar-benar membutuhkan video terbaik (namun tentunya harganya juga lebih mahal) Anda lebih baik memilih Hero 4 Silver.

Adapun audio, GoPro digunakan dua microphone, satu di depan dan satu di belakang. Untuk mengurangi kebisingan angin, kamera dinamis akan beralih ke mic yang lebih baik.

Microphone pada kamera tahan air cenderung terdengar diredam karena membran yang diperlukan untuk menjaga air keluar. Kamera GoPro dirancang khusus port mic untuk memindahkan air keluar secepat mungkin, membersihkan membran dalam beberapa detik. Namun, kombinasi dari angin dan air menciptakan suara siulan dan itu tidak jelas air secepat saat kamera diposisikan terbalik dan tetap seperti itu.

Daya tahan bateri dapat bertahan rata-rata 2 jam ketika sedang merekam 1080p pada 30fps dengan tidak menggunakan wi-fi. Namun, dengan menggunakan Wi-Fi atau merekam pada frame rate yang lebih cepat kemungkinan akan menurunkan waktu perekaman.

Kesimpulan

Jika tujuannya ingin mencipatakan kamera GoPro Hero 4 Session benar-benar untuk menciptakan persaingan dengan kamera-kamera yang lain, dalam hal ini GoPro sukses. Ini bukan hanya variasi pada apa yang sudah ada dalam lineup, tetapi memuji kinerja tim GoPro yang sudah menelurkan inovasi kamera kecil, kamera ringan yang bisa menjadi ‘teman’ jika ingin melakukan perjalanan, merupakan hal yang pantas dilakukan.

Jika Anda memiliki hobi melakukan perjalanan dan ingin memotret dan mengambil rekaman video dari ekspedisi namun tak ingin ribet dalam membawa, sepertinya kamera GoPro Hero 4 Session layak untuk dimiliki.

 

 

 

 

1 Comment

  1. GO PRO 4 kemarin sudah beberapa kali mampir di stand Go Pro di mall di jakarta. Pengen sih beli tapi harga masih tergolong tinggi namun kualitasnya memang OK. Mungkin untuk pemula bisa mencoba GO PRO 3 aja dulu ..

Leave a Response


Warning: Cannot assign an empty string to a string offset in /home/anugrahx/public_html/wp-includes/class.wp-scripts.php on line 445