SHARE

Di era modern seperti sekarang ini, banyak pengguna internet yang memanfaatkan penyimpan data di cloud storage. Alasannya tentu karena penyimpanan di cloud storage tidak memerlukan perangkat dalam menyimpan. Cloud storage akan menyimpan data secara online di penyimpanan data yang dimiliki oleh beberapa perusahaan teknologi. Misalnya saja Dropbox, Google Drive, Sky Drive, iColud, dan lainnya.

cloud storage

Mungkin banyak pengguna awam yang belum menggunakan cloud storage untuk menyimpan datanya. Padahal banyak manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan penyimpaan seperti ini. Berikut ini merupakan beberapa manfaat cloud storage dalam kehidupan sehari-hari yang bisa didapat.

Cloud storage sebagai alat berbagi

Sebuah layanan cloud storage bisa digunakan untuk membagikan file yang dimiliki pengguna kepada pengguna lainnya. Biasanya fungsi seperti ini sering kita jumpai di layanan file sharing seperti 4Shared dan Mediafire. Tak hanya itu saja, cloud storage juga mempunyai fungsi auto-synchronize yang tidak dimiliki oleh layanan file sharing. Sehingga pengguna tidak perlu repot-repot menggunggah file yang akan disebarkan.

Dapat digunakan untuk berkolaborasi

Berkolaborasi yang dimaksud di sini ialah bekerja secara bersama-sama, misalnya di lingkungan perkantoran. Dengan memakai cloud storage, pengguna dapat memanfaatkannya sebagai wadah untuk berkolaborasi antar sesama karyawan untuk saling bertukar data. Sehingga pekerjaan bisa dilakukan lebih cepat dan efektif, tidak memerlukan waktu yang lama untuk bertukar file.

Back-up Data Penting

Biasanya kita sering menyimpan data-data penting di dalam flashdisk, harddisk eksternal, PC, laptop, maupun gadget lainnya. Pernahkah Anda terpikir jika data tersebut hilang? Kita tahu bahwa alat elektronik sangat rentan terhadap kerusakan. Belum lagi ancaman virus yang dapat merusak ataupun menghilangkan data kita. Dengan mengunggah data-data penting ke layanan cloud storage, maka kita tidak perlu khawatir lagi kehilangan data-data penting tersebut.

Itu tadi beberapa manfaat cloud storage untuk produktivitas pengguna internet sehari-hari. Hingga saat ini, masih banyak layanan cloud storage yang gratis. Namun biasanya dibatasi kapasitasnya apabila tidak berbayar. Jika ingin menambah kapasitas, Anda bisa membayar biaya berlangganan tiap bulannya.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here