SHARE

Tidak bisa dipungkiri jika kebanyakan orang menganggap bahwa kamera ponsel dengan mengapiksel yang tinggi dianggap lebih tangguh dibanding dengan kamera ponsel yang memiliki megapiksel lebih rendah. Padahal hal ini sebenarnya tidak benar. Angka megapiksel yang semakin tinggi belum tentu selalu lebih baik. Angka mengapiksel yang tinggi juga bukannya memberi pengaruh baik terhadap foto, melainkan bisa mengurangi kualitas foto.

kamera ponsel

Kamera ponsel memiliki sensor yang berukuran yang sangat kecil. Apabila megapiksel yang disematkan pada sensor kecil semakin tinggi, maka semakin banyak bintik-bintik yang bakal muncul dalam setiap foto. OmniVision Technologies, sebuah produsen sensor kamera ponsel, telah berusaha membuktikan konsep tersebut. Mereka membuat sebuah sensor dengan ukuran megapiksel kecil, tetapi memiliki berbagai kecanggihan lain.

Seiring meningkatnya kebutuhan kamera pada ponsel premium, perlombaan megapiksel mulai melambat. Produsen sensor pun mulai menekankan pada kinerja per piksel dan ukuran sensor agar kualitas foto serta video membaik. Sensor terbaru yang digunakan oleh OmniVision Technologies adalah OV12890, sensor dengan desain bertumpuk (stacked) terbesar untuk pasar ponsel.

Sensor tersebut memiliki permukaan seluas 1/2,3 inci, ketajaman 12 megapiksel dan desain bertumpuk. Kemudian OmniVision memperkuat fitur noise reduction pada sensor kamera dan kecepatan yang sanggup merekam video 4K atau 2K pada 60 frame per detik.

Desain yang digunakan membuat sensor ini bisa ditempatkan di ruang sempit, ideal untuk dipakai ponsel mutakhir. Mereka juga mengklaim sudah meningkatkan sensitivitas terhadap cahaya. Biasanya sensor kamera khusus 4K atau sensor kamera pada umumnya hanya bisa menjangkau kecepatan 30 frame per detik. Sensor buatan OmniVision kali ini bisa mencapai 60 frame per detik karena arsitektur khususnya.

Kabarnya OV12890 baru akan diproduksi pada akhir 2016 mendatang dan belum diketahui ponsel apa saja yang bakal memakainya. Selain seri ini, OmniVision juga sempat merilis sensor lain yang memiliki ketajaman 16 megapiksel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here