close

Ketahui 5 Sensor Keamanan Biometrik pada Smartphone Ini!

Sejauh ini isu keamanan memang sering menjadi pehatian para pengguna teknologi, terutama pada perangkat smartphone. Sebagai solusi atas masalah keamanan, smartphone menyediakan berbagai fitur keamanan bawaan. Misalnya saja PIN, pola, password, dan masih banyak lainnya. Sebenarnya belum cukup itu saja. Smartphone pada era masa kini telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih, bahkan memanfaatkan tubuh, atau yang sering disebut dengan biometric. Mau tahu apa saja 5 sensor keamanan biometric pada smartphone?

Sidik jari (Fingerprint Scanner)

Fitur keamanan yang satu ini tentu sudah banyak digunakan. Fingerprint scanner termasuk fitur keamanan yang fleksibel dipakai, bahkan dapat diletakkan di bagian mana saja. Bisa ditaruh di bagian depan, bagian belakang, atau malah pada bagian tombol power smartphone. Perlu diketahui, bahwa menurut seorang peneliti bernama Francis Galton, kemungkinan sidik jari manusia bisa sama hanya 1 banding 64 miliar orang loh. Sehingga keamanan yang satu ini dianggap cukup aman. Tak heran jika fitur sidik jari dibenamkan pada smartphone kelas bawah hingga flagship.

Telapak tangan (Palm Scanner)

Tak hanya sidik jari saja, namun palm scanner alias pemindai telapak tangan rencananya akan dipakai sebagai sensor keamanan di masa depan, lho. Kita bisa melihat bahwa salah satu merek smartphone asal Korea Selatan, Samsung, telah mendaftarkan hak paten dari fitur ini. Kabarnya Samsung akan memakai kamera utama untuk fitur keamanan ini.

Mata (Iris dan Retina Scanner)

Dengan menggunakan teknologi ini, pengguna dapat menemukan pemindai mata dalam bentuk iris scanner dan retina scanner pada beberapa perangkat smartphone. Nantinya pemindai iris dan retina ini bakal membaca pola yang unik pada area mata masing-masing orang. Anda juga bisa menjaga keamanan smartphone dengan cara lebih kompleks.

Wajah (Face Recognition)

Fitur face recognition ini cukup viral akhir-akhir ini. Kita bisa melihat iPhone X yang menanamkan FaceID untuk menggantikan TouchID. Fitur TouchID ditinggalkan karena pihak Apple menghilangkan tombol Home. Namun tidak hanya iPhone X saja yang memiliki fitur ini, namun smartphone Android juga dapat menikmati fitur pemindai wajah ini.

Suara (Voice Recognition)

Walau ada suara yang hampir mirip, namun tentu setiap orang memiliki ciri khas suara masing-masing. Banyak smartphone yang memanfaatkan sensor biometrik yang satu ini. Kita bisa melihat ada aplikasi asisten digital yang saat ini sudah banyak dipakai, misalnya Cortana pada Microsoft, Siri pada iOs, atau Google Assistant pada Android. Tentu keduanya akan mengenali suara penggunanya.

Itu tadi beberapa sensor keamanan biometrik pada smartphone yang wajib Anda ketahui. Bagaimana, mana yang paling menarik menurut dan efektif Anda? Ingat, pilih fitur yang bisa menjaga keamanan serta privasi Anda sebaik mungkin.

Tags : Keamanan BiometrikSensor KeamananSensor Keamanan Biometrik

Leave a Response