SHARE

Kartu memori merupakan sebuah perangkat yang cukup berperan bagi para pengguna smartphone. Kartu memori atau SD Card banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan berbagai data. Saat ini memang telah banyak beredar gadget dengan memori internal besar. Namun tetap saja banyak pengguna yang merasa masih kurang dan masih membutuhkan memori eksternal untuk menyimpan berbagai macam data.

Saat Anda menggunakan kartu memori pada ponsel, mungkin Anda pernah mengalami masalah di mana kartu memori tidak bisa terbaca, atau istilahnya damage. Jika hal ini terjadi, tentu saja Anda akan merasa kesulitan untuk memindahkan data-data yang ada di dalam kartu memori tersebut. Lalu jika sudah seperti ini, apa yang harus Anda lakukan? Berikut ini merupakaan beberapa cara memperbaiki kartu memori yang tidak bisa terbaca.

Mengecek error dari laptop atau PC

Anda bisa mencoba cara pertama ini dengan cara menghubungkan smartphone ke laptop atau PC dengan menggunakan kabel data. Namun pastikan jika smartphone Anda telah terhubung dalam Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP). Setelah itu, buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori, pilih Properties > Tools > Error Checking, kemudian tunggu hingga semua proses selesai. Eject kartu memorinya, lalu cek apakah kartu memori sudah terbaca atau belum.

Melakukan format dari smartphone

Coba masuk ke menu Setting > Storage. Pada menu tersebut ada opsi Erase SD Card. Anda bisa membuat memori bersih seperti baru dengan memilih opsi tersebut.

Membersihkan kartu memori

Untuk melakukan cara ini, Anda bisa mengeluarkan kartu memori dari gadget. Namun pastikan gadget telah dimatikan terlebih dahulu. Kemudian bersihkan lempengan tembaga dengan penghapus pensil berwarna putih. Gosok secara perlahan hingga bersih. Apabila sudah yakin bersih, masukkan kembali kartu memori yang telah dibersihkan ke dalam slot memori. Periksa apakah kartu memori sudah terbaca atau belum.

Memformat dari PC atau laptop

Apabila kartu memori Anda tidak terlihat baik-baik saja di komputer atau laptop, namun tetap tidak terbaca di smartphone, Anda bisa membackup seluruh data pada perangkat lain terlebih dahulu. Kemudian format kartu memori tersebut. Lalu kembalikan lagi semua data-data yang ada pada perangkat lain. Setelah itu, cek kembali apakah masih tidak terbaca atau sudah terbaca.

Beberapa cara di atas bisa Anda lakukan saat kartu memori milik Anda tidak terbaca. Apabila masih gagal, sebaiknya Anda membeli kartu memori yang baru. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here