close

Ketahui Bahaya Menggunakan Smartphone dengan Layar Pecah

Smartphone yang terjatuh tentu menjadi musibah bagi para penggunanya. Jatuhnya smartphone dari genggaman maupun saku celana tentu bisa berujung pada musibah. Beruntung jika smartphone yang sudah terjatuh tidak mengalami kerusakan, namun kebanyakan layar smartphone mereka menjadi pecah.

Layar smartphone yang pecah tentu akan menganggu penggunanya saat menggunakan. Sebenarnya walau terkadang tidak merusak fungsi layar, pecahan layar smartphone juga bisa mengganggu kenyamanan lho. Bahkan ada bahaya yang bisa ditimbulkan dari hal tersebut. Berikut ini merupakan beberapa bahaya menggunakan smartphone dengan layar pecah yang perlu diketahui.

Penurunan fungsi pada layar sentuh

Walau memang masih berfungsi, namun sensitivitas terhadap sentuhan pada area sekitar pecahan tersebut sebenarnya menurun. Kemudian bagian layar tersebut sepenuhnya akan tidak berfungsi, malah berisiko membuat malfungsi pada bagian layar di luar area pecahan. Faktor kebiasaan pengguna juga dapat mempercepat perusakan pada fungsi layar sentuh yang sudah pecah. Misalnya, kebiasaan menyimpan smartphone di saku celana yang super ketat, lalu mengelap layar dengan kasar.

Risiko melukai jari

Pecahan layar yang ada pada smartphone tentu akan berisiko melukai jari penggunanya. Terlebih jika Anda merupakan seorang gamers, kemungkinan terluka karena layar yang pecah akan lebih tinggi.

Radiasi akan lebih besar

Smartphone memang mengeluarkan radiasi yang berbahaya. Layar smartphone yang pecah tentu akan menimbulkan radiasi yang jauh lebih berbahaya bagi para pengguna. IARC (International Agency for Research on Cancer) mengklaim bahaya radiasi yang dipancarkan pada smartphone terutama dengan kondisi layar pecah akan lebih besar.

Menjadi lebih rentan dan kehilangan proteksi

Jika melihat fungsi utamanya, layar berguna untuk melindungi bagian atau komponen yang ada di dalam smartphone. Jika layar mengalami keretakan, atau bahkan pecah, tentu dapat dipastikan bahwa komponen yang ada di dalam ponsel tersebut kehilangan proteksi, sehingga akan lebih rentan mengalami kerusakan. Ibaratnya ponsel tersebut sudah tidak memiliki bungkus lagi pada layarnya.

Risiko pada kesehatan mata

Memakai smartphone yang normal saja bisa berisiko merusak kesehatan mata si pengguna. Apalagi jika menggunakan smartphone dalam keadaan pecah. Pecahan tersebut membuat pandangan menjadi terganggu saat melihat objek pada bagian layar. Sehingga mata pengguna pun harus melakukan usaha yang lebih lagi untuk mampu melihat secara lebih jelas pada bagian layar pecah tersebut. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka secara otomatis bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata si pengguna.

Bagaimana, Anda sudah mengetahui bukan apa saja bahaya yang bisa ditimbulkan jika tetap memakai smartphone dengan layar pecah? Walau masih bisa dipakai, sebaiknya Anda segera memperbaiki atau mengganti layar smartphone tersebut agar terhindar dari risiko-risiko di atas.

Tags : bahaya layar pecahlayar pecahsmartphone layar pecah

Leave a Response