close

Lenovo Yoga Tablet 2: Tablet Dengan Daya Tahan Baterai Lama

lenovo-yoga-tablet-2-1

Beberapa tablet Lenovo merupakan sebuah perangkat yang dikenal memiliki desain yang cukup inovatif, namun tetap memiliki fungsionalitas yang bisa mendukung kegiatan pengguna sehari-hari. Begitu pun dengan Lenovo Yoga Tablet 2. Yoga Tablet 2 memiliki desain yang cukup unik dan performa yang tidak mengecewakan.lenovo-yoga-tablet

Ketika hampir semua perusahaan produsen tablet sibuk dengan membuat tablet yang memiliki bodi tipis dan ringan, Lenovo memilih jalan lain untuk mengembangkan perangkat mereka. Desain tablet Lenovo Yoga 2 memiliki keunikan tersendiri, hal tersebut tidak lain karena Yoga Tablet 2 dilengkapi dengan kickstand (kaki) sehingga ketika diletakkan tablet bisa berada dalam keadaan berdiri. Dengan tablet yang bisa digunakan dalam keadaan berdiri, pengguna bisa menonton video, memainkan game atau mengirimkan email dengan nyaman.

Sejauh ini, keunggulan Lenovo Yoga Tablet 2 terletak pada desain bodi. Tablet ini memiliki tampilan antarmuka yang lebih simple jika dibandingkan dengan tablet Android lainnya. Lenovo juga menghilangkan beberapa fitur Android yang tidak perlu untuk membuat kinerja sistem menjadi lebih ringan. Dengan desain yang cukup menarik, dan performa sistem yang tidak kalah baiknya, membuat Lenovo Yoga Tablet 2 bisa menjadi salah satu rekomendasi bagi anda.

Overview

Dalam persaingan ketat tablet Android, Lenovo Yoga Tablet 2 tidak memiliki masalah untuk bersaing dengan tablet-tablet Android lainnya. Seperti tablet pendahulunya, Lenovo Yoga 2 juga dilengkapi dengan kaki yang bisa membuat tablet tersebut berdiri dan nyaman digunakan untuk berbagai keadaan. Di tempat melekatnya kaki-kaki tersebut terdapat sebuah tabung silinder yang juga berfungsi sebagai tempat baterai. Lenovo juga membekali tablet ini dengan beberapa pembaharuan seperti prosesor Intel yang lebih cepat dan speaker pada bagian depan yang lebih luas dan keras.

Dengan desain yang bagus, performa yang menjanjikan, Lenovo Yoga Tablet 2 memiliki kekurangan berupa beban yang cukup berat. Terlepas dari semua keadaan diatas, Tablet ini di bandrol dengan harga yang cukup murah.

Review Lenovo Yoga Tablet 2

1. Desain

Tampaknya desain merupakan sisi yang paling kuat dari Lenovo Yoga Tablet 2. Salah satu perubahan pada desain dari model yang sebelumnya adalah Yoga Tablet 2 memiliki kaki-kaki yang lebih mudah di keluarkan. Setelah kaki tablet tersebut dikeluarkan, anda bisa menggunakan tablet tersebut dalam beberapa posisi. Pengguna bisa mengatur posisi tablet sesuai dengan kebutuhan mereka.

lenovo-yoga-tablet
Desain Lenovo Yoga Tablet yang unik

Dari segi material bahan bodi, Yoga Tablet 2 terbuat dari bahan plastik, tapi secara keseluruhan bahan tersebut mampu membuat tablet terasa kuat. Plastik tersebut berwarna silver sehingga membuat desain lebih terasa premium. Desain bodi bagian belakang juga lebih terlihat manis, dengan bertambahnya titik-titik pada bodi membuat tablet tersebut nyaman dilihat. Ketika digunakan dalam posisi landscape, Yoga Tablet 2 memiliki tombol power yang berada pada bagian sisi kiri dari silinder tersebut. Dan pada bagian kanan, terdapat jack yang bisa digunakan untuk headphone.  Untuk port microUSB dan tombol volume berada pada satu tempat, yaitu terletak di sisi bodi bagian kiri dan tepat diatas silinder tersebut. Coba buka kaki-kaki dari Lenovo Yoga 2, anda akan menemukan slot untuk microSD dan SIM Card.

Yoga Tablet 2 memiliki fleksibilitas pada rentang harga yang cukup murah. Meskipun tablet ini memiliki beban yang cukup berat, yaitu sebesar 1.36 pounds.

2. Layar

lenovo-yoga-tablet
Tampilan Layar Lenovo Yoga Tablet 2

Layar dari Lenovo Yoga Tablet 2 memiliki resolusi sebesar 1920 x 1200, tentu saja layar dari tablet ini lebih bagus dan cerah jika dibandingkan dengan Yoga 10 HD+. Sayangnya, komposisi warna pada layar tidak terlalu kaya. Jika diukur dengan menggunakan colorimeter (alat penghitung komposisi layar), tablet ini dapat menampilkan 68.4 persen warna sRGB. Jika dibandingkan dengan tablet seperti iPad Air 2, Yoga Tablet kalah telak. iPad Air 2 mampu menampilkan warna 99.6 persen warna sRGB. Namun, jika anda membandingkan dengan tablet yang sejenis, Lenovo Yoga Tablet 2 memiliki akurasi warna yang cukup tinggi. LG G Pad 10.1 hanya dapat menampilkan 63.9 persen warna dan Asus Transformer Pad TF103C bahkan hanya menampilkan 59.4 persen warna.

Yoga 2 mungkin tidak menawarkan akurasi warna yang sangat bagus, namun tampilan layar dari tablet besutan Lenovo ini juga tidak bisa diremehkan. Untuk tingkat kecerahan layar, Lenovo mengalahkan semua tablet kompetitornya yang berada pada rentang harga yang sama. Hal tersebut tidak lain karena layar dari tablet Lenovo Yoga 2 memiliki tingkat kecerahan sebesar 374 knit.

3. Audio/Suara

Tampaknya kita harus berterima kasih dengan desain yang baru, dengan desain yang baru pengguna bisa mendapatkan speaker stereo pada bagian depan yang cukup lebar. Speaker yang cukup lebar ini mampu menghasilkan suara yang jelas dan keras pula. Selain itu, Lenovo juga membekali speaker ini dengan perangkat lunak Dolby app yang bisa memainkan musik dengan berbagai mode, efek dan anda bisa mengatur equalizer-nya sendiri pula. Anda bisa melibatkan fitur seperti Rich Intelligent EQ dan Surround Virtualizer yang bisa menawarkan hasil yang cukup bagus.

lenovo-yoga-tablet
Speaker Lenovo Yoga Tablet 2

Ketika dilakukan tes untuk Audio tablet ini, Yoga Tablet 2 mampu menyentuh angka 90 decibel, lebih tinggi dari rata-rata tablet yang hanya menyentuh angka 79 dB.

4. Antarmuka

Meski menggunakan Android 4.4 KitKat, Lenovo telah memodifikasi sistem operasi milik Google ini menjadi lebih signifikan dengan berbagai cara. Seperti contohnya, ketika pengguna menggeser layar dari bawah ke atas, sistem akan menampilkan menu quick-setting. Menu tersebut dinamakan Bottom Switch oleh pihak Lenovo. Menu tersebut cukup berguna, namun sayang hal tersebut hampir mirip dengan milik iOS. Jika anda menggeser layar dari atas ke bawah, maka akan menampilkan menu notifikasi (pemberitahuan) seperti biasa.

lenovo-yoga-tablet
Tampilan Lenovo Yoga Tablet 2

Pada menu Bottom Switch, anda bisa mengatur hampir semua menu, mulai dari Wi-Fi dan Bluetooth hingga efek suara Dolby dan mode Multi Window. Pengguna juga bisa mengatur tingkat kecerahan layar dari menu ini, melakukan screenshot, membuka aplikasi kamera dan banyak lagi. Satu hal yang paling menarik dari fitur Bottom Switch ini adalah opsi untuk Lenovo Smart Switch. Dengan opsi ini, pengguna bisa membuat Yoga Tablet 2 untuk secara otomatis bisa merubah tampilan layar dan profil Dolby audio dengan hanya menggeser layar. Meski tanpa melalui Bottom Switch anda juga bisa mengakses hal tersebut dari Hold mode (menahan bagian pada silinder). Dengan hold mode anda bisa mengatur tampilan layar sehingga bisa di sesuaikan dengan kegiatan anda.

Lenovo membuat menu tidak terpisah dengan bagian home screen. Pengguna tinggal menggeser layar dari kiri menuju ke kanan untuk melihat berbagai aplikasi yang telah terpasang.

5. Performa

Perubahan terbesar yang dilakukan oleh pihak Lenovo adalah dengan mengganti prosesor Snapdragon 400 dengan Intel Atom Z3745 disertai dengan kecepatan 1.86-GHz. Prosesor baru tersebut, didukung dengan RAM sebesar 2 GB. Ketika kami mencoba untuk memainkan game Bruce Lee, tablet menyajikan performa yang cukup cepat dan tampilan yang halus. Mungkin kombinasi warna dari layar tidak seberapa bagus, namun secara performa tablet ini tidak kalah dengan beberapa tablet yang memiliki harga lebih mahal.

6. Kamera dan Baterai

Kami rasa hasil tangkapan kamera dari Lenovo Yoga Tablet 2 tidak memiliki keunggulan tersendiri. Meski kamera belakang memiliki kekuatan hingga 8-megapixel, tangkapan gambarnya masih terlihat pucat dengan kombinasi warna yang tidak terlalu baik. Jika anda mengambil gambar selfie, anda bisa melakukannya dengan menggunakan kamera depan yang memiliki kekuatan hingga 1.6-megapixel. Jika digunakan untuk mengambil video, Yoga Tablet 2 bisa mencapai resolusi hingga 1080p. Hasil rekaman video-nya pun juga cukup, dalam artian tidak terlalu buruk dan tidak terlalu bagus pula.

Berbicara mengenai tablet yang memiliki daya tahan baterai yang kuat, Yoga Tablet 2 merupakan pilihan yang tepat. Lenovo Yoga 2 menggunakan baterai sebesar 9.600 mAh, sehingga tablet bisa bertahan hingga 12 jam 37 menit.

Tags : androidtablet

Leave a Response