close

Ketahui 5 Ancaman di Dunia IT yang Cukup Mengerikan

ancaman di dunia it

Saat ini hampir semua orang di dunia dari berbagai rentang usia memiliki smartphone. Orang memiliki smartphone karena berbagai alasan. Tidak hanya urusan komunikasi saja, namun sekarang smartphone bisa digunakan untuk menunjang berbagai aktivitas sehari-hari manusia. Hanya dengan klik layar saja, pekerjaan bisa terbantu.

Bisa dibilang bahwa teknologi memang menjadi kemajuan yang luar biasa di dunia. Namun sebenarnya dibalik kecanggihan tersebut, ada banyak hal yang mengkhawatirkan juga. Misalnya saja bermunculan hacker, virus, atau penyusup yang ada di dunia maya. Tentu semua memiliki keunggulan dan kelemahan, termasuk masalah teknologi ini. Ternyata dibalik manfaatnya yang luar biasa, kecanggihan teknologi ini dapat berbalik menyerang rasa aman manusia, bahkan mengancam keamanan data juga. Lalu sebenarnya apa saja berbagai ancaman tersebut?

Cyberwarfare

Pada tahun 2011 lalu, ditemukan virus komputer berbahaya bernama Duqu. Ternyata virus ini menghubungkan dengan virus bernama Stuxnet yang ditemukan pada 2010. Kedua virus ini dikatakan sebagai virus yang diciptakan untuk tujuan militer alias Cyberwarfare. Biasanya virus-virus ini dipakai untuk mengambil data-data penting, kemudian data-data tersebut dipakai secara illegal. Membahayakan bukan?

Botnets

Bisa dikatakan bahwa laptop atau komputer Anda sebenarnya merupakan pembawa malware yang cukup berbahaya. Biasanya begitu virus berhasil melewati jaringan yang ada di komputer, maka akan semakin menjalar. Seluruh aplikasi akan terdeteksi, kemudian Botnets akan mengumpulkan virus-virus lainnya juga. Bisa dibilang Botnets sangat berbahaya karena sering dipakai sekelompok orang kriminal dalam menyebarkan virus malware.

Jaringan seluler hacking

Biasanya seseorang akan merasa aman saat laptop dan komputernya dilindungi dengan proteksi anti virus. Padahal sebenarnya risiko virus akan menjangkit smartphone bisa membahayakan. Kita bisa melihat bahwa perkembangan smartphone begitu cepat, kemudian seluruh data pribadi pun telah masuk ke dalam radar para hacker. Hal ini diperparah lagi dengan taktik para hacker dalam menyewa botnet, kemudian memasukkan berbagai penipuan klik atau cybercrime.

Sosial media snooping

Tentu seluruh orang memiliki berbagai akun media sosial. Namun tidak semua orang memerhatikan pengaturan privasi pada media sosial milik mereka. Coba Anda lebih selektif terhadap orang-orang yang ditambahkan sebagai teman. Tak hanya itu saja, Anda juga perlu lebih berwaspada terhadap semua yang dibagikan di media sosial, seperti foto profil maupun lokasi tinggal. Saat ini banyak orang yang menyelidiki atau ingin mengetahui latar belakang seseorang melalui media sosial.

Financial malware

Perlu diketahui bahwa hampir seluruh bank memiliki sistem keuangan dalam bentuk aplikasi yang bisa diinstal di smartphone. Kekurangan dari layanan ini sebenarnya terletak pada ancaman yang cukup serius, dimana seseorang bisa saja membobol uang di rekening melalui peretasan virus financial malware di aplikasi tersebut. Saat ini kejahatan financial memang semakin terorganisir jika dibandingkan dulu, apalagi teknologi sudah semakin maju.

Itu tadi beberapa ancaman serius yang cukup mengerikan di dunia IT saat ini. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda pernah mengalami? Sebaiknya proteksi sejak sekarang agar hal-hal di atas tidak terjadi pada Anda.

Tags : ancaman di dunia itancaman IT

Leave a Response